Banyak yang percaya bahwa brewok dapat menambah kegantengan seorang pria berkali-kali lipat. Memang ada benarnya, brewok dianggap dapat meningkatkan kadar maskulin para cowok. Namun sebetulnya tergantung model brewok yang kamu pakai. Karena brewok sendiri ada banyak macamnya. Tiap-tiap brewok pun memiliki karakteristik tersendiri yang menggambarkan kepribadian cowok. Mau tahu apa saja macamnya? Cek yuk!

Goatee alias si janggut kambing, terlihat garang namun pertanda cowok yang sentimentil dan suka merenung

goatee ala indro warkop via beritagar.id

goatee ala Brad Pitt via www.gq.com

Tahu nggak sih, bahwa nama Goatee disebut sedemikian rupa karena memang bentuknya yang menyerupai rambut wajah kambing. Sempat populer di tahun 90an, goatee seakan-akan menjadi souvenir bagi mereka yang besar di dekade tersebut.

Mereka yang masih memakai janggut kambing di abad ini mungkin adalah sosok seorang yang sentimental, sentimental terhadap era yang mengenalkan kita pada gameboy, Power Rangers, dan juga dingdong. Selain sentimental, mereka yang memakai pasti juga tipe cowok maskulin yang nggak banyak omong dan melodramatis.

Advertisement

Dari sisi style, brewok yang satu ini cocok untuk mereka yang berwajah chubby dan dagunya susah terlihat, karena bentuknya yang dapat mendefinisikan bentuk dagu. Tapi, anak muda yang memakai brewok jenis ini siap-siap dibilang ketinggalan jaman ya. Masak brewoknya sama kayak Om Indro Warkop sih?

Cowok dengan brewok gaya chinstrap mungkin sedikit congkak dan ribet, tapi mereka juga teliti dan juga seksama

chinstrap tipis via www.flickr.com

chinstrap tebal via popularbeardstyles.com

Chinstrap adalah jenis brewok dimana rambut dipangkas dan ditata layaknya garis atau tali pembatas di pinggir-pinggir rahang. Brewok yang satu ini memang sedikit aneh dan nggak penting karena bentuknya yang seakan-akan nyempil di daerah pinggiran wajah saja. Meskipun begitu, brewok yang satu ini terlihat cocok untuk mereka yang berwajah kotak, sedangkan mereka yang berwajah bulat justru akan terlihat chubby dengan gaya yang satu ini.

Meskipun bentuknya yang minim, brewok yang satu ini perlu maintenance yang cukup memakan waktu dan energi. Oleh karena itu lah cowok-cowok yang memakai gaya ini adalah mereka yang mungin sedikit ribet. Mereka punya tendensi untuk congkak, dilihat dari bentuk brewoknya yang tak biasa dan perlu dibentuk sedemikian rupa untuk mengundang perhatian orang lain.

Meskipun begitu, layaknya seorang pengrajin, mereka yang biasa memakai brewok model chinstrap ini juga adalah seorang yang teliti dan dan seksama dalam melakukan sesuatu.

Stubble, Brewok tipis seksi sering dipakai oleh mereka cowok yang modern dan trendi

stubble yang tipis versi Choi Siwon via twitter.com

stubble tebal versi Zayn Malik via www.nme.com

Stubble, brewok tipis manis yang sekarang menjadi trend mulai dari model-model di majalah pria favoritmu hingga selebriti-selebriti ternama seperti Ryan Gosling, Choi Siwon, atau Reza Rahadian. Stubble sendiri adalah brewok tipis yang didesain sedemikian rupa agar terlihat layaknya seperti rambut wajah yang baru tumbuh.

Stubble sendiri cocok dipakai oleh bentuk wajah apapun. Bagi mereka yang chubby, gaya brewok ini dapat merampingkan bentuk wajah. Bagi mereka yang wajahnya sudah tirus, gaya brewok ini akan menonjolkan tulang pipi sehingga wajahmu terlihat lebih menarik.

Pria-pria yang memakai gaya brewok ini sudah pasti adalah tipe cowok progresif, peduli penampilan, dan pastinya adalah seorang pria modern. Berbeda dengan pria dengan brewok penuh, pria dengan brewok tipis juga cenderung lebih kasual dan santai.

Brewok penuh, sebuah komitmen yang hanya bisa dilakukan oleh mereka pria yang dewasa dan bertanggung-jawab

brewok penuh versi rambut kasar/keras via getanews.deviantart.com

brewok penuh versi rambut halus via sartorialskull.tumblr.com

Oke, brewok yang penuh kadang identik dengan tipe brewok yang tak terawat dan juga jarang diperhatikan, oleh karena itu, brewok yang dimaksud di sini adalah brewok penuh yang selalu tertata dengan rapi. Brewok macam ini adalah suatu komitmen yang nggak semua pria sanggup menumbuhkannya. Brewok penuh adalah pertanda mereka pria-pria yang telah dewasa dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi pada dirinya maupun pada lingkungan sekitarnya.

Meskipun jenis brewok yang satu ini perlu banyak perawatan, mulai dari trimming, memberikan minyak agar tetap wangi, dan mencucinya agar tetap bersih, brewok yang satu ini juga bisa menambah kualitas pria di berbagai macam aspek mulai dari maskulinitas, intelektual, hingga ketampanan.

Brewok hipster yang unik biasa dipakai oleh mereka yang kreatif, anti-mainstream, dan pastinya nyaman menjadi dirinya sendiri

brewok hipster yang panjang hingga ke leher via beardstyle.net

brewok hipster dengan kumis melengkung via www.instagram.com

Brewok hipster adalah tipe brewok yang nggak cuma unik karena volumenya yang besar, tapi juga menarik karena bentuknya yang beda. Brewok hipster biasanya disertai dengan kumis handlebar, alias kumis yang melengkung-melengkung ke atas ala Wak Doyok.

Mereka yang suka memakai jenis brewok ini mungkin bukan tipe orang yang membaur. Mereka tahu mereka sedikit unik dan beda, tapi mereka nyaman-nyaman saja. Mereka juga cenderung kreatif dan berjiwa seni tinggi.

Nah, itulah beberapa jenis brewok yang populer beberapa tahun terakhir ini. Jadi, kamu suka tipe yang mana?