Seperti halnya cewek yang mendambakan tubuh langsing, begitu pun cowok mengidamkan tubuh yang tinggi semampai. Kenyataannya, nggak semua cowok punya bentuk tubuh yang diinginkan. Termasuk juga mereka yang kurang percaya diri karena bertubuh pendek. Belum lagi kalau berdiri di samping cewek yang jauh lebih tinggi darinya. Duh, rasanya seperti kehilangan harga diri saja.

Tenang guys, sambil tetap bersyukur dengan tubuh yang kamu punya, memaksimalkan gaya dengan menghindari kesalahan-kesalahan dalam berpakaian ini juga perlu kamu coba. Trik ini bakal membuatmu kelihatan sedikit lebih tinggi lho! Lumayan, ‘kan?

1. Pakai baju longgar yang kebesaran justru bikin badanmu makin tenggelam, apalagi jika panjangnya di bawah pinggul

Hindari pakai baju kebesaran via hipwee.com

Advertisement

Solusinya, kenakan baju yang ukurannya pas di badan alias slim fit. Kriterianya: garis jahitan sambungan tepat berada di ujung bahu, panjangnya jatuh tepat di pinggul, dan nggak menggembung saat dimasukkan ke celana.

2. Niatnya pakai sweater biar kayak boyband kesayangan, eh malah bikin badan makin pendek secara instan!

Sweater tebal? Nooo! via hipwee.com

Daripada memilih sweater, hoodie, atau jaket yang oversized dan menggelembung, lebih baik pilihlah baju-baju berbahan ringan dan tipis seperti katun, poliester atau jersi agar badanmu nggak terkesan ‘berat’.

3. Lebih suka pakai kerah baju bulat atau yang menutup leher, padahal justru lehermu mesti diperlihatkan untuk menyelamatkan bentuk badan

Pilih kerah V-neck via hipwee.com

Pilihlah kerah baju berbentuk V-neck yang akan menampilkan kesan tubuh bagian atas terlihat lebih jenjang. Tapi jangan berlebihan belahannya yang malah bikin kamu gagal maskulin. Sementara untuk kemeja, model kerah yang tinggi dan nggak terlalu lebar bisa jadi pilihan.

4. Alih-alih lebih ekspresif, baju-baju berwarna cerah bikin badanmu makin bervolume lho!

Baju berwarna bikin badan bervolume via hipwee.com

Advertisement

Kurangi baju-baju di lemarimu yang berwarna merah, kuning, atau oranye. Ganti dengan baju bernuansa earth tone seperti hitam, cokelat dan navy yang akan ‘memanjangkan’ tubuhmu.

5. Keseringan pakai baju bermotif horizontal atau gingham (kotak-kotak) yang bikin tubuh lebih tinggi ke samping, bukan ke atas

Kenakan baju bergaris vertikal via hipwee.com

Baju bermotif garis-garis vertikal adalah motif yang paling cocok untukmu karena bisa memberi efek ilusi yang membuat tubuh kamu terlihat lebih tinggi. Sah-sah saja jika kamu ingin kenakan motif lain, namun pilih yang ukurannya kecil dan nggak terlalu besar, ya!

6. Memadupadankan busana dengan warna yang kontras memang terlihat kece, tapi nggak untuk badanmu yang pendek

Jangan terlalu ekspresif memadukan warna via hipwee.com

Kenakan atasan dan bawahan dengan warna yang senada agar tubuhmu terlihat menyatu dari atas sampai bawah sehinga memberikan ilusi tinggi. Kamu pun bisa mengombinasikan warna-warna monokrom seperti hitam, putih, abu-abu dengan cokelat, biru atau hijau olive untuk melembutkan bentuk tubuh.

7. Pakai jas atau kardigan berkancing lebih dari tiga akan menonjolkan bentuk tubuhmu yang kurang jenjang itu

Pilih kardigan tanpa dikancing via hipwee.com

Sebaiknya, pilih jas atau kardigan yang hanya memiliki satu atau dua kancing memanjang, kenakan dengan kancing terbuka. Pastikan juga panjangnya jatuh tepat di atas bokong.

8. Celana yang dipakai terlalu tinggi (high waisted) atau terlalu belel (low rise) makin memperparah postur tubuh minimu

Jauh-jauh celana belel via hipwee.com

Untuk memberi efek tubuh yang lebih tinggi, pakailah celana yang sedikit di atas pinggul. Pastikan jahitan celana jatuh tepat di atas alas kaki. Daaan, jangan sekali-kali melipat bagian bawah celana karena hanya akan menambah berat bagian kakimu.

9. Dasi kupu-kupu memang terkesan lebih muda, sayangnya dasi model ini kurang cocok untukmu yang bertubuh pendek

Lebih baik pakai dasi segitiga panjang via hipwee.com

Jika ingin tampil formal, dasi segitiga yang panjangnya jatuh tepat di ikat pinggang dan nggak terlalu lebar bisa jadi pilihan yang paling pas.

10. Sepatu beralas pendek seperti sandal, sepatu slip on dan sneakers nggak menunjang posturmu yang kurang jenjang

Gunakan sepatu dengan hak via hipwee.com

Sepatu bisa menyiasati postur tubuhmu agar terlihat lebih jenjang. Pilihlah sepatu dengan sol tebal seperti sepatu boots atau sepatu pantofel bersol tebal untuk menambah tinggi tubuh kamu beberapa senti.

Bonus:

Rambut yang terlalu panjang atau gondrong akan menutupi leher dan pundak sehingga bikin jenjang leher kamu makin nggak terlihat

Tinggalkan rambut gondrong via hipwee.com

Potongan rambut pendek yang naik ke atas seperti model spike adalah pilihan yang paling tepat dan bikin leher kamu terlihat lebih jenjang lho!

Punya tubuh pendek janganlah disesali, ada banyak hal yang nggak bisa cowok tinggi lakukan seperti yang bisa kamu lakukan kok. Asalkan kamu lebih jeli memilih busana, maka penampilanmu pun bakal sekece mereka-mereka yang tinggi badannya. Jadi, sudah siap bergaya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya