Perihal pakaian, cewek seringnya lebih mementingkan mode dan kecantikan. Sedangkan untuk cowok, yang paling penting adalah kenyamanan. Bahkan saking nyamannya, kadang ada juga cowok yang nggak pernah ganti gaya pakaian dari kecil hingga dewasa. Kalau udah gitu, ujung-ujungnya mereka membully cowok-cowok lain deh yang selalu stylish dan mengikuti mode-mode terbaru. Atau, mereka mengeluh kenapa cowok-cowok itu laku, sedangkan dia yang males ganti gaya masih aja jomblo.

Boleh-boleh aja sih mengeluh, itu hak masing-masing orang. Tapi daripada mengeluh dan nggak melakukan apa-apa, bukannya lebih baik jika kalian at least put effort dalam gaya berpakaian kalian? Untuk terlihat seperti cowok yang stylish dan menarik itu nggak susah kok. Kamu cukup perlu menguasai 5 tampilan klasik cowok ini. Cek yuk!

Tampilan “Sporty and Simple” yang sederhana untuk dipakai di kala senggang. Semua yang sederhana pun ada aturannya ketika kamu ingin terlihat lebih menarik!

si Keenan (yang jomblo!) tampil dengan sporty dan stylish via ootdindo.com

Tampilan pertama yang semua cowok perlu adalah tampilan sporty dan simpel yang nyaman. Kalian pun mungkin sudah familiar dengan tampilan ini. Oke, nyaman itu adalah prioritas. Tampilan nyaman seperti celana training dan hoodie yang longgar, kaos oblong, jeans yang gombrong, semuanya nyaman tapi mereka nggak ada menariknya sama sekali. Untuk menaikkan level tampilan sederhanamu, ada trik-trik khusus yang mudah untuk diikuti, yaitu pastikan bahwa pakaianmu ngepas, nggak terlalu longgar dan nggak terlalu ketat baik itu jeans, kaos, maupun jaket olahragamu. Pokoknya, tahan deh keinginanmu untuk memakai pakaian kelonggaranmu agar kamu terlihat sporty tapi juga stylish!

Tampilan “Trendy” yang kekinian dan sesuai dengan kepribadian kalian masing-masing untuk dipakai dikala sehari-hari, karena cewek suka cowok yang berkepribadian

ekspresikan dirimu via ootdindo.com

Advertisement

rock’nroll! via ootdindo.com

Untuk tampilan “trendy,” setiap cowok punya pilihannya masing-masing akan gaya macam apa yang dianggap pas dengan kepribadiannya. Mungkin kamu cowok yang metal dan rock’n roll sehingga kamu lebih nyaman dengan jaket kulit, skinny jeans, dan juga sepatu boots. Atau kamu tipe cowok vintage yang unik, hobi memakai suspender, topi fedora, dan aksesoris-aksesoris jadul lainnya. Atau juga, kamu adalah tipe cowok bohemian nan “nyeni” yang hobi memakai pakaian unik seperti kimono, atasan tunik, maupun kardigan. Semua jenis tampilan yang trendy ini wajib kamu kuasai jika ingin tampil menarik di mata para perempuan. Nggak ada yang lebih menarik daripada cowok yang tahu untuk mengekspresikan dirinya dan kepribadiannya lewat cara berpakaiannya.

Tampilan kerja atau “business look” yang bisa disesuaikan dengan tempat kerja kalian untuk dipakai ke kantor.

tampilan aman untuk kantor manapun; kemeja putih, celana bahan, sepatu loafers via ootdindo.com

Di umur yang belum mencapai 25 tahun, pasti sebagian banyak dari kalian baru memulai langkah awal menuju karir. Meskipun begitu, kalian butuh tampilan profesional yang dapat mmbantu kalian menonjol di tempat kerja, dan “business look” adalah jawabannya. Tampilan kerja atau “Business look” kadang sering ketuker sama tampilan formal, tapi mereka sebenarnya beda lho! Tampilan kerja pada dasarnya adalah tampilan professional, disesuaikan dengan lapangan pekerjaanmu. Meskipun pekerjaan kalian berbeda-beda, sebenarnya ada aturan yang universal untuk tampilan kerja. Contohnya, memakai sepatu sneakers atau olahraga ke tempat kerja tertentu itu nggak banget! Kurang sopan lha. Gabungkan sepatu loafersmu dengan pakaian seperti kemeja dan celana bahan seperti. Pastinya cewek bakalan lebih suka mereka yang pergi ke kantor dengan necisnya, kan?

Tampilan “smart casual” buat ngedate bareng cewek atau main bareng teman-teman, kamu pun terlihat lebih stylish dari teman-temanmu lainnya.

blazer dan celana bahannya formal, tapi kaos dan sneakersnya cukup santai via id.pinterest.com

Tampilan smart casual adalah perpaduan antara tampilan formal dan juga kasual yang pas banget buat acara-acara spesial yang tidak formal. Contohnya, kamu bisa memakainya ke acara seperti ngedate bareng pacar, makan siang bersama klien, ataupun main bersama teman-teman ke kafe yang baru ngehits itu. Berbeda dengan pakaian yang formal, kamu tinggal memadukan pakaian seperti blazer dan celana bahan dengan pakaian yang lebih non-formal seperti kaos ataupun jeans berkualitas.

Tampilan “formal batik” wajib kamu kuasai, karena seiring bertambahnya umur, kamu akan semakin sering menghadiri acara-acara formal seperti pernikahan ataupun pemakaman

Jas hitam, celana kain, kemeja, dasi, sepatu pantofel, pakaian-pakaian formal yang seperti itu wajib kamu miliki sebelum mencapai umur 25 tahun. Pastinya seiring bertambahnya usia kamu akan semakin sering menghadiri acara-acara formal mulai dari sidang master, pernikahan teman, maupun pemakaman. Dan semakin bertambahnya umur, kamu nggak mungkin lagi cuma memakai kemeja belel dan celana jeans ke acara itu. Selain jas dan celana hitam, kamu juga butuh batik formal yang khas banget Indonesianya!

Gimana nih boys, sudahkan kamu menguasai lima jenis tampilan di atas?