Daftar Batu Mulia untuk Mata Cincin Pertunangan

rekomendasi batu mulia untuk cincin tunangan

Pertunangan merupakan salah satu momen yang spesial bagi pasangan sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Salah satu prosesi yang wajib banget ada di pertunangan yakni tukar cincin, sehingga kita pun perlu menyiapkan cincin yang sebaik mungkin.

Advertisement

Kebanyakan, berlian menjadi pilihan favorit untuk dijadikan mata cincin yang digunakan untuk pertunangan tersebut. Padahal, masih banyak lo pilihan yang lainnya dan nggak ada pula yang mengharuskan berlian jadi permata utama.

Bahkan, dilansir dari Brides, cincin pertunangan Kate Middleton saja menggunakan cincin dengan permata batu safir berwarna biru peninggalan dari putri Diana. See, Nggak harus berlian bukan?

Lebih lengkapnya, berikut ini daftar batu mulia yang bisa digunakan untuk cincin pertunangan.

Advertisement

1. Cubic zirconia

rekomendasi batu mulia untuk cincin tunangan

Cincin cubic zirconia / Credit: cubiczicornia.com

Salah satu batu mulia ini memiliki bentuk dan kilau yang hampir sama dengan berlian. Bahkan cubic zirconia disebut-sebut sebagai pengganti berlian yang paling diminati.

Batu ini memancarkan kilau yang setara berlian walaupun memiliki harga yang jauh lebih murah, yakni hampir satu per sepuluhnya. Cubic zirconia ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin tampil menawan.

Kekurangan cubic zirconia hanyalah satu, yaitu cukup mudah tergores atau retak. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakannya dengan hati-hati dan juga menyimpannya di tempat cincin beludru yang keras namun lembut di bagian dalam.

Advertisement

2. Moissanite

rekomendasi batu mulia untuk cincin tunangan

Moissanite lebih rumit dari berlian / Credit: Passion Jewelry

Moissanite merupakan batuan yang terbuat dari silikon karbida alih-alih karbon murni berlian. Namun walaupun seperti itu, ia memiliki susunan molekul yang lebih rumit daripada berlian.

Batu ini memiliki pancaran kilau yang secantik berlian, sehingga banyak pendapat bahwa batuan mulia ini harusnya lebih berharga dari berlian. Namun, tetaplah ia memiliki kekurangan yakni tingkat kekerasannya yang masih di bawah berlian hingga dikhawatirkan nanti bisa pecah atau tergores.

3. Safir

rekomendasi batu mulia untuk cincin tunangan

Safir berwarna biru / Credit: Foto oleh TranStudios Photography & Video dari Pexels

Seperti yang sudah dibahas di atas, batu mulia safir juga bisa jadi pilihan mata cincin untuk tunangan kamu. Seperti yang dipilih oleh Kate Midelton di hari pertunangannya.

Sebenarnya, batu safir memiliki banyak warna namun yang paling terkenal adalah yang berwarna biru tua klasik, harganya juga cukup mahal. Namun, kilaunya adem dan cantik pastinya sepadan dengan itu.

Batu safir berwarna biru yang pekat ini dinilai cocok perempuan dengan karakter teduh dan menenangkan. Batu safir juga terkenal dengan potongan bulat atau oval, sebenarnya mau dipotong persegi pun bisa, hanya saja lebih mahal.

4. Opal

rekomendasi batu mulia untuk cincin tunangan

Cincin batu opal / Credit: Alexis Russel

Dilihat dari warnanya saja, batuan ini sangat unik dan menarik perhatian. Kilapnya tidak menyilaukan, tapi konstan, dengan efek watery yang sedikit mistis.

Pada dasarnya, opal merupakan air yang turut membeku bersama dengan silika atau pasir kuarsa. Hasilnya membentuk batu opal yakni semacam kaca dengan taburan warna-warna cerah yang membanjir secara acak di semua sisi batuan tersebut.

Jenis yang paling mahal yakni cat’s eye opal dan opal hitam yang memiliki efek pelangi ketika diterpa cahaya matahari. Pokonya cocok banget deh buat kamu yang punya sifat yang unik.

5. Ruby

rekomendasi batu mulia untuk cincin tunangan

Cocok untuk kamu yang berjiwa rebellious / Cedit: Photo by Arif khan from Pexels

Batu ini terlihat mencolok dengan warna merah dengan varian gradasi merah muda hingga hitam kemerahan pekat. Batu yang berwarna merah yang melambangkan keberanian ini cocok banget buat kamu yang berjiwa bebas dan memiliki karakter bold.

Batu ini memiliki kekerasan di bawah moissanite dan menjadi barang koleksi yang cukup populer di kalangan kolektor. Banyak kolektor yang percaya bahwa batu ruby terbaik berasal dari Myanmar.

6. Batu zamrud

rekomendasi batu mulia untuk cincin tunangan

Batu zamrud identik dengan warna hijau yang khas / Credit: Photo by axecop from Pexels

Batu zamrud atau emerald ini juga bisa menjadi salah satu pilihan permata di cincin pertunanganmu. Batu ini memiliki karakteristik yakni solid dengan warna hijau yang begitu tajam dan khas. Batu ini juga melambangkan pertumbuhan, hingga cinta dan keabadian.

Batu ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang bervariasi tergantung pada keadaan batu itu sendiri. Hal-hal yang memengaruhi yakni warna, kecemerlangan, kemurnian, hingga ukuran.

Seperti yang kita tahu, nggak ada aturan pasti dalam pemilihan mata cincin untuk pertunangan. Nggak harus mahal, yang pasti kedua pihak sama-sama cocok, begitu pula makna filosofisnya yang terkandung di dalamnya. Selamat memilih batu cincin pertunangan ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE