Panduan Sederhana Cari Skincare untuk Kulit Sensitif, Cukup Ingat 3 Hal Ini Aja~

Kanistri Botanical

Nggak cuma perasaan sensitif aja yang sering bikin hidup repot, kulit sensitif pun nggak kalah membuat kepala pusing tujuh keliling. Apalagi kalau persoalan memilih skincare, pemilik kulit sensitif harus ekstra hati-hati. Bukannya menyelesaikan permasalahan kulit, produk skincare kebanyakan yang ada di pasaran justru bisa menyebabkan kulit sensitifmu iritasi, kemerahan, sampai breakout. 

Advertisement

Nah, apa-apa aja sih sebenarnya yang harus diperhatikan, dihindari, atau justru dicari dalam produk skincare kalau kamu memiliki kulit yang sensitif. Yuk cus kita bahas bareng-bareng~

Yang harus kamu perhatikan: tipe dan kondisi kulitmu. Pahami benar-benar apa yang membuat kulitmu sensitif

Gatal dan kemerahan biasanya jadi indikasi kulitmu sensitif | Photo by Anna Shvets from Pexels

Skincare itu sangat subjektif karena tergantung tipe dan kondisi kulit masing-masing. Produk yang sangat efektif buat kamu, belum tentu dan seringkali malah tidak cocok di kulit yang lain. Maka dari itu, pe-er pertama sebelum sibuk memilih merek atau daftar bahan-bahan skincare adalah benar-benar memahami kebutuhan kulitmu. Berbeda dengan kulit normal yang mampu menoleransi banyak bahan-bahan skincare, kulit berminyak, kering, kombinasi, atau sensitif punya kebutuhan yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana sih caranya tahu tipe kulitmu?

Advertisement

Walaupun biasanya butuh bertahun-tahun untuk benar-benar mengerti kulitmu, ada juga tes sederhana yang bisa kamu coba. Coba diamkan wajahmu selama satu atau dua jam setelah mencuci muka dengan cleanser paling gentle atau lembut, jangan pakai skincare dulu. Rasakan perubahan di wajahmu. Jika kulitmu cenderung baik-baik saja, ya kemungkinan besar kulitmu normal. Jika langsung muncul minyak itu indikasi kulit berminyak, gatal-gatal atau kemerahan bisa jadi indikasi kulit kering dan sensitif. Banyak juga yang kombinasi, daerah T-Zone berminyak sedangkan sisanya kering atau sensitif.

Yang harus dihindari: bahan-bahan yang cenderung bikin iritasi. Pemilik kulit sensitif sebaiknya jauh-jauh dari alkohol, scrub fisik, fragrance, dan bahan-bahan kimia keras lainnya

Advertisement

Cari logo-logo skincare yang friendly untuk kulit sensitif | Credit: Instagram @kanistri.botanical

Kebutuhan utama kulit sensitif adalah menghindari bahan-bahan yang berpotensi bikin iritasi. Alkohol, fragrance atau wewangian, scrub fisik, paraben, surfactant keras seperti Sodium Laureth Sulfate (SLS) — biasanya jadi biang keroknya. Tapi itu bukan berarti bahan-bahan itu ‘jahat’ ya Guys, karena semua bahan itu pun punya fungsi dan manfaatnya masing-masing.  Kebanyakan bahan itu pun biasanya tidak menimbulkan masalah bagi pemilik kulit normal, berbeda dengan mereka yang kulitnya sensitif.

Jadi kalau tahu kulitmu memang sensitif, coba deh cari produk-produk skincare yang tidak mengandung bahan-bahan itu atau seminimal mungkin. Ada produk skincare lokal baru yang wajib dicek sih bagi para pemilik kulit sensitif, Kanistri Botanical Apothecary. Dengan memadukan ekstrak tumbuhan dan bahan aktif yang sudah terbukti secara ilmiah meningkatkan kondisi kulit, produk-produk Kanistri ini diformulasikan secara lembut sehingga cocok untuk semua jenis kulit terutama kulit sensitif. Yang penting, sudah bersertifikat BPOM juga lo~

Yang harus dicari: produk-produk paling gentle untuk kulit. Teknisnya, coba cari produk yang pH-nya paling dekat dengan pH asli kulit 5-5,5

Selain menghindari bahan-bahan yang keras untuk kulit, cari juga produk skincare yang gentle dan paling gampang ‘diterima’ oleh kulit. Kalau ngomongin bahasa teknis skincare-nya, biasanya ini berhubungan dengan level pH produk. Semakin dekat pH produk dengan pH asli kulit, berarti akan semakin lembut dan minim iritasi.

Nah, lagi-lagi Kanistri Botanical Apothecary punya hydrating essence toner andalan yang pH-nya 5-5,5. Bukan cuma lembut, kandungannya pun juara. Ada bahan-bahan super seperti niacinamide dan hyaluronic acid, ada juga ekstrak tumbuhan alami seperti neem dan kunyit yang tinggi anti-oksidan. Produk andalan lain, Kanistri Overnight Resurfing Mask mengandung AHA, BHA, dan PHA diformulasikan khusus untuk mengeksfoliasi dan melembapkan kulit saat tidur. Karena diformulasikan secara lembut dan hasilnya yang juga melembapkan, produk yang bisa digunakan untuk wash-off mask maupun overnight mask ini pun dapat digunakan oleh kulit sensitif. Menarik banget ‘kan produk-produknya?!

Artikel ini adalah bagian series#HipweeDukungUMKM. Program spesial Hipwee untuk mendukung usaha mikro kecil menengah yang sedang merintis jalannya menuju kesuksesan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE