Punya jenis kulit berminyak memang gampang-gampang susah. Kulit berminyak itu memiliki ciri-ciri berpori lebih banyak dan besar-besar, mudah kusam, dan makeup yang dipakai gampang luntur. Namun di sisi lain, kulit berminyak punya sisi positif yaitu menua lebih lambat daripada jenis kulit lain. Sifatnya yang senantiasa lembap akibat kandungan minyak yang tinggi merupakan kondisi yang ideal untuk memperlambat timbulnya kerut-kerutan. Oleh karena itu, kamu yang memiliki kulit berminyak, berbanggalah! Embrace dan terima kondisi kulit kamu apa adanya dengan perawatan yang tepat.

Terkait dengan perawatan kulit berminyak, kita memang harus jeli dalam memilih jenis kosmetik yang tepat. Tidak semua jenis kosmetik cocok dipakai olehmu “si pemilik kulit berminyak”. Agar kulit kita mendapatkan perawatan yang maksimal, jelilah memilih kosmetik yang tepat untuk kulitmu. Nah, apa saja kosmetik yang cocok dipakai oleh kulit berminyak? Simak ulasan dari Hipwee Style ini.

1. Kulit berminyak itu tetap membutuhkan pelembap. Pilih pelembap yang berbahan dasar air agar lebih ramah untuk kondisi kulitmu yang berminyak.

1_real

Pelembap berbahan dasar air lebih cocok untuk kulitmu daripada pelembap berbahan dasar minyak.Untuk itu, kamu harus mengecek komposisi pada pelembap yang akan kamu pilih terlebih dahulu. Kalau masih ada komposisi oil seperti jojoba oil, olive oil, dan sebagainya, sebaiknya kamu tinggalkan karena pelembap yang berbahan oil itu diciptakan untuk tipe kulit kering yang membutuhkan tambahan pelembap ekstra. Kamu kulitnya nggak kering kan?! Maka itu, jangan pakai moisturizer untuk kulit kering dong.

Pilih pelembap yang lebih cocok untuk kulit berminyak. Paling gampang, cari pelembap yang pada labelnya menyatakan bahwa produk tersebut memang dikhususkan untuk kulit berminyak, atau memiliki keterangan oil-free. Beres sudah!

2. Pilih foundation atau BB Cream yang memberi ketahanan ekstra untuk menahan minyak di wajahmu. Tidak perlu yang terlalu tebal untuk pemakaian harian.

2

Sama seperti memilih pelembap, foundation yang kamu gunakan pun sebaiknya berbahan dasar air, bukan minyak. Kemudian pilih pelembap yang punya ketahanan dan stay power yang maksimal agar makeupkamu tidak mudah luntur. Percaya deh, makeup luntur adalah mimpi buruk bagi si pemilik kulit berminyak. Untuk itu, hindarilah memilih foundation yang tidak awet. Kamu bisa menanyakannya ke BA (Beauty Assistant) yang menjual produk kosmetik yang cocok untuk jenis kulitmu.

3. Memilih bedak pun harus jeli. Bedak tabur lebih cocok untuk menyerap minyak di wajah tanpa menutup pori-pori.
3

Untuk pemakaian harian, bedak yang cocok untuk si kulit berminyak adalah bedak tabur. Teksturnya yang berupa serbuk mampu menyerap minyak dengan baik dibanding jenis bedak yang lain. Bedak tabur juga jadi produk penyelamat ketika minyak di wajahmu sedang banyak-banyaknya. Namun bukan berarti bedak lain seperti bedak padat dan two way cake tidak cocok lho. Kamu tetap bisa memakai bedak padat dan two way cake sesekali, tetapi kurang cocok jika dipakai setiap hari karena kulitmu butuh bernapas.

4. Untuk menyelamatkan makeup kamu ketika siang hari, sediakan selalu tisu atau lembaran kertas minyak untuk mengangkat minyak di wajah tanpa ikut menghilangkan makeup kamu.

14530856175180-enhanced-28649-1423499847-16

Lembaran kertas minyak atau Oil Control Film adalah benda ajaib yang jadi sahabat setia si kulit berminyak. Ada kalanya ketika memasuki siang hari, kulit mulai mengeluarkan titik-titik minyak yang dapat mengganggu penampilan. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, kamu butuh Oil Control Film, karena lembaran-lembaran ajaib ini mampu mengangkat minyak berlebih secara efektif tanpa merusak makeup. Asyik kan?

5. Face spray juga bisa kamu gunakan untuk mengembalikan kesegaran kulit wajahmu yang kusam akibat minyak berlebih.

5

Face spray adalah jenis cairan yang disemprotkan ke wajah untuk menyegarkan kulit secara instan. Daripada repot-repot mencuci muka yang berisiko melunturkan riasan wajah, ada baiknya kamu menyiapkan satu botol face spray di dalam tas, jadi bisa dibawa ke mana-mana. Setiap kali merasa kulit kusam, tinggal gunakan lembaran Oil Control Film, kemudian semprotkan face spray ini. Dijamin wajahmu segar seketika.

6. Scrub yang baik juga membantu mengurangi kotoran di wajahmu yang susah disingkirkan dengan pembersih wajah biasa.

maxresdefault (23)

Melakukan eksfoliasi kulit secara rutin perlu dilakukan untuk kulit berminyak. Minyak dapat membuat kotoran-kotoran dari luar lebih mudah menempel pada kulit. Kalau kotoran itu numpuk dan menyumbat pori-pori, siap-siap jerawat menanti. Untuk itu lakukan scrubbing secara rutin agar kulitmu senantiasa halus dan terawat.

7. Pastikan pembersih yang dipakai untuk kulitmu adalah yang punya kualitas terbaik. Kamu membutuhkan pembersih wajah yang mampu membersihkan dan mengangkat minyak berlebih di wajah.

1

Pembersihan adalah bagian penting dalam perawatan kulit berminyak. Menjaga kulit tetap bersih memungkinkan hilangnya kotoran dan minyak yang dapat menimbulkan jerawat. Pilih pembersih yang mampu menjaga kulitmu bebas minyak selama setidaknya 8 jam agar aktivitasmu tidak terganggu dengan timbulnya minyak berlebih. Clean & Clear® adalah produk yang kamu butuhkan. Produk ini dapat membantu membersihkan serta mengontrol minyak di wajah hingga 8 jam, agar wajahmu senantiasa bersih, bebas kilap, dan #SiapTerus seharian.

Gimana, sudah siap merawat kulit berminyakmu dengan tepat?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya