Selain untuk bergaya, pakaian juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung atau menyamarkan bentuk tubuh seseorang. Salah satu bagian dari pakaian yang biasanya luput dari perhatian adalah kerah baju. Memilih kerah dalam berpakaian sering dianggap nggak terlalu penting. Padahal, pemilihan kerah ataupun bentuk garis leher pada pakaian bisa mempengaruhi keseimbangan bentuk tubuh dan dapat menonjolkan bentuk wajah.

Sebelum memutuskan untuk mengenakan pakaian, sebaiknya kamu tentukan dulu model kerah yang sesuai dengan bentuk tubuhmu. Biar nggak bingung, berikut Hipwee Style bagikan beberapa pilihan bentuk kerah yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Crew neck; model kerah dengan garis leher berbentuk lingkaran erat di sekitar leher, cocok digunakan untuk membuat leher terlihat sedikit lebih pendek

Crew neck via www.koovs.com

Advertisement

Jika ingin membuat lehermu terlihat sedikit pendek, maka gaya ini cocok untukmu. Pilihlah baju yang jatuhnya pas di bagian klavikula atau perpotongan tulang bahu dan lengan, jangan terlalu naik atau kedodoran. Selain itu, jenis pakaian yang ngefit atau pas badan akan sangat membantu menyesuaikan bentuk tubuhmu yang cenderung lurus. Meski lebih banyak menutupi bagian tubuh dibandingkan garis leher lainnya, crew neck juga bisa memberi kesan payudara lebih besar, lho!

2. Jewel neck; merupakan kerah dengan garis leher bentuk bulat di sepanjang bahu, cocok untuk si pemilik leher kecil

Jewel neck via www.leoandsage.com

Potongan garis leher ini mirip dengan jewel neck, hanya saja lebih turun ke bawah hingga pangkal bahu. Jenis kerah ini bisa berbentuk potongan bulan polos atau disertai dengan kancing di bagian belakang. Kerah jenis jewel neck ini cocok untuk menyamarkan lehermu yang kecil. Untuk menyeimbangkan area leher dan dada, kenakan kalung berpotongan menyerupai huruf V.

3. Scoop neck; jenis kerah dengan garis lengkung berbentuk huruf U yang sedikit melebar, cocok buatmu dengan bentuk tubuh tipe buah pir

Scoop neck via www.lyst.com

Scoop neck atau garis leher berbentuk U yang tepat berada di tengah dada ini bisa membuat leher terlihat lebih bulat, sehingga bisa membuat tubuh lebih berisi, dan lebih padat. Biasanya diaplikasikan pada busana pesta. Garis leher ini sangat cocok digunakan untuk tubuh dengan dada yang cenderung mungil dan bagian pinggul yang melebar. Selain itu, leher bentuk U ini juga bisa menyamarkan bahu yang lebar sekaligus menonjolkan lekuk tubuh dengan lebih baik.

4. V-neck; model garis leher yang menyerupai huruf V, cocok untukmu yang bertubuh besar dan cenderung pendek

V-neck via chicbabymom.com

Advertisement

Garis leher ini termasuk yang paling banyak disukai karena bisa membuat leher terlihat lebih jenjang dan tinggi. V-neck memiliki garis leher yang terbuka dan membuat fokus perhatian menuju ke bagian bawah, sehingga menghindarkan pandangan mata dari bagian wajah yang bulat atau leher yang terlalu berisi. Garis leher bentuk V juga bisa menimbulkan dua kesan yang berbeda. V-neck yang lebar untuk menonjolkan pinggang yang lebih kecil, sedangkan V-neck yang terbuka bisa membuat pandangan berfokus pada leher yang tampak jenjang dan dada yang lebih berisi.

5. Square neck; berbentuk kotak bersudut siku di kiri dan kanannya, penolongmu yang punya bentuk tubuh kurus dan mungil

Square neck via www.lyst.com

Jenis kerah kotak ini sering diaplikasikan pada busana bertali. Bentuk ini menolong area dada dan bahu agar terkesan melebar sehingga cocok buatmu yang bertubuh segitiga. Selain itu, jenis kerah ini akan menampilkan area tulang tawan yang merupakan salah satu bagian menarik untuk ditonjolkan, termasuk jika kamu memiliki tulang leher yang kuat dan kulit yang mulus. Kamu yang bertubuh kurus dan mungil sangat cocok menggunakan jenis kerah ini.

6. Sweetheart neck; melengkung menyerupai bentuk hati, cocok untuk si pemilik dada besar

Sweetheart neck via www.rickis.com

Sesuai dengan namanya, kerah ini melengkung menyerupai bentuk hati. Lengkungan tersebut simetris membagi area dada menjadi dua bagian, kiri dan kanan. Bentuknya mengikuti payudara cewek sehingga cocok dikenakan buatmu yang punya dada cukup besar. Jenis kerah ini banyak ditemui dalam busana pesta karena menghadirkan kesan feminin, seksi, dan cantik. Kenakan kalung statement seperti liontin untuk menyeimbangkan bentuk wajah.

7. Boat neck atau sabrina; kerah yang melebar berbentuk garis horisontal dari bahu ke bahu, cocok untukmu yang berleher panjang dan berdada mungil

Kerah sabrina via www.koovs.com

Pilihan jenis kerah ini bisa menyeimbangkan proporsi tubuh dengan melebarkan ukuran bahu. Selain itu, bagian leher dan juga dada yang terekspos menyamarkan bentuk dada agar terlihat lebih berisi. Pun kamu yang memiliki bentuk wajah hati, panjangnya bidang kerah baju mampu menyeimbangkan bentuk dagumu yang runcing. Mengenakan busana yang berleher sabrina juga mampu menyamarkan bentuk lenganmu yang besar, lho! Untuk mempercantik tampilan, kenakan kalung panjang ataupun choker yang melekat manis di leher.

8. Turtle neck; jenis kerah yang bentuknya tinggi menutupi seluruh bagian leher, cocok untukmu yang bertubuh tinggi kurus berleher jenjang

Turtle neck via m.dhgate.com

Kerah ini memberi kesan bertumpuk sehingga mampu menampilkan leher yang ‘tenggelam’. Karenanya, turtle neck ini lebih cocok dikenakan olehmu yang berleher jenjang dengan tubuh kurus dan tinggi. Penggunaan kerah jenis ini berguna untuk menyamarkan bentuk leher dan wajah yang terlampau panjang agar nggak terkesan seperti jerapah. Jika kamu ingin mengenakan busana berkerah turtle, usahakan tetap memberi ruang antara leher dan dagu untuk menghindari efek ‘mengambang’. Lipat ke bawah dan sesuaikan panjang kerah dengan lehermu, ya!

9. Halter neck; potongan tanpa lengan dengan tali atau pita dari dada melilit leher, cocok untukmu yang berbahu lebar

Halter neck via www.papayaclothing.com

Karena penggunaannya menarik perhatian ke pusat tubuh, halter neck sangat cocok untukmu yang berbahu lebar. Jenis kerah ini akan memotong garis bahu yang lebar dan menonjolkan lekuk tubuh. Selain itu, leher juga akan terlihat lebih panjang dengan pemakaian busana berpotongan leher halter. Jangan kenakan model kerah seperti ini jika kamu memiliki lengan yang besar karena akan semakin menonjolkan bentuk lenganmu itu. Celana jeans akan sangat cocok dipadupadankan dengan busana berleher halter. Oiya, kamu juga nggak perlu menggunakan kalung karena jenis garis leher ini sudah cukup mewakili penampilanmu.

10. Cowl neck; jenis garis bukaan leher yang diberi tambahan dengan hiasan bunga, renda, atau draperi. Cocok buatmu yang punya bentuk tubuh lurus

Cowl neck via www.thelabellife.com

Seperti U-neck, gaya leher ini juga merupakan cara yang baik untuk menambah volume di bagian dada, karena lipatan kain atau renda di bagian ini menarik perhatian tersendiri. Gaya leher ini cocok digunakan untuk bentuk tubuh yang lurus dan tomboy. Aksen renda atau draperi bisa membantu menyeimbangkan garis wajah yang kaku dan memberi perhatian lebih pada tulang wajah. Sebaiknya,,kamu memiliki bentuk tubuh yang mungil nggak maksa buat pakai busana berkerah cowl, ya!

Setelah mengetahui aturan ini, lebih teliti lagi dalam memilih garis leher, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya