Trik Khusus Bikin Maskara Tak Cepat Menggumpal. Bikin Produk Lebih Awet dan Lentiknya Maksimal

Maskara cepat menggumpal

Terlihat cantik dan menarik merupakan impian banyak perempuan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menunjangnya dengan polesan make-upMeski kecantikan bukan berdasarkan fisik semata, melakukan perawatan hingga bersolek pun tak ada salahnya, justru tak sedikit yang merasa hal tersebut lebih menambah percaya diri untuk mengekspresikan sesuatu.

Advertisement

Nah kalau bicara soal makeup, belum lengkap rasanya kalau nggak ngomongin soal riasan mata. Mulai dari eyeshadow, eyeliner, eyebrow product, hingga maskara yang mampu mempertajam tampilan seseorang. Meski demikian, dalam penerapannya bisa dibilang gampang-gampang susah, ya. Pasalnya beberapa produk seperti maskara ketika dipakai mudah sekali untuk menggumpal, yang akhirnya bikin tampilan mata jadi berantakan. Sebenarnya apa sih penyebab hingga cara mengatasinya? Yuk langsung simak ulasan di bawah ini.

1. Maskara akan cepat menggumpal kalau kamu terlalu banyak mengambil produk di kuasnya. Usahakan secukupnya saja ya~

Perhatikan saat mengambil produk maskara | Credit: Stux Pixabay

Siapa sih yang nggak mau bulu matanya lentik dan tebal? Jawabannya pasti semua orang. Lantas kamu pun gunakan maskara sebagai produk unggulan pada area mata.Tanpa sadar, kamu kerap kali mengambil cairan di maskara dalam jumlah yang banyak. Hal itu justru membuat maskara mudah menggumpal. Sebaiknya dari awal ambil secukupnya saja kemudian gunakan secepat mungkin, jangan biarkan produk terlalu lama terbuka.

2. Memompa maskara berulang kali bikin cairannya cepat menggumpal. Cara terbaik bisa digoyangkan sebelum aplikator digunakan

Hindari memompa maskara berulang kali | Credit: pxhere.com

Kebiasaan yang tanpa di sadari sering dilakukan, yakni memompa maskara berulang kali dengan harapan cairan mampu menempel lebih banyak. Ternyata memasukkan dan mengeluarkan aplikator terus menerus justru bikin maskara jadi cepat kering dan sangat kental, lo. Nah daripada memompanya, alternatif lain bisa dengan cara digoyangkan dahulu. Cara ini pun dinilai lebih praktis dan nggak membuat wadah maskara jadi berantakan. Bisa langsung dipraktikkan~

Advertisement

3. Gumpalan maskara bisa diminimalisir dengan penggunaan primer. Selain bikin warna maskara keluar, beberapa produk menawarkan nutrisi yang bikin bulu mata lentik alami

Gunkan primer supaya tak menggumpal | Credit: Flickr

Banyak pertanyaan kenapa usai dipakai maskara cepat sekali menggumpal? jawabannya bisa karena tak menggunakan primer. Primer bukan hanya untuk wajah atau kelopak mata. Fungsinya supaya bulu mata semakin lentik sekaligus perawatan alami. Primer ini yang membuat bulu matamu lembap dan kecil kemungkinan maskara akan menggumpal. Sekarang ini ada juga primer yang bersifat anti air, sehingga maskara lebih tahan lama dan nggak luntur, meski kualitas maskaranya biasa saja.

4. Jika maskara sudah terlanjur menggumpal, kamu bisa merendamnya dengan air hangat setidaknya 5-10 menit

Rendam gunakan air hangat | Credit: Caroline Attwood on Unsplash

Merendam produk maskara bisa menjadi cara lain untuk membuatnya tak menggumpal. Kamu hanya perlu merendam tabung maskara ke dalam wadah atau gelas yang berisikan air hangat. Rendam maskara setidaknya 5-10 menit. Ingat jangan menggunakan air terlalu panas. Hal ini memungkinkan tabung maskara menjadi rusak atau bocor. Dianjurkan menggunakan air hangat dengan perendaman selama 2-3 kali.

5. Seringkali digunakan untuk mencairkan maskara yang menggumpal, obat tetes mata bisa dijadikan pilihan yang tepat

Obat tetes mata bantu mencairkan | Credit: PxHere

Obat tetes mata jadi pilihan yang tepat untuk mencairkan kembali bulu mata yang menggumpal. Namun, perlu diingat cara ini bisa dilakukan jika produknya belum mencapai kedaluwarsa. Cara menggunakannya pun mudah, kamu bisa menuangkan beberapa tetes hingga mendapatkan kekentalan maskara yang diingankan. Jika kamu memiliki mata dan kulit yang sensitif, penggunan obat tetes mata masih tergolong aman.

Advertisement

6. Alasan lain maskara menggumpal sebab produk sudah kedaluwarsa. Ingat, waktu penggunaan terbaik hanya tiga hingga empat bulan, lo

Perhatikan batas kedaluwarsanya | Credit: PxHere via pxhere.com

Maskara yang baik hanya digunakan untuk jangka waktu 3-4 bulan. Setelah melewati batas tersebut kemungkinn besar konsistensipun tak cair seperti semula. Maka sebaiknya selalu peerhatikan kapan batas waktu dari produk makeup yang digunakan, jika sudah melebihi, sebaiknya dibuang karena bisa menjadi sarang kuman. Untuk penggunaan harian, kamu perlu perhatikan saat menutup kemasan, jangan dipompa berulang kali dan simpan pada suhu ruangan.

Itulah alasan produk maskara cepat menggumpal beserta cara yang aman untuk mengatasinya. Sebelum batas kedaluwarsa, sebenarnya maskara yang kental masih bisa untuk diakali. Untuk itu perlu perhatikan batas akhir pemakaiannya supaya tak berdampak buruk pada bulu matamu. Semoga informasinya bermanfaat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE