Tampil keren selalu jadi dambaan setiap orang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Banyak yang beranggapan, keren itu selalu mahal karena harus menggunakan pakaian bermerk internasional yang cuma dijual di kota-kota besar. Padahal asumsi itu tak sepenuhnya benar. Mahal atau murah itu tergantung preferensi masing-masing.

Kamu tetap bisa kok tampil keren tanpa harus mahal. Yang kamu butuhkan adalah kreatifitas dan kejelian. Mungkin, trik di bawah ini bisa kamu coba untuk menyelamatkan dompetmu yang ingin tetap terlihat keren tanpa harus mahal. Disimak ya!

1. Masuk satu, keluar satu. Dapatkan uang tambahan dengan menjual koleksi pakaianmu yang masih berkualitas dengan di-preloved.

Lemari

Tidak ada salahnya menjual pakaian koleksi via tabloidnova.com

Advertisement

Pernah nggak sih kamu merasa lemarimu semakin penuh dari hari ke hari? Sampai akhirnya kamu bingung mau dipindahkan kemana pakaian-pakaian di lemarimu itu. Daripada numpuk dan cuma memenuhi lemarimu, tak ada salahnya kamu jual koleksi pakaianmu itu ke teman, saudara, atau ke toko online. Lumayan kan, uangnya bisa digunakan untuk membeli koleksi pakaian yang baru.

2. Jeli dalam mix and match dengan aksesoris yang selaras. . Bajumu jadi ‘terlihat’ banyak lho.

Aksesoris

Aksesoris akan mempercantik penampilanmu via honestlywtf.com

Aksesoris yang selaras dengan pakaianmu juga bisa dimaksimalkan untuk membuat penampilanmu tampak semakin keren. Soalnya, baju yang terlalu polos akan menimbulkan kesan yang biasa saja. Mungkin kamu bisa tampak lebih keren dengan hiasan kalung, gelang, jam atau aksesoris tradisional. Selain terlihat lebih natural, harganya juga pasti lebih bersahabat buat dompetmu.

3. Prioritaskan membeli beli baju berdasarkan kenyamanan dan bahannya, bukan dari merk atau tempat baju itu dijual.

Body fit

Pakaian yang nyaman lebih penting dari merk via www.aliexpress.com

Buat kamu yang ingin tampil keren tanpa mahal, mulailah untuk tidak selalu terfokus kepada merk-merk mahal. Kamu juga harus mengubah kebiasaanmu untuk belanja di butik atau di mal, yang sudah pasti akan menjual barang dengan harga selangit. Intinya, kamu membeli baju berbahan bagus dan nyaman. Kamu juga bisa cari motif yang elegan dan mirip dengan pakaian yang dijual di mal-mal.

4. Manfaatkan saudara atau teman dekatmu untuk sesekali barteran baju atau aksesoris. Makin seru kan pertemanan kalian?

Barter

Barter pakaian dengan teman via www.freestockphotos.name

Advertisement

Kalau punya saudara atau teman yang seumuran, berpostur mirip dengan kamu, atau punya selera fashion yang sama, tidak ada salahnya kamu manfaatkan mereka untuk barteran alias tukar-pinjam pakaian. Jadi, kamu tidak perlu selalu beli baju baru terus kan? Cara ini bisa jadi langkah jitu untuk tampil keren. Dan yang pasti, akan timbul kesan bahwa punya banyak koleksi pakaian.

5. Belilah baju di saaat banyak diskon, seperti menjelang Natal atau Lebaran. Asal nggak impulsif ya.

Diskon

Berburu diskon bisa jadi cara jitu mencari pakaian murah via www.mycelebrityfashion.co.uk

Kalau kamu memang berorientasi kepada merk mahal, kamu bisa memanfaatkan diskon di akhir tahun untuk berburu pakaian murah. Menjelang Lebaran atau Natal, biasanya mal-mal akan mengadakan diskon besar-besaran. Nah, inilah saat yang tepat buat kamu untuk belanja pakaian bermerk dengan harga miring. Siap-siap untuk berdesak-desakan ya, karena diskon semacam ini pasti diserbu banyak orang.

6. Tidak harus selalu beli yang baru, cobalah sesekali beli pakaian preloved. Kalau pintar memilih, baju bagus pun kamu dapat.

Pakaian bekas

Pakaian bekas bisa dicoba sesekali via www.merdeka.com

Salah satu cara ekstrem yang bisa dilakukan untuk tetap tampil keren tanpa harus mahal adalah dengan membeli pakaian bekas. Jangan heran kalau umumnya 50 persen dari pakaian yang dijual di toko pakaian bekas terlihat kusam, tapi percayalah pakaian-pakaian itu tetap layak pakai. Di sinilah kamu diharuskan untuk lebih jeli dalam memilih. Siapa tau kamu bisa menemukan pakaian bermerk dengan harga anjlok?

7. Coba kreasi dan modifikasi baju lamamu menjadi pakaian yang kekinian

Kreasi

Ubah celana panjang usang menjadi celana pendek via www.pinterest.com

Selain dijual, pakaian yang menumpuk di lemarimu tetap bisa bernilai guna loh. Caranya adalah dengan dikreasikan dengan model yang sedang menjadi tren saat ini. Contoh simpelnya, kamu bisa potong celana jins cut bray yang ada di lemarimu menjadi celana pendek. Atau, kamu juga bisa menambahkan baju-baju polosmu dengan sablon atau bordir yang unik dan menarik perhatian orang banyak.

8. Kalau bisa menjahit, kenapa tidak coba bikin baju sendiri? Malah bisa pakai model sesukamu lho.

Menjahit

Menjahit sendiri relatif lebih murah via www.mastertailorsaustin.com

Buat kamu yang bisa menjahit sendiri, tidak ada salahnya maksimalkan kemampuanmu itu untuk membuat baju sendiri. Dengan menjahit pakaian sendiri, kamu bisa menentukan model dan bahannya sesuai keinginanmu. Selain itu, kamu juga tak perlu merasa takut terlalu besar atau justru kesempitan. Banyak yang bilang, menjahit pakaian sendiri relatif lebih murah dibanding beli pakaian jadi.

9. Mungkin bukan termasuk baju, tapi keharuman tubuhmu itu juga bikin kamu terlihat keren lho!

Harum

Tubuh yang harum juga berpengaruh via www.celebstatus.net

Tampil keren tidak selalu ditentukan oleh apa merk pakaianmu atau seberapa mahal harga pakaian yang kamu pakai. Aroma tubuh yang harum juga akan membuatmu terlihat lebih keren lho! Mulai sekarang, tingkatkanlah kepekaanmu terhadap aroma parfum yang kamu pakai. Tapi jangan sampai berlebihan ya. Kalau baunya terlalu menyengat, kamu justru akan terlihat kampungan.

Gimana trik di atas, menarik kan? Buat kamu yang berminat meminimalisir pengeluaranmu tapi tetap ingin terlihat keren, silakan langsung dicoba. Selamat berkreasi dan jangan lupa di-share ke teman-temanmu ya…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya