Semenjak dipopulerkan desainer cantik Dian Pelangi beberapa tahun yang lalu, pamor kain songket kini makin mendunia. Kain khas Melayu dan Indonesia ini pun kini telah banyak diminati kaum hawa sebagai busana wajib, dari mulai santai sampai ke acara resmi seperti kondangan atau pesta. Tidak hanya motifnya saja yang menyegarkan mata, kain songket dipilih karena kesan sederhana dan kecintaan kita kepada budaya Indonesia.

Nggak usah penasaran berkepanjangan, yuk simak padu padannya versi Hipwee Style di bawah ini!

1. Bukan lagi motif-motif gelap nan usang, kini rok songket sudah berinovasi ke warna-warna cerah nan ceria

kain songket cerah ceria

kain songket cerah ceria via affordorable.com

Advertisement

Sama halnya dengan motif-motif batik yang kini makin bervariasi, kain songket modern pun tak kalah menarik dengan tonjolan wana-warna cerahnya. Apalagi jika dikenakan para kawula muda, demi menunjang segala macam penampilannya. Untuk atasannya, kamu juga tak perlu ragu lagi untuk memadukannya. Cukup pilih warna yang sesuai dengan motif kain songektnya, lalu cocokkan dengan salah satu aksennya. Pasti kece, deh!

Beginilah detail rok songket berwarna cerah yang kian digemari ~

ini nih detailnya...

ini nih detailnya… via affordorbale.com

Bagus banget, ya? Kamu kapan mau coba?

2. Bagi yang tidak berhijab, mini skirt songket ini juga layak buat diperjuangkan!

nih buat yang nggak berhijab

nih buat yang nggak berhijab via clozette.co.id

Bukannya kurang sopan atau apa. Pakai mini skirt bermotif songket ini sesekali itu nggak apa-apa, asalkan masih sesuai dengan norma. Misalnya, saat kamu ke kantor atau kondangan, ada baiknya lah kamu tambahkan blazer atau kemeja formal supaya tetap sopan. Jangan cuma asal dan gaya-gayaan saja.

3. Pergi ke acara-acara resmi juga nggak perlu pusing lagi. Ada kemeja songket yang elegan dan bikin adem di hati

blouse elegan songket

blouse elegan songket via minimalace.com

Advertisement

Hampir sama dengan potongan kebaya yang biasa kamu pakai buat wisuda, kemeja songket buat yang berhijab ini juga nggak kalah bagus ketika kamu pakai ke acara-acara formal. Nggak cuma kondangan atau pesta, saat lamaran atau foto session bersama pasangan pun akan lebih menawan dengan kemeja motif songket ini.

Wiiih, ada warna lainnya yang lebih cerah nih

versi warna cerahnya

versi warna cerahnya via minimalace.com

Yang begini nih, wajib banget kamu jadiin referensi!

4. Nah, saat kamu malas atau gerah pakai kemeja, akali dengan blazer bermotif songket saja ~

blazer songket, oke juga!

blazer songket, oke juga! via pinterest.com

Tak peduli seperti apapun bentuk badanmu, blazer songket ini akan menampilkan aura positifmu dalam sekejap. Yaaaah, meskipun sudah banyak kaum hawa yang membeli dan mengenakannya, kamu tetap bisa percaya diri ketika ke kantor atau kampus kalau motif songketnya sesuai, kok.

Intinya, hindari motif-motif yang didominasi warna cerah, biar nggak bejibun yang nyamain.

Gini nih versi hijabnya…

blazer songket buat yang berhijab @dianpelangi

blazer songket buat yang berhijab @dianpelangi via instagram.com

Karena kamu berhijab, buat ukuran blazernya lebih lebar dan panjang ya. Ingat, cantik itu nggak harus norak apalagi maksain gaya!

5. Kalau mau lebih santai juga nggak apa-apa, karena ada celana kulot motif songket yang simpel tapi anti mainstream

kalau mau santai, pakai celana kulot ini aja

kalau mau santai, pakai celana kulot ini aja via hellouluwala.blogspot.com

Jangan kaget atau terkejut dulu. Celana kulot dari kain songket ini memang belum banyak dipasaran, supaya kamu makin penasaran. Hehe… Anyway, nggak cuma blazer, kemeja atau longdress saja kok yang cocok dibuat dari kain songket, bahkan celana santai seperti kulot ini pun bisa.

Biar nggak aneh dan meminimalsir kegagalan, pilih kain songket berwarna gelap saja ya, Ladies.

6. Sedikit lebih formal dari biasanya dengan outer motif songket tradisional, yuk!

what? vest motif songket? @zaskiaasyamecca

what? vest motif songket? @zaskiaasyamecca via instagram.com

Sedikit mengadaptasi gaya berhijab Zaskia Adya Mecca yang chic dan modern dengan outer songket, kamu juga bisa bergaya demikian tanpa keluar banyak uang. Buru saja kain-kain songket biasa di toko-toko kain, lalu jahit sesuai bentuk dan ukuran yang kamu inginkan. Dengan begitu, ke kampus atau hangout bersama teman takkan lagi membosankan, karena ada outer songket yang membedakan.

7. Dengan longdress songket dan satin ini, ke kondangan, pesta sampai lamaran akan semakin berkesan

ke kondangan atau pesta bukan masalah lagi

ke kondangan atau pesta bukan masalah lagi via minimalace.com

Mungkin kamu sering melihat, bahwa ada banyak Mbak-mbak di luar sana yang mengenakan longdress songket yang dikombinasikan dengan kain satin. Bukan untuk sembarang acara, longdress ini biasanya dipakai saat ke kondangan atau pesta, bahkan lamaran.

Kesan anggun nan elegan yang ditonjolkan padu padan songket satu ini memang sangat Hipwee Style rekomendasikan, karena takkan gagal memaksimalkan penampilan.

Berhijab atau tidak, longdress ini tetap cocok ‘kok untuk kamu kenakan.

8. Kabar gembiranya, ternyata motif songket pun bisa kamu bikin jadi setelan kece nan feminin juga

ada setelannya juga!

ada setelannya juga! via pinterest.com

Jika kamu punya cukup waktu dan budget, coba deh bikin setelan dari kain songket yang dipadukan dengan kain katun berwarna putih. Dijamin, penampilanmu akan semakin oke dan modern, karena keberanianmu untuk unjuk gigi dengan motif songket. Pssst, teknik semacam ini biasanya hanya dipraktikkan para desainer saja lho…

Cantik-cantik ‘kan padu padannya? Gih buruan colek si Abang, supaya besok kamu dibeliin baju-baju model beginian 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya