Menurut sebuah penelitian, wanita cenderung memiliki koleksi sepatu sebanyak 19 pasang meskipun hanya 7 pasang yang dipakai. Sebagai pria, kita cuma bisa geleng – geleng sama fakta tersebut. Meskipun begitu, pernah nggak kamu bertanya – tanya bahwa mungkin pria juga butuh koleksi sepatu sebanyak itu? Jawabanya simpel aja, nggak!

Boleh – boleh aja sih kalau kamu mau koleksi sepatu, tapi kita cowok – cowok biasanya lebih disetir oleh unsur kepraktisan dibanding yang lainnya. Oleh karena itu, jika kamu mengoleksi sepatu, masing – masing pasang harus praktis dan memiliki fungsi. Sebenarnya sebagai pria kamu hanya butuh 4 jenis sepatu yang bisa kamu pakai sepanjang hidup selama keadaannya masih bagus. Apa aja 4 macam sepatu tersebut? Ayok kita baca bersama!

1. Sepatu sneakers untuk olahraga dan situasi super kasual!

sneakers

sneakers via www.eukicks.com

sneakers untuk tampilan kasual dan sporty

sneakers untuk tampilan kasual dan sporty via lookbook.nu

Advertisement

Daripada kemana – mana pakai sandal jepit, mending kamu meginvestasikan uang kamu di sepatu sneakers yang bagus. Salah satu keuntungan memiliki sepatu ini adalah kamu bisa memakainya di situasi – situasi kasual dan santai. Kamu bisa memakai sepatu sneakers kamu untuk olahraga, ngegym, atau main futsal. Kamu juga bisa memakai sepatu tersebut untuk pergi ke kampus atau ke sekolah sehari – hari. Tapi yang paling utama, sepatu semacam ini dapat kamu gunakan untuk santai di kafe, pergi ke laundry, atau semacamnya. Agar lebih fleksibel, pilih sepatu dengan warna netral terutama warna putih.

2. Semakin bergaya disaat kasual dengan boat shoes atau sepatu moccasin.

berbagai macam warna boat shoes

berbagai macam warna boat shoes via www.jackthreads.com

kasual tapi bergaya

kasual tapi bergaya via lookbook.nu

Terkadang di situasi – situasi kasual kamu tetap ingin bergaya. Sepatu boat atau moccasin adalah suatu peningkatan dibanding sepatu olahraga biasa dimana kamu bisa terlihat kasual namun tetap bergaya. Sepatu semacam ini dapat kamu gunakan di saat – saat kasual yang menuntut kamu berdandan lebih rapi seperti kencan dengan pacar atau kumpul keluarga besar di rumah eyang. Bahkan kalau kamu kerja di tempat yang dresscode-nya cukup kasual (ex:membolehkan kamu pakai jeans atau celana chino) kamu juga bisa pakai sepatu jenis ini. Tapi kalau kamu kerja di tempat yang lebih formal seperti di bank, firma hukum, atau kementrian (ex: itu tuh, kerja yang harus pakai celaa kain), sepatu ini kurang pantas untuk digunakan. Warna coklat tua bisa menjadi pilihan warna yang aman untuk setiap saat.

3. Sepatu Pantofel Oxford atau Monkshoes untuk Dipakai ke acara special dan formal!

sepatu pantofel oxford

sepatu pantofel oxford via www.ctshirts.co.uk

pantofel monkshoes

pantofel monkshoes via bespoke-makers.tumblr.com

oxford untuk acara spesial

oxford untuk acara spesial via lookbook.nu

siap ganteng dengan sepatu monkshoes

siap ganteng dengan sepatu monkshoes via www.sacsekillerimodelleri.org

Orang Indonesia kebanyakan cuma tau satu macam sepatu pantofel, padahal sepatu pantofel itu banyak jenisnya. Salah satu sepatu pantofel yang paling cocok untuk acara super formal adalah sepatu oxford atau sepatu monkshoes. Sepatu Oxford atau sepatu monkshoes biasanya sedikit lebih mahal harganya, tapi mereka worth it banget karena mereka sepatu yang berkualitas dan cocok untuk acara super formal. Acara super formal yang dimaksud contohnya adalah acara – acara yang mengharuskan kamu memakai jas dan celana bahan, contohnya adalah acara nikahan, acara kelulusan, atau ke acara pemakaman. Perbedaan oxford dan monkshoes nggak banyak kok, sepatu oxford ada talinya, sedangkan monkshoes lebih praktis karena memakai gesper.

4. Sepatu pantofel kerja yang setingkat dibawah oxford, biar nggak sayang diinjak – injak tiap hari!

sepatu pantofel kerja

sepatu pantofel kerja yang umum di indonesia via www.belikulit.com

sepatu "loafers"

sepatu “loafers” via www.tods.com

siap ngantor deh!

siap ngantor deh! via www.tods.com

Advertisement

Tentunya sah – sah aja jika kamu mau memakai sepatu oford atau monkshoes ke kantor setiap hari, tapi masak kamu nggak sayang sih mengeksploitasi sepatu kamu yang paling mahal? Sebagai gantinya, lebih baik kamu memilih sepatu pantofel kerja yang harga dan kualitasnya sedikit dibawah oxford. Sepatu pantofel biasanya dikenal diluar sebagai loafers.  Sepatu yang umumnya terbuat dari kulit ini biasanya juga lebih praktis dipakai daripada sepatu oxford. Sepatu ini cocok banget buat kamu pakai kerja sehari – hari baik kamu kerja di sektor pemerintahan, hukum, maupun bisnis.

Nah, tentunya mengoleksi sepatu itu hak masing – masing pria terutama kalau kamu memang punya budgetnya. Bahkan kamu boleh mempunyai dua sneakers, tiga oxford, empat loafers, asal kamu bisa merawatnya. Tapi kalau kamu memang nggak terlalu suka mengoleksi sepatu, atau keadaan finansial kamu tidak memadahi, pastikan kamu punya at least empat sepatu ini untuk berbagai macam acara.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya