Kenali 4 Ciri-ciri Lipstik Kadaluwarsa yang Kadang Nggak Disadari

Bagi perempuan, menunjang penampilan menggunakan makeup adalah rutinitas yang cukup penting. Terutama penggunaan lipstik yang memang nggak perlu alasan bepergian atau momen penting untuk menggunakannya. Maka nggak heran jika kebanyakan perempuan senang mengoleksi lipstik.

Advertisement

Namun, memiliki lipstik lebih dari satu tentunya membuat tiap itemnya jadi awet, sehingga memungkinkan belum habis meski sudah kadaluwarsa. Padahal, menggunakan lipstik kadaluwarsa bisa menyebabkan iritasi hingga keracunan, lo. Melansir dari Healthline, umumnya lipstik bertahan sekitar 12-18 bulan saja.

Sayangnya, kebanyakan merek lipstik hanya mencantumkan tanggal kadaluwarsa di dus kemasan saja. Kalau pun ada pada bagian kemasan dalam, biasanya mudah luntur. Nah, supaya bisa memastikan lipstik sudah kadaluwarsa atau belum, yuk pahami ciri-ciri lipstik kadaluwarsa berikut!

1. Perubahan warna lipstik dan keberadaan jamur putih keabu-abuan

Ciri ciri lipstik kadaluarsa

Perbahan warna | Foto oleh dari Pexels

Coba buka satu per satu koleksi lipstikmu, perhatikan apakah ada bintik-bintik putih di permukaannya? Jika ada, itu adalah jamur yang tumbuh karena lipstik sudah kadaluwarsa. Namun, beberapa merek mungkin memiliki bahan anti jamur, sehingga meski sudah kadaluwarsa lipstik tetap bersih.

Advertisement

Jika hal tersebut kamu temui, maka coba oleskan lipstik di punggung tangan. Kamu mungkin paham seperti apa warna lipstikmu saat baru dibeli, jadi jika ada perubahan warna misal lebih gelap atau lebih terang, bisa jadi lipstikmu sudah kadaluwarsa.

2.Perubahan tekstur lipstik, bisa jadi lebih lunak atau kering dan keras

Ciri ciri lipstik kadaluarsa

Tekstur | Foto oleh Solodsha dari Pexels

Saat mengoleskan pada tangan ketika mengecek perubahan warna, kamu bisa merasakan teksturnya. Lipstik yang kadaluwarsa akan mengalami perubahan tekstur misalnya sangat lunak, bahkan bisa mengotori bagian tutup, mudah rapuh, ada tekstur licin seperti berminyak, atau bisa juga keras karena terlalu kering.

Perubahan tekstur tersebut membuat lipstik jadi sulit diaplikasikan pada permukaan kulit. Jika di bibir, biasanya terasa lengket atau sama sekali nggak bisa mengeluarkan warna karena terlalu kering.

Advertisement

3. Perubahan aroma lipstik, dari yang wangi hingga tak berbau sama sekali

Ciri ciri makeup kadaluarsa

Aorma berubah | Foto oleh Mart Production dari Pexels

Biasanya, lipstik memiliki berbagai aroma yang tercium bahkan saat membuka tutupnya, kemudian semakin terasa ketika diaplikasikan di bibir. Namun, pada lipstik yang sudah kadaluwarsa aroma tersebut bisa berubah menyengat atau bisa juga jadi nggak berbau. Jadi cobalah untuk mengamati aromanya juga, ya!

4. Saat diaplikasikan ke bibir, membuat kulit bibir jadi kaku, kering, dan pecah-pecah

Ciri ciri lipstik kadaluarsa

Kering di bibir | Foto oleh Sam Lion dari Pexels

Jika ketiga ciri-ciri di atas nggak kamu temui, mungkin kamu akan tetap menggunakan lipstik tersebut. Nah, lipstik yang sudah kadaluwarsa biasanya sudah nggak bisa melembapkan bibir, jadi bibir akan terasa kaku, kering, bahkan pecah-pecah. Jika ini terjadi, lebih baik lipstik tersebut jangan digunakan lagi, ya.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri lipstik kadaluwarsa yang mungkin jarang dipahami. Apalagi jika koleksi lipstik terlalu banyak, dan sulit mengingat tekstur, warna, dan aroma aslinya. Sekarang, coba yuk cek lipstikmu, apakah ada tanda kadaluwarsa seperti di atas?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE