Mengenal Preppy Style, Busana Khas Mahasiswa Amerika Jadul yang Pas Banget Buat Kuliah

preppy style adalah

Preppy style? Apa itu?

Advertisement

Tak terasa sudah dua tahun kita hidup di masa pandemi, pastinya sudah ada beberapa dari SoHip yang mulai beraktivitas secara tatap muka. Harus mulai mikir baju lagi, maka nggak ada salahnya kita kenalan dengan preppy style. Preppy style sendiri identik dengan kesan rapi, sopan dan elegan yang cocok untuk kuliah atau bekerja.

Konon disebutkan bahwa style ini berasal dari para pelajar Amerika yang melakukan persiapan diri untuk masuk universitas. Selanjutnya peppy looks mulai menjadi tren bahkan menjadi salah satu style yang diakui hingga hari ini.

Terinspirasi dari busana pelajar elit di masa lalu, preppy style diadopsi menjadi gaya yang bisa digunakan oleh siapa saja

Preppy zaman dahulu / credit: Getty Image

Para pelajar dari sekolah elit di New England banyak masuk ke sekolah khusus untuk mempersiapkan masuk ke universitas bergengsi seperti Ivy League. Gaya pelajar menengah keatas tersebut yang selanjutnya menjadi perhatian dalam dunia fesyen. Preppy sendiri diambil dari kata pre-college dan preparatory. 

Advertisement

Dilansir dari Sammydvintage Lisa Brinbach menuliskan ide untuk mengadopsi gaya tersebut pada bukunya Official Preppy Handbook yang terbit pada 1980. Ia menegaskan fashion preppy yang identik dengan busana formal atau seragam yang nyaman dan bisa digunakan sehari-hari. Sesuai dengan latar belakangnya, fashion preppy melambangkan kecerdasan, prestisius dan penuh keanggunan.

Preppy looks tentu semakin berkembang dan digunakan untuk berbagai kegiatan

Style preppy and sporty/ Credit: pinterest

Preppy diibaratkan sebagai style “pemuda elit” yang sanggup membeli pakaian mahal dari bahan terbaik. Banyak dari mahasiswa universitas bergengsi seperti Harvard, Yale, dan Princeton yang menggunakan gaya ini bahkan sejak 1912.

Keunikan lainnya yang tertulis pada graziadaily.co.uk, style ini pada tahun 1950-1980 banyak dipengaruhi oleh fashion sporty. Sehingga gaya preppy banyak dihinakan pada pakaian kasual dan juga olah raga.  Olah raga yang sering dikaitkan dengan gaya ini yakni berkuda, berlayar, golf dan lain sebagainya.

Advertisement

Sweater, vest rajut, outer berperan penting untuk membuat penampilan kamu menjadi lebih preppy

Sweater rajut/ credit: Pinterest

Gaya ini cukup identik dengan paduan antara kemeja polos dan sweater atau vest yang berleher V hingga outer lain. Bagi perempuan, penampilan preppy juga bisa didapat dengan menambahkan pita pada bagian depan kemeja.

Tampilan preppy lainnya bisa berupa padu padan turtleneck atau kaos dengan blazer atau outer yang berwarna netral seperti hitam, putih, coklat. Tentunya dengan pakaian seperti itu akan membuat kesan formal, dan elegan. Untuk menambah warna kamu bisa memasukkan warna yang  bold sebagai hint dalam tampilanmu.

Bawahan juga tak boleh ketinggalan, bagi perempuan penampilan preppy akan semakin sempurna dengan menggunakan rok

Rok kotak-kotak untuk preppy looks/ cedit: pinterest

Bagi perempuan, padu padan rok berwarna netral atau bermotif kotak-kotak bisa memperkuat preppy looks kamu. Banyak motif yang bisa dipilih, namun motif plaid biasanya paling banyak dipilih untuk style preppy. 

Untuk bawahan, baik perempuan atau laki-laki bisa menggunakan celana panjang chino. Warna yang dipilih pun tidak jauh-jauh dari hitam atau cokelat. Mau pakai celana pendek juga boleh kok, biasanya tetap menggunakan warna-warna netral.

Terakhir, untuk sepatu maka bisa gunakan sepatu yang terkesan formal namun tetap nyaman

Sepatu loafers/ credit: pinterest

Kamu bisa mengenakan sepatu model loafers untuk kesan preppy yang formal dan elegan namun tetap santai. Bisa juga mengenakan sepatu oxford yang membuat kesan rapi dan formal. Pastikan gunakan sepatu yang berwarna kalem ya, SoHip.

Sebenarnya preppy bisa diartikan lebih dari sekadar fashion, namun juga gaya hidup. Gaya hidup preppy mengharuskan kamu untuk hidup berpendidikan, sopan dan juga tepat waktu. Ibaratnya sikap dan pakaian yang akan berbicara mengenai status kamu~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE