5 Rekomendasi Kain Baju yang Sejuk dan Nggak Mudah Bau. Nyaman Buat Seharian!

jenis kain menyerap keringat

Kain yang menyerap keringat – Setiap orang pastinya ingin kenyamanan saat mengenakan baju, agar aktivitas bisa berjalan dengan lancar. Namun nyatanya ada lo beberapa bahan baju yang membuat efek sebaliknya. Yup, ada jenis kain tertentu yang malah bikin bau. Tentu kita nggak mau dong seperti itu, maka dari itu kita perlu jeli saat memilih baju atau kain sebelum membelinya.

Advertisement

Nah berikut ini, ada beberapa rekomendasi kain yang sejuk dan bisa bikin kamu lebih nyaman beraktivitas seharian karena anti gerah dan bau. Pastinya cocok banget buat kamu yang hobi banget berkeringat banyak, dijamin deh bakal nyaman seharian.

1. Cotton Combed, yang terbuat dari serat kapas murni. Pas banget digunakan di Indonesia yang beriklim tropis

Kaus Cotton Combed / Credit: Selera.id

Cotton combed merupakan salah satu jenis kain katun yang terbuat dari serat kapas murni. Kalau kamu bingung, biasanya kain ini dapat ditemukan pada kaus-kaus distro yang cenderung agak tebal. Tentunya kain ini sangat bisa menyerap keringat, pori-pori yang dimiliki juga akan membuat nyaman beraktivitas.

2. Kain sutra memang relatif lebih mahal, tapi kualitasnya memang sudah teruji bikin kamu nggak gampang merasa gerah karena kainnya sangat nyaman

Credit: Photo by maadhuri g from Pexels

Sutra merupakan kain yang terkenal dengan kualitasnya yang tinggi karena rasa lembut dan sejuk saat dikenakan. Selain itu sutra juga bisa mengurangi risiko bau badan. Kelebihan lain dari kain sutera adalah  aman dipakai oleh penderita eczema dan asma. Pasalnya, bahan ini tidak disukai jamur, baik untuk menghindari reaksi alergi, serta bisa membantu memperbaiki kualitas tidur.

Advertisement

Namun perlu harga yang lumayan mahal untuk kualitas yang baik. Perawatannya juga tak bisa sembarangan karena kalau terlalu keras mencuci bahan sutra maka kain tersebut akan rusak dan permukaannya tak lagi licin.

3. Linen yang terbuat dari tenunan serat rami, menyerap keringat dengan baik

Credit: Photo by Engin Akyurt from Pexels

Linen merupakan kain yang teksturnya yang halus tidak mudah menimbulkan gatal-gatal atau iritasi. Hal ini pula yang membuat linen menjadi bahan favorit untuk seprai kasur agar lebih sejuk. Wah multifungsi banget ya, kalau untuk baju usahakan pilih yang lebih halus ya, SoHip.

4. Selanjutnya ada kain viscose yang juga berkualitas tinggi mirip linen tapi lebih lembut

Credit: Pinterest anindigoday

Viscose merupakan salah satu kain yang terasa sejuk, mudah menyerap keringat serta terkesan mewah, walau tak semewah sutra. Viscose dipintal dari serat sintetis, karena bahan utamanya berasal dari sumber alami yang diproses dengan bahan kimia agar menjadi lembut. Di sisi lain kain ini juga menyerupai linen dengan tekstur yang lebih lembut. Bahan ni sering digunakan untuk pakaian, gaun hingga underwear

Advertisement

5. Terakhir ada kain chambray. Nah, buat kamu pecinta denim pasti cocok banget dengan kain yang satu ini

Credit: Pinterest Thecollegeprepster

Sekilas motif dan warnanya mirip ya sama denim, tapi sebenarnya kain chambray beda lo sama denim. Kain chambray adalah jenis kain yang terbuat dari bahan alam, seperti linen atau katun. Tipe kainnya dingin sehingga nyaman digunakan di cuaca yang panas seperti di sebagian besar wilayah Indonesia.

Dari lima bahan diatas memiliki kelebihan berupa anti gerah, bau dan juga dapat menyerap keringat dengan baik. Akan tetapi tetap harus perhatikan material kain dan juga alergi yang SoHip miliki. Kan nggak lucu, sudah terlanjur beli eh malah gatal-gatal kalau dipakai kan?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE