Kamu ingat dengan busana overall kan? Ya, tahun 90’an silam overall seakan menjadi atribut fashion wajib biar dibilang “kekinian” (kekinian di jamannya). Beberapa tahun belakangan, si overall ini naik daun lagi lho. Simak saja The Costume Institute Gala (Met Gala) tahun 2013 lalu, busana seluruh modelnya ialah overall yang diangkat dengan tema Punk : Chaos to Couture. Tengok lemarimu, kamu masih punya nggak busana ini?

Pada awalnya, overall merupakan baju luaran untuk dipakai para mekanik saat bekerja untuk melindungi baju mereka dari noda, dan mulai digunakan perempuan pekerja pabrik di Inggris sejak tahun 1965. Nah, sementara itu, anak muda punk mengenakan overall sebagai pernyataan diri kalau mereka anti kemapanan. Itulah kenapa overall identik dengan kesan boyish saat dikenakan. Kalau kamu pecinta fashion, nggak ada salahnya lho mencoba tren ini. Gaya maskulin yang tetap trendi atau bahkan romantis manis tetap bisa kamu dapat melalui padu padan berikut ini.

1. Untuk mendapat kesan maskulin namun tetap trendi, pilih overall warna gelap. Percayalah, kamu akan tetap tampil memikat.

black is never die!

black is never die!

Advertisement

Jason Wu merupakan salah satu desainer yang menghadirkan gaya maskulin dalam balutan busana warna gelap ini. Paduan sempurna dari setelan overall klasik, ditambah dengan ikat pinggang kecil akan menghasilkan kesan rapi pada keseluruhan tampilanmu. Untuk menambah kesan punk, kamu bisa juga menambahkan sarung tangan jaring sebagai pengganti aksesori. Agar lebih berwarna, sah-sah saja kok menggunakan aksesori berupa kalung dan cincin. Terakhir, padukan sepatu pump dengan aksen stud untuk memaksimalkan gaya punk kamu.

2. Nggak mau kelihatan biasa dengan overall polos? Coba kenakan overall motif atau overall bercorak. Dijamin, tampilan kasualmu akan tetap mencolok.

ini contoh overall motif

ini contoh overall motif via joyindonesia.com

Overall motif ini bisa kamu padukan dengan printed tank top. Ya… motif dari overall-mu akan tetap mendominasi. Pilih sepatu ankle boots warna hitam dan anting stud berbentuk kotak, serta gelang tumpuk sebagai aksesorinya. Dengan padu padan ini, kesan atraktif dalam keseluruhan tampilan akan kamu dapatkan.

3. Penasaran ingin mencoba overall warna cerah? Yaudah, nggak ada salahnya kok. Warna cerah akan memberi kesegaran yang berbeda pada penampilanmu

kamu bakal lebih charming dengan warna cerah

kamu bakal lebih charming dengan warna cerah via images.detik.com

Pink, hijau, putih bisa kamu pilih sebagai outfit harianmu. Padukan dengan aksesoris warna netral dengan tetap memberi tema punk seperti kalung rantai, hightop sneaker, dan pouch hitam misalnya. Dan lagi, kalau kamu memilih warna putih, akan memberikan efek bersih dan tinggi lho. Hihiii… sebagai inner, kamu bisa gunakan t’shirt bermotif unik atau lucu dan berwarna, supaya terlihat informal tapi tetap dewasa.

4. Overall denim memang nggak ada matinya. Kamu yang selalu nyaman dengan “jeans robek-robek” masih bisa mengaplikasikannya melalui overall. You rock girls!

masih cantik kok

masih cantik kok via images.detik.com

Advertisement

Untuk kamu yang nggak mau terlihat girly, tapi tetap berusaha untuk tampil dewasa, cocok nih kalau pakai overall seperti ini. Kamu bisa memadukannya dengan kemeja berwarna gelap seperti maroon atau navy. Untuk riasan wajah, kamu bisa tampil smookey. Atau coba deh tengok gaya Cressida Bonas. Cewek yang sempat dikabarkan jadi pacar Pangeran Harry ini beberapa kali mengenakan overall denim dengan tanktop putih longgar. Aksen robek pada overall akan menambah kesan cuek, dan sneakers putih mungkin akan menambah kenyamananmu.

5. Nggak melulu berkesan santai, overall bisa juga kamu kenakan untuk bertandang ke acara formal. Nggak percaya? Buktiin aja!

sah sah aja kamu pakai kerja (asal nggak di bumn dan PNS lho ya)

sah sah aja kamu pakai kerja (asal nggak di bumn dan PNS lho ya) via d3t543lkaz1xy.cloudfront.net

Padankan overall dengan kemeja semi-formal atau sheer blouse, tambahkan dengan high heels, selamat mengikuti acara formal. Nggak selalu berbahan denim, kamu bisa gunakan overall berbahan katun atau twill, atau overall berbahaan kulit bahkan. Kamu bisa terlihat lebih dewasa.

6. Kalau kamu ingin mendapat kesan anggun dan feminin, pilih overall model dress aja deh yaa…

begini mah kamu bisa party

begini mah kamu bisa party via dressometry.s3.amazonaws.com

Overall tak melulu memiliki model celana panjang atau celana pendek saja. Kini ada baju overall dengan model dress. Dijamin, overall model ini akan membuat pemakainya terlihat lebih anggun dan dewasa. Selanjutnya tinggal deh kamu gunakan make up sesuai kepentingan acara. Kalau cuma mau jalan ke mall bisa make up natural aja, agak tebel bolehlah kalau buat ngerayain ultah temen. Pun begitu dengan alas kakinya. Mau cewek banget tinggal pakai high heels, mau nggak ribet ya pakai sneakers. Sesederhana itu~

7. Terakhir, untuk kamu yang berhijab, overall juga bisa digunakan lho. Aneka ragam model overall pun bisa kamu padu padankan dengan inner dan jilbab kamu

yang ini nggak membentuk tubuh, kamu harus coba

yang ini nggak membentuk tubuh, kamu harus coba via images.detik.com

Overall denim bergambar di bagian tengahnya bisa kamu siasati dengan striped blouse misalnya. Overall bergambar akan memberi kesan ceria dan girly. Untuk kamu yang menyukai tampilan monokrom alias warna hitam, putih, dan abu-abu bisa memadukan overall hitam denganblouse striped hitam-putih. Corak polkadot juga bisa hadir sebagai penunjang penampilanmu. Ada satu lagi, overall dengan potongan celana palazzo akan membuatmu lebih modis dan tidak membentuk tubuh. Kenakan kerudung seirama supaya penampilan terlihat lebih seimbang.

Jadi gimana? Sudah menemukan inspirasi untuk overall yang selama ini hanya terlipat rapi di dalam lemarimu? Ahh kata siapa itu kuno, justru kamu bisa menyiasati dengan ragam padu padan supaya makin stylish dan kekinian. Selamat mix and match!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya