Kalau hidup ini adil, pasti semua orang akan diciptakan dengan proporsi tubuh yang ideal; proporsi tubuh di mana ukuran batang tubuh  dan kaki berukuran sama. Sayang proporsi tubuh yang ideal itu bagaikan badak bercula dua buk, langka! Masih mending sih kalau proporsi badan kamu jatuhnya pendek di batang tubuh, panjang di kaki. Kaki yang panjang, jenjang, dan menjulang bak supermodel pastinya jadi impian sebagian besar cewek.

Proporsi badan normal, batang tubuh pendek-kaki panjang, dan batang tumbuh panjang-kaki pendek. via divadressing.wordpress.com

Sayangnya, sebagian dari kamu pasti terlahir dengan kombinasi batang tubuh panjang dan kaki pendek seperti tubuh paling kanan pada gambar diatas. Mau tinggi kamu dua meter, kamu bakalan tetap terlihat pendek apabila kamu terlahir dengan jenis tubuh yang satu ini. Untungnya ada banyak cara kok agar kakimu yang pendek bisa terlihat panjang, jenjang, dan menjulang bak supermodel! Ini nih tips styling yang bisa memberi ilusi bahwa kakimu lebih panjang.

Bawahan tipe high-waisted atau pinggang – tinggi akan menciptakan ilusi kaki jenjang bak model!

high-waisted jeans via lifepopper.com

rok high-waisted via wardrobelooks.com

Advertisement

Dengan memakai celana panjang atau rok high-waisted, kamu seolah-olah memberikan ilusi bahwa kakimu lebih jenjang dari aslinya. Kamu juga menciptakan ilusi bahwa pinggangmu terletak lebih tinggi di badan kamu. Dengan begitu, rok atau celana yang high-waisted juga akan memotong panjang tubuh kamu dan menambah panjang kakimu secara bersamaan.

Nggak punya bawahan high-waisted? Kamu bisa menciptakan efek yang sama dengan menyelipkan atasanmu ke bawahan kamu!

atasan yang diselipkan ke bawahan high-waisted via wardrobelooks.com

Seperti halnya dengan bawahan high-waisted, menyelipkan atasan ke bawahan kamu akan memotong panjang tubuh dan menjadikan kaki kamu terlihat lebih panjang. Tentunya kamu nggak perlu memakai bawahan dengan hemline yang tinggi, tetapi apabila kamu ingin kakimu terlihat jenjang secara maksimum, atasan selipan yang digabung dengan bawahan high-waisted adalah kuncinya.

Outfit dengan warna sepadan adalah sahabat utama buat kamu yang berkaki pendek. Coba deh style monokrom agar kakimu terlihat jenjang!

serba hijau via id.pinterest.com

jumpsuit serba hitam via lookbook.nu

Outfit dengan warna senada atau monokrom adalah salah satu teknik yang bisa kamu gunakan untuk meciptakan ilusi kaki panjang. Nggak percaya? Coba deh liat gaya – gaya diatas yang menggunakan satu warna saja di paduan outfit mereka. Dengan warna yang senada, siluet tubuh kamu secara keseluruhan akan terlihat lebih panjang. Menggunakan terlalu banyak warna justru akan menciptakan blocking warna yang akan berujung pada kakimu terlihat lebih pendek.

Semakin simpel, semakin baik. Selain warna bersih yang senada, siluet yang bersih juga dapat membuat kakimu terlihat panjang.

siluet dress yang polos dan tidak ramai via aelida.com

Siluet atau garis tubuh yang polos akan membuat kakimu terlihat lebih jenjang. Detil-detil pada pakaian yang terlalu ramai seperti lipatan-lipatan, draping, atau kantong-kantong justru akan membuat tubuh kamu terlihat berat, terutama apabila detil tersebut terletak di bawahan kamu. Oleh karena itu, cobalah memilih bawahan yang polos, bersih, dan tidak memiliki detil atau motif yang terlalu ramai.

Gabungan antara rok mini dan high heels adalah kombo yang sempurna untuk si kaki pendek!

rok mini + sepatu hak tinggi via lookbook.nu

shorts + high heels (strap-nya tidak direkomendasikan) via wheretoget.it

Kamu suka memakai rok mini? Untuk kamu yang berkaki pendek, ada aturan tersendiri agar rok minimu bisa semakin menguntungkan. Rok mini yang paling baik untuk kamu si kaki pendek adalah rok mini dengan panjang diatas lutut. Ditambah dengan memakai sepatu high-heels, kakimupun akan terlihat lebih panjang dari biasanya.

Sepatu high-heels dengan warna nude adalah sesuatu yang harus kamu punya, hey si kaki pendek!

nude high-heels via id.pinterest.com

Gabungan antara rok mini dan sepatu high-heels memang bisa menjadi kombinasi style yang sempurna buat kamu yang berkaki pendek. Tapi dalam memilih sepatu hak tinggi, kamu pun harus jeli dan pintar. Warna nude adalah warna yang paling cocok untuk kamu yang berkaku pendek karena warnanya yang menyatu dengan kulit memberi ilusi bahwa kakimu lebih jenjang. Selain warna nude, kamu juga bisa memakai sepatu yang warnanya sama dengan bawahan kamu.

Kamu suka memakai rok maksi? Sah – sah aja kok asal hemnya tidak menyentuh lantai!

dress maksi semata kaki via m.aliexpress.com

Kamu yang berkaki pendek memang tidak direkomendasikan untuk memakai rok yang terlalu panjang seperti gaun maksi. Tetapi kalau kamu terlanjur suka, kamu harus ingat satu hal. Jangan memakai rok maksi yang terlalu panjang sehingga garis hem-nya meyentuh lantai. Hal tersebut akan menutup kaki kamu secara keseluruhan figur kamu akan semakin tenggelam. Pastikan garis hem rok maksi kamu berhenti di daerah mata kaki. Apabila kamu terlanjur memiliki gaun maksi yang menyentuh lantai, kamu pun tetap bisa mengakalinya dengan memakai hak tinggi atau sepatu platform dibalik rok maksi kamu.

Bawahan motif vertikal nggak cuma stylish tapi juga menciptakan ilusi optik agar kakimu terlihat jenjang.

motif vertikal via pakaiankorea.co.id

celana motif vertikal via pakaiankorea.co.id

Bawahan dengan motif vertikal dapat memberikan ilusi optik bahwa kakimu jauh lebih jenjang. Selain itu, motif vertikal juga dapat membuat kakimu terlihat lebih ramping. Padukan bawahan vertikal kamu dengan atasan yang polos agar outfit-mu terlhat seimbang.

Nah, buat kamu yang memiliki kaki pendek, kamu nggak perlu insecure lagi. Kamu selalu bisa mengakalinya dengan cara berpakaian kamu. Bermain dengan proporsi tubuh itu asik karena kamu bisa merubah ukuran tubuh kamu hanya dengan pakaian. Ayok buat kamu yang ingin kakinya terlihat lebih jenjang, cobain deh tips – tips styling diatas!