Dian Sastrowardoyo Dukung Kebaya Diakui Unesco. Intip Koleksi Kebayanya, Ada yang Harga 25 Ribu!

Di zaman modern ini tren busana memang berkembang cukup pesat. Busana tradisional kini hanya dikenakan untuk momen-momen tertentu, misalnya saja kebaya. Busana tradisional perempuan Jawa ini tentu menyimpan nilai budaya yang jika nggak dilestarikan bisa hilang tergerus oleh zaman. Tampaknya hal ini sudah disadari lebih jauh oleh aktris kenamaan Dian Sastrowardoyo.

Advertisement

Baru-baru ini, melalui unggahan foto di media sosial Instagram Dian memang kerap mengunggah foto mengenakan kebaya. Dian ternyata sedang berupaya mendukung upaya pendaftaran kebaya sebagai warisan budaya ke  UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization), loh.

Potret cantiknya berkebaya di berbagai momen baik resmi maupun santai pun mencuri perhatian. Yuk, intip koleksi kebaya Dian Sastrowardoyo yang katanya ada yang harga Rp 25.000 dan gimana caranya styling kebaya murah biar tetap anggun!

Kebaya ala cewek kue favorit Dian yang harganya sekitar Rp 25.000 dan selendangnya Rp 7.500

Dian Sastrowardoyo berkebaya

Kebaya ala cewek kue | Foto dari Instagram @therealdisastr

Melalui sebuah wawancara saat konferensi pers gerakan Kebaya Goes to UNESCO, Dian mengungkap jika ia sangat senang memadu warna kebaya dengan selendang dan kain jarik. Seperti kebaya yang ia kenakan ini, Dian menyebutnya gaya cewek kue versi nusantara.

Advertisement

Dian mengenakan kebaya hijau olive, atau hijau kekuning-kuningan, dipadu dengan selendang merah mudah terang, dan kain jarik motif songket dan batik warna marun, gold, dan biru terang. Sebagai aktris papan atas, Dian nggak malu mengakui harga kebayanya yang murah meriah, loh.

“Kalau boleh saya bocorkan, ini selendang harganya 7.500 atau 15.000 ya, tergantung vendor yang dipilih. Kebaya ini yang saya pakai harganya ada yang 25.000 ada yang 30.000,” ungkap Dian, dinukil dari  Liputan 6.

Kebaya brokat putih dipadu dengan jarik cokelat dan selendang ungu, tetap kalem dan elegan

Dian Sastrowardoyo berkebaya

Kebaya putih | Foto dari Instagram @therealdisastr

Selain gaya ala cewek kue, Dian juga senang memadukan kebaya warna netral misalnya putih dengan jarik warna dasar. Dian menyarankan gaya ini sangat cocok dipakai oleh siapa saja yang ingin mulai berlatih berkebaya. Untuk melengkapi penampilan, Dian memilih selendang ungu untuk menambah kesan elegan.

Advertisement

Kebaya brokat hitam dipadu dengan jarik cokelat dan selendang tosca, alternatif warna netral untuk pemula

Dian Sastrowardoyo berkebaya

Kebaya hitam | Foto dari Instagram @therealdisastr

Selain kebaya putih, kamu juga bisa memilih kebaya hitam seperti Dian. Ia memilih jarik cokelat yang memiliki sedikit corak hitam, kemudian dipadu dengan selendang tosca. Dian juga menyarankan warna ini bisa dipakai pemula yang belum berani memadu warna-warna terang.

Gaya berkebaya dua warna kontras membuat penampilan nggak berlebihan

Dian Sastrowardoyo berkebaya

Kebaya cokelat | Foto dari Instagram @therealdisastr

Dalam memadukan kebaya, seringkali orang merasa penampilannya berlebihan, apalagi kebaya brokat dan kain jarik. Untuk menyiasati ini, Dian punya cara dengan memilih dua warna kontras saja. Misalnya dalam foto ini, Dian mengenakan kebaya brokat cokelat seperti kain jariknya. Kemudian ia mengenakan selendang di bagian perut motif jumputan yang satu warna dengan selendang sifon di bahu.

Kebaya nuansa pastel yang santai untuk hangout ala Dian dengan dipadukan dengan sandal atau sneakers

Dian Sastrowardoyo berkebaya

Kebaya pastel | Foto dari Instagram @therealdisastr

Dian mengakui kalau ia ingin kebaya bisa dipakai di berbagai suasana, nggak harus formal. Namun, karena saat ini kebaya memang identik dengan busana formal, Dian punya cara nih untuk menyiasatinya, yakni dengan memadukan kebaya dan jarik dengan sandal dan sneakers.

Seperti pada potret Dian satu ini, ia tampak anggun dengan kebaya tunik nuansa pastel pink, jarik pastel ungu, abu-abu, biru, dan sling bag kuning pastel yang kemudian dipadu dengan sepatu sandal putih corak pink dan biru.

Kebaya lengan pendek dipadu dengan jarik tiga per empat untuk suasana semi formal

Dian Sastrowardoyo berkebaya

Kebaya lengat pendek | Foto dari Instagram @therealdisastr

Buat kamu yang nggak suka kebaya legan panjang, Dian punya referensi model kebaya kutubaru lengan pendek nih. Di bagian perutnya ada tali yang bisa diikat kedepan. Kebaya ini dipadukan dengan jarik cokelat terang. Nah, supaya nggak terlalu formal, kamu bisa memilih sepatu santai, seperti flat shoes. Menurut Dian, sepatu hak tinggi justru membuat kita merasa harus menjaga sikap supaya anggun, jadi membuat kebaya sangat terkesan formal.

Kebaya encim nuansa putih super santai cocok untuk dipakai sehari-hari di rumah

Dian Sastrowardoyo berkebaya

Kebaya encim | Foto dari Instagram @therealdisastr

Dian sepertinya benar-benar membuktikan bahwa kebaya bisa dikenakan untuk berbagai suasana. Seperti potret saat ia mengenakan kebaya encim putih ini. Dian memadukan kebaya itu dengan rok putih bermotif dan sandal jepit putih polos ala rumahan.

Kebaya sifon motif bunga-bunga ini bisa jadi pilihan untuk berkebaya di momen santai

Dian Sastrowardoyo berkebaya

Kebaya sifon | Foto dari Instagram @therealdisastr

Koleksi kebaya Dian nggak hanya brokat dan encim saja kok. Dian mengaku jika ia memiliki koleksi kebaya pribadi sekitar satu lusin. Ada kebaya sifon model kutubaru warna pink dengan motif bunga warna tosca dan kuning. Ia mengenakan kebaya ini dengan korset dan kain jarik sebagai bawahannya.

Dengan berbagi pengalaman padu padan kebaya dan membeberkan harga kebaya yang biasa ia pakai, Dian berharap perempuan Indonesia juga turut pendukung upaya pendaftaran kebaya ke UNESCO yang sedang ia gaungkan ini. Bagi Dian, kebaya bukan sekadar busana tradisional masa lalu, tapi juga masa depan karena mengandung nilai budaya sebagai identitas perempuan Indonesia di Jawa khususnya.

Apakah SoHip senang berkebaya juga, seperti Dian? Yuk, coba cara padu padan warna dan styling kebaya ala Dian ini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE