Bukan hanya outfit yang dikenakan, riasan wajah juga punya peranan penting buat menunjang penampilan para cewek. Selain bedak dan riasan mata, dandanan kamu nggak akan terlihat sempurna jika tanpa polesan perona bibir yang tepat.

Produk kecantikan untuk bibir saat ini sangat beragam. Jika dulu kita hanya mengenal lipstik dan lip balm, kini ada lip cream yang mulai banyak penggemarnya. Selain tiga produk yang disebutkan tadi, masih ada produk lainnya seperti lip butter, lip gloss, lip tint, dan lip liner yang memiliki fungsi, bahan, dan tekstur berbeda. Biar kamu nggak salah mengenakan dan sesuai fungsinya, simak penjelasan tentang 6 produk ini yuk!

1. Jika kamu biasa menggunakan lip balm untuk melembapkan bibir kering, lip butter juga bisa kamu andalkan, lho!

lip butter via hbymaia.com

Advertisement

Selama ini mungkin kamu berpikir kalau lip balm merupakan ‘obat’ kala bibir sedang pecah-pecah. Nggak salah memang, karena kenyataannya lip balm memang diperuntukkan untuk mengatasi masalah bibir kering. Lip balm biasanya mengandung vitamin E dan SPF agar kelembapan bibir terjaga dan terlindungi dari sinar matahari. Setelah memoleskan lip balm, maka lapisan baru di atas permukaan kulit bibir akan terbentuk.

Sedangkan lip butter mengandung minyak yang lebih banyak dibanding lip balm. Hal ini membuat tekstur pada lip butter mirip seperti mentega. Jika kamu ingin mengetahui bibir keringmu lebih cocok diatasi menggunakan lip balm atau lip butter, tak ada salahnya dicoba keduanya.

2. Kalau kamu ingin membuat bibir cantik dengan efek penuh kilauan, silakan pilih lip gloss yang juga bisa memberikan warna dan kelembapan

lip gloss via footage.framepool.com

Kadang, kamu malas mengenakan lip balm atau lip butter lantaran tak memberikan warna dan efek kilau yang signifikan pada bibir. Untuk itu, kamu bisa memilih lip gloss yang mampu membuat bibirmu tampak bercahaya. Apalagi lip gloss sudah banyak varian warnanya, sehingga bikin tampilan bibirmu tak lagi membosankan. Kandungan minyaknya yang tinggi bisa menjaga kelembapan bibir, walau nggak seampuh lip balm atau lip butter karena mengandung bahan-bahan tambahan lainnya.

Advertisement

Lip gloss seringkali digunakan sekadar untuk mengilaukan bibir, maka kamu bisa kenakan lipstik terlebih dahulu sebelum menggunakan lip gloss. Jika tidak, maka kamu bisa gunakan lip balm terlebih dahulu sebelum lip gloss supaya kelembapannya benar-benar terjaga.

3. Lipstik adalah prosuk perona bibir yang biasa digunakan untuk menunjukan sisi dewasamu. Warnanya yang banyak tersedia bikin kamu nggak bosan memakainya

Ketika usiamu sudah dewasa, biasanya kamu akan beralih menggunakan lipstik. Perona bibir yang tersedia banyak warna ini tentu memudahkanmu menentukan pilihan. Teksturnya yang lebih padat akibat kandungan minyaknya yang nggak banyak bikin bibirmu jadi tampak lebih penuh atau berisi. Warnanya pun akan terlihat lebih pekat di bibir, sehingga pemilihan warna yang tepat membuat bibirmu tampak seksi. Terlebih kehadiran lipstik matte yang kini kian banyak penggemarnya.

4. Sering makan dan minum membuat lipstik cepat hilang. Kamu bisa pilih lip tint untuk mengatasinya

lip tint via www.jeanmilka.com

Solusi buat kamu yang suka makan dan minum, lalu malas memoleskan lipstik, bisa gunakan lip tint. Teksturnya yang lebih cair karena berasal dari air, gel, dan alkohol ini bikin bibirmu jadi cepat kering. Meski begitu, lip tint lebih tahan lama dibanding lipstik. Solusinya, kamu bisa memoleskan lip balm atau lip butter terlebih dahulu sebelum lip tint, ya.

5. Satu lagi yang sedang nge-hits adalah lip cream dengan tekstur yang creamy dan nggak berat di bibir

lip cream via www.makeupalley.com

Beberapa waktu belakangan ini lip cream memang sukses mengambil hati para cewek. Apapun mereknya, nampaknya lip cream selalu jadi incaran cewek-cewek untuk mempercantik bibir mereka. Warnanya yang beragam dan teksturnya lebih kental atau creamy terasa ringan di bibir. Berbeda dengan lipstik yang lebih padat dan bikin bibir terasa berat.

6. Terakhir, ada lip liner yang sering kamu pikir pensil alis. Kegunaannya bukan untuk mewarnai bibir lho, melainkan membingkai bibir

lip liner via lionesse.net

Jika kamu suka belepotan saat memakai perona bibir, lip liner bisa mengantisipasinya. Fungsinya memang untuk membingkai bibir, yakni sepanjang garis bibir sehingga tak ada lagi lipstik yang melewati garis batas. Lip liner juga mempertegas bentuk bibir sehingga bibirmu akan tampak lebih seksi dan menggoda. Namun, hal itu berlaku jika kamu tak salah memilih warna lip liner, ya.

Perhatikan saat lipstik sudah luntur dan masih ada garis-garis lip liner yang membekas. Kamu bisa poleskan lagi lipstik secara tipis sesuai warna lip liner.

Produk untuk membuat bibir tampak cantik kian beragam. Oleh karena itu, kamu nggak boleh sembarang memilihnya. Usahakan ketika memakainya, sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan bibirmu. Semoga membantu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya