Detail Busana Pernikahan Nong Poy, Anggun dengan Tema Klasik Hingga Modern

Transgender asal Thailand, Nong Poy baru saja membuka lembaran baru dalam hidup. Pada 1 Maret 2023 kemarin, ia resmi dipersunting sebagai istri dari konglomerat Thailand bernama Oak Phakwa Hongyok. Berita pernikahan mereka pun jadi buah perbincangan di jagat maya. Tak hanya karena Nong Poy sempat didapuk sebagai transgender tercantik di dunia, tapi juga karena tampilan busana yang dipakai selama rangkaian acara pernikahan pasangan ini.

Advertisement

Bukan hanya unik, busana mereka juga mengadung makna budaya yang sangat kental. Material pembuatan hingga motif busana pernikahannya pun turut menarik perhatian. Terlebih lagi, Nong Poy tampak sangat menawan bak bangsawan di hari bahagianya yang diselenggarakan di Phuket, Thailand itu.

Penasaran dengan detail penampilan Nong Poy di hari pernikahannya? Yuk, kita spill bareng-bareng, SoHip!

ADVERTISEMENT

1. Tampil bak putri kerajaan, Nong Poy mengenakan busana bernuansa putih dengan headpiece hat

Busana Pesta Lajang Nong Poy

Busana Pesta Lajang Nong Poy | Credit : IG @poydtreechada

Sebelum menggelar acara pernikahan, Oak Phakwa Hongyok dan Nong Poy juga menggelar pesta lajang. Kala itu Nong Poy memilih mengenakan atasan dan bawahan bernuansa putih. Atasan putih penuh renda berlengan panjang dengan kerah semi turtleneck. Sedangkan untuk bawahannya, juga berwarna putih dengan sedikit lipatan di bagian pinggang. Tatanan rambut panjang tergerai dengan topi headpiece berukuran cukup besar menjadikan Nong Poy tampil bak putri kerajaan. Cantik banget loh~

Advertisement

ADVERTISEMENT

2. Upacara penghormatan kepada leluhur dengan mengenakan kebaya

Upacara peghormatan kepada leluhur di pernikahan Nong Poy

Upacara penghormatan kepada leluhur di pernikahan Nong Poy | Credit : IG @poydtreechada

Setelah melaksanakan pesta lajang, pasangan ini pun melaksanakan rangkaian acara berikutnya, yaitu penghormatan kepada leluhur. Masih dengan nuansa warna putih, Oak Phakwa Hongyok tampil dengan atasan dan bawahan serba putih. Sedangkan Nong Poy memilih atasan kebaya encim berwarna putih dengan sarung berwarna jingga muda corak bunga-bunga sebagai bawahannya.

ADVERTISEMENT

3. Bak bangsawan pada zaman dulu, Nong Poy anggun dengan mengenakan Baba Yaya, busana tradisional versi peranakan

Nong Poy

Baba Yaya Busana Pernikahan Peranakan Nong Poy | Credit : IG @poydtreechada

Pasangan pengantin ini tampil bak bangsawan zaman dulu dengan mengenakan Baba Yaya. Baba Yaya yang memiliki arti makhluk gaib dalam dongeng merupakan sebuah pakaian adat versi peranakan Tionghoa juga menjadi pilihan Nong Poy di hari bahagianya. Yang lebih menarik lagi, busana tradisional peranakan ini menelan biaya sekitar 20 juta Baht atau sekitar Rp8 juta menurut Straits Times.

ADVERTISEMENT

4. Mahkota bunga handmade yang dibuat selama 3 bulan

Mahkota Pernikahan Nong Poy

Mahkota Pernikahan Nong Poy | Credit : IG @bazaarthailand

Penampilan Nong Poy dilengkapi dengan sebuah mahkota bunga di kepalanya ketika mengenakan pakaian tradisional Baba Yaya. Dari kabar yang beredar, diketahui bahwa mahkota tersebut merupakan hasil handmade seorang pengrajin di Provinsi Ranong. Yang mengejutkan lagi, mahkota bunga bertali emas yang disulam dengan permata mutiara Phuket ini membutuhkan waktu pembuatan selama tiga bulan, SoHip!

Advertisement

ADVERTISEMENT

5. Baba Yaya dipadukan dengan kain batik

Batik tuntrum garuda pada Baba Yaya

Batik tuntrum garuda pada Baba Yaya | Credit : IG @bazaarthailand

Ada yang lebih mengesankan lagi nih, SoHip. Tampilan pakaian pernikahan tradisional yang dikenakan oleh Nong Poy ini ternyata dipadankan dengan kain batik tuntrum garuda. Tentunya, penampilan Nong Poy jadi semakin menawan juga setelah ditambah dengan berbagai jenis perhiasan.

ADVERTISEMENT

6. Gaun brokat putih dengan lengan balon jadi salah satu pilihan gaun pengantin Nong Poy juga, loh~

Wedding Gown Nong Poy

Wedding Gown Nong Poy | Credit : IG @niyadarweddinganswer

Sebelum memasuki pesta pernikahannya di malam hari, Nong Poy dan sang suami juga menggelar serangkaian acara, salah satunya adalah acara lempar bunga. Sesi acara yang digelar di ruang terbuka ini membuat Nong Poy memilih gaun pernikahan dengan material brokat dengan lengan balon yang panjang. Kesannya sopan dan mewah banget deh, SoHip~

7. Gaun malam dengan model backless masih dengan nuansa putih

Backless evening gown Nong Poy

Backless evening gown Nong Poy | Credit : IG @bazaarthailand / @niyadarweddinganswer

Nah, untuk gaun malam, pilihan transgender 36 tahun ini jatuh kepada backless gown alias gaun dengan punggung terbuka Namun begitu, gaun malam pilihannya ini tidak memberikan kesan terlalu terbuka, justru malah terlihat semakin mewah lantaran bahan satin yang membalut gaun tersebut. Makin anggun deh Nong Poy dengan gaun malam ini~

Mewah dan cantik banget kan, SoHip? Yuk lah, sekalian kita mendoakan Nong Poy dan suami selalu berbahagia ya! Selamat menempuh hidup baru ya untuk Nong Poy dan Oak Phakwa Hongyok~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemburu kedamaian dunia

Editor

Writing...

CLOSE