Lipstik merupakan alat make-up yang jadi salah satu andalan para cewek untuk mempercantik tampilan. Saking ampuhnya, meski tak pakai bedak pun, lipstik mampu mencerahkan wajah. Sayangnya, kamu yang sering terburu-buru, terkadang suka asal-asalan saat memoleskan lipstik tanpa memedulikan lekukan bibirmu. Alih-alih ingin terlihat lebih cantik dan memesona, malah jadi gagal total gara-gara lipstik yang belepotan.

Ketahuilah wahai para cewek, sebetulnya ada trik khusus mengaplikasikan lipstik yang sesuai dengan bentuk bibir, lho. Terbukti, cara ini mampu membuat bibir makin terlihat cantik dan seksi sesuai porsinya. Untuk itu, Hipwee Style berikan beberapa cara untuk memoleskan lipstik seuai bentuk bibirmu berikut.

1. Kamu bisa mulai pakai lipstik dari bagian tengah bibir jika bentuk bibir atas dan bawah seimbang

bibir atas dan bawah seimbang via www.seventeen.com

Advertisement

Buatmu pemilik bibir dengan bentuk dan ukuran yang seimbang, kamu bisa poleskan lipstik mulai dari bagian tengah bibir. Ikuti dari bibir bagian tengah hingga ke luar salah satu sisi dan sisi lainnya. Jika kamu ingin bereksperimen dengan tampilan bibir yang bergradasi lembut, kamu dapat menambahkan sedikit warna putih dari eyeshadow atau white pencil liner pada bagian tengah bibir bawah. Hasilnya, bibirmu nggak hanya cantik, tapi juga unik!

2. Punya bibir bagian bawah yang lebih tebal itu bikin deg-degan karena kamu jadi sering diperhatikan. Gunakan pensil eyeliner untuk membuat kesan penuh pada bibir atas, ya!

bibir bawah lebih tebal via www.more.com

Biasanya, cewek berbibir lebih tebal pada bagian bawah akan lebih sering jadi pusat perhatian. Jika kamu termasuk, dan merasa kurang pe-de dengan hal itu, poleskan lipstik pada bibir atas dan bawah, lalu tambahkan sedikit white pencil liner atau creamy nude matte eyeshadow pada bagian tengah bibir atas supaya terlihat seimbang dengan bibir bawah. Dengan begitu, bibir bagian atasmu jadi lebih penuh dan ukurannya menjadi hampir sama dengan bagian bawah.

3. Jangan putus asa dulu kalau bibirmu sama sekali nggak ada bagian yang menonjol. Pilih lipstik yang mengandung shimmery biar berkilau dan menarik

bentuk bibirmu datar via simplysamad.blogspot.co.id

Jika kamu pemilik bibir datar dan nggak ada bagian yang menonjol di sisi-sisinya, kamu bisa memilih lipstik dengan kandungan shimmery. Kandungan tersebut mampu menunjukan efek kilau pada bibir yang juga memberi efek menonjolkan. Kalau kamu nggak ingin memoleskan lipstik dengan kandungan shimerry pada seluruh bagian bibir, kamu bisa menambahkannya pada bagian tengah bibir atas saja. Hal ini dilakukan guna memunculkan efek jatuh supaya bibirmu tak terlalu datar dilihat.

4. Bibir tipis itu kuncinya adalah hindari menggunakan lipstik berwarna gelap kalau kamu nggak mau bibirmu terlihat makin tenggelam

jangan pilih warna gelap via carmencitta.me

Advertisement

Bagi beberapa orang, bibir yang berbentuk dan sedikit tebal lebih menarik ketimbang bibir yang terlalu tipis. Nah, jika kamu termasuk pemilik bibir tipis dan ingin terlihat lebih menonjol, akali dengan membingkai bibirmu menggunakan lipliner mengikuti garis bibir terlebih dahulu. Jika lipliner-mu terlalu jelas terlihat, maka baurkan secara perlahan supaya agak menyatu dengan lipstik. Hindari lipstik berwarna gelap supaya bibirmu nggak makin tenggelam, ya. Pilih warna-warna yang cerah seperti merah, pink, coral, atau oranye.

5. Biar nggak terlalu berlebihan, jangan kenakan lipstik berwarna terang buatmu yang berbibir tebal dan cenderung penuh bagian atas dan bawahnya

pilih warna lembut saja via schmoesknow.com

Bentuk bibir yang tebal dan penuh ini salah satunya dimiliki oleh aktris internasional Angelina Jolie. Hal yang sering terjadi pada pemilik bibir tebal dan penuh ini adalah kerap diperhatikan bagian bibirnya karena bikin salah fokus. Itupun jika tanpa polesan lipstik sama sekali. Oleh karena itu, bibir tebal dan penuh ini besar kemungkinan bakal tampak berlebihan kalau kamu keliru memilih lipstiknya. Hipwee Style menyarankan agar kamu gunakan lipstik berwarna lembut agar bibirmu tak mendominasi wajah. Kamu bisa menunjangnya dengan riasan pada bagian mata seperti smokey eyes secara tipis saja maupun highlighter sewajarnya di pipi. Dengan begitu tampilan wajahmu akan seimbang porsinya.

6. Terakhir, si pemilik bibir mungil pun harus hati-hati sekali saat memoleskan lipstik. Jika tidak, maka perona bibirmu bisa belepotan ke mana-mana

bibir mungil juga bisa terlihat menarik via www.harpersbazaar.com.sg

Bibirmu yang mungil dapat terlihat menonjol kalau kamu pandai mengatur bagian mana yang dibuat lebih menarik. Cara ini juga diperlukan kesabaran karena kamu harus berhati-hati saat memoleskan lipstik. Sama halnya dengan bibir tipis, pemilik bibir mungil pun sebisa mungkin perlu menghindari pemakaian lipstik warna gelap supaya bibir nggak makin terlihat kecil. Kamu bisa pilih warna cerah atau nude sekalipun.

Kini, memiliki bentuk bibir seperti apapun bukan lagi masalah asalkan kamu pintar menerapkan cara memoleskan lipstik yang sudah Hipwee Style bagikan tadi. Semuanya bisa disiasati agar tampilanmu makin cantik dengan menonjolkan sisi yang berbeda dari bagian bibir. Semoga nggak salah memilih dan memakai lipstik lagi, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya