7 Rekomendasi Sunscreen Remaja, No Kusam-Kusam Club!

Memiliki wajah yang sehat dimulai dari menjaga perawatan secara rutin, terlebih ketika masih remaja yang memiliki rutinitas yang sering di luar rumah. Terlalu sering terpapar dari sinar matahari akan membuat kulit menjadi kering, kusam dan karena masih remaja produktivitas tinggi, sering berminyak. Bahkan, bisa menyebabkan kulit seperti terbakar hingga menyebabkan penyakit kulit, loh.

Advertisement

Maka dari itu penting banget nih untuk selalu pakai sunscreen setiap hari, supaya kulit terlindungi dari paparan sinar UV (Ultra Violet). Namun, seringkali kandungan sunscreen yang terlalu berat bisa membuat kulit kusam saat digunakan remaja. Seringnya juga karena pengaruh hormon pertumbuhan di remaja yang meningkat, tidak jarang diserang dengan jerawat. Kulit remaja yang rentan iritasi jika sering terkena sinar UV.

Berikut ini, Hipwee punya rekomendasi sunscreen untuk remaja yang bisa jadi pilihan untuk melindungi kulitmu, yuk simak ulasannya!

1. Emina Skin Buddy Sun Protection

Emina Sunscreen cocok untuk remaja

Sunscreen Emina | credit: instagram @eminacosmetics

Sunscreen yang satu ini cocok banget untuk remaja atau yang masih pemula dalam menggunakan perawatan wajah, karena kandungan alkohol yang 0%, tidak ada kandungan merkurinya. Selain itu Skin Buddy memiliki SPF30 PA+++ yang cocok banget melindungi kulit dari sinar matahari.

Advertisement

Tekstur dari sunscreen ini sangat ringan, tidak lengket di kulit dan cepat menyerap. Mengandung calendula extract yang cocok untuk menjaga kelembapan sehingga kulitnya anti kering. Produk dari Emina ini sudah teruji klinis, karena bahannya juga aman untuk kulit remaja dan halal. Ada tiga macam sunscreen emina.

Yang pertama untuk kulit yang kering, bruntusan dan sensitif bisa menggunakan Skin Buddy Sun protection SPF 30 PA+++. Kemudian sunscreen yang biasa digunakan di rumah untuk kulit yang normal, cocok untuk semua jenis kulit yaitu Emina Sun Battle SPF 30 PA+++.

Jenis Sunscreen untuk remaja yang suka keluar rumah, atau sedang liburan cocok menggunakan Emina Sun Battle SPF 45 PA+++. Harga Emina Suncreen dibandrol senilai Rp. 14.000- Rp. 40.000. Harga yang murah dan cocok untuk pelajar. Jadi, harus sedia banget sunscreen sebagai pelindung kulit dari paparan sinar UV secara langsung.

Advertisement

2. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

Sunscreen Azarine

Sunscreen Azarine| credit: instagram @Azarinecosmeticofficial

Pilihan sunscreen untuk remaja yang memasuki usia pubertas dan sering berminyak, komedo dan sensitif adalah Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel. Teksturnya yang creamy, dingin di wajah, sensasi kesegaran terasa. Selain itu cocok banget bagi remaja yang tidak terbiasa menggunakan bedak.

Jadi setelah cuci muka beri tabir surya, sudah aman kulit dari paparan sinar UV yang bisa mengusamkan kulit. Sunscreen ini cocok untuk remaja yang aktivitas luar ruangan lebih banyak, misalnya suka kegiatan ekstrakulikuler olahraga yang terpapar langsung dengan sinar matahari yang menyengat. Nah, sunscreen ini memang memiliki total SPF yang cukup tinggi namun bisa menjaga keadaan kulit untuk tetap segar dan terhidrasi.

Ada carian sunscreen mist untuk yang menggunakan make-up, untuk acara tertentu seperti kelulusan sekolah yang menggunakan make-up tebal Sunscree Mist bisa diaplikasikan di wajah setelah make-up. Kandungan alami yang digunakan seperti propolis, ekstrak lidah buaya, green tea dan delima. Bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB. Harganya sangat terjangkau untuk yang ukuran 50 ml 65.000 dan 37.000 untuk yang varian 30 ml.

3. Biore UV Fresh and Bright Kingdom

rekomendasi sunscreen remaja

Sunscreen Biore | Credit Instagram

Kulit glowing tidak terlepas dari bagaimana cara merawatnya, untuk remaja yang kulitnya kusam dan kering, butuh sering diberikan perlindungan dari suncreen. Nah, Biore UV ini selain melindungi dari paparan radiasi dan sinar UV, ternyata bisa mengembalikan pigmen kulit yang tidak merata.

Apalagi remaja yang aktivitasnya padat, sehingga kulitnya bisa belang. Biore UV ada varian terbaru, ada dua macam yaitu yaitu Oil Control Matte dan Instant Cover. Untuk Biore yang Oil Control Matte menyerap minyak yang ada di kulit, sehingga tampak bersinar. Sementara Biore UV yang Instant Cover untuk membuat kulit yang belang menjadi rata dan tampak glowing.

Suncreen ini juga bisa digunakan setelah menggunakan make-up, dengan cara ditepuk-tepuk sehingga make-up jadi lebih tahan lama dan tidak dempul. Kandungannya niaciamide aktif sehingga bisa mencerahkan kulit, tocopheryl acetate sebagai antidioksidan dan vitamin C, tocopherol yang sebagai pelembab kulit sehingga terlindungi dari sinar UVB, dan perlindungan 3 in UVcare.

Produk ini aman dari paraben, parfum dan no white cast. Tetapi produk ini cuma dikhususkan untuk remaja yang kulitnya sudah bermasalah. Untuk yang kulitnya normal gunakan Biore UV Aqua Rich yang teksturnya lebih ringan dan praktis. Harga Biore UV Fresh and Bright Rp. 28.500 dan Biore UV Aqua Rich Rp. 32.000

4. Carasun Solar Smart UV Protector

rekomendasi sunscreen remaja

Carasun Solar Smart UV Protector| credit: instagram @carasun.id

Ini merek sunscreen yang bersahabat untuk kulit anak-anak sampai remaja. Mulai anak usia 12 tahun ke atas, bisa menyamarkan kulit yang gelap karena terlalu sering bermain di luar rumah. Setelah melewati uji klinis, sunscreen ini sudah dibuktikan 97,8% bisa menangkal sinar UVB. Sunscreen ini memiliki 3 bahan utama avobenzone melindungi dari sinar UVA, octinoxate melindungi dari sinar UVB dan Isononyl Isononanoate sebagai pelembut kulit, pun unsur lainnya yang membuat sunscreen ini laris di pasaran.

Harganya pun tergantung dengan bentuk packaging untuk yang ukuran sachet dibandrol 17.000, ukuran 30 ml hanya Rp 69.000 dan yang ukuran besar cukup fantastik mengingat kandungan bahan aktifnya yang banyak Rp 137.500. Tapi jangan khawatir, bisa mencoba dari yang ukuran sachet. Carasun solar smart UV Protector SPF 45 PA+++ dibuat dengan teknologi.

5.  Acnes UV Tint

Acnes UV Tint

Acnes UV Tint | credit: instagram @acnesid

Tabir surya yang cocok untuk kulit remaja ini sangat populer karena bentuknya seperti lotion mengandung SPF 35 35 dan PA+++. Fungsi dari Acnes UV tint bisa untuk menyamarkan noda kulit, kandungan vitamin B6 dan vitamin E bisa membuat kulit lembap. Bagi remaja yang suka berkeringat ketika beraktivitas, sunscreen ini pun memiliki antibakteri yang bisa mengurangi pertumbuhan jerawat. Fungsi utama dari Acnes UV Tint tentu membuat kulit tidak gelap karena sinar UV.

Acnes UV Tint selain sebagai sunscreen yang bisa mengontrol kandungan minyak, menyamarkan kemerahan pada kulit, tidak gampang kusam, bisa juga sebagai makeup base. Karena suncreen yang harganya 45.000 ini sangat mudah di-blend. Cocok banget di bawa ke mana-mana karena ukurannya juga kecil, berat netto hanya 30 ml.

6. Nivea Sun Protect & White Serum SPF 50+

Nivea suncreen

Nivea suncreen | credit: instagram : @nivea_id

Bagi remaja yang ingin memiliki kulit sehat dan cerah, bisa menggunakan Nivea Sun Protect and White Serum SPF 50+. Kandungan dari produk ini bisa melindungi dari sinar UVA dan UVB agar terhindar dari kulit kusam, dan spot noda. Jika kulit remaja yang aktivitasnya lebih sering di luar rumah tanpa proteksi skincare seperti suncreen Nivea bisa membuat kulit mudah kering, berminyak atau berjerawat.

Nah, kandungan dari Sunsceen Nivea vitamin E, ada tambahannya white serum dengan SPF yang cukup tinggi yaitu 50+. Selain menutrisi kulit agar melembapkan, kandungan L-Carnitine mengurangi produksi minyak berlebih yang penyebab pemicu komedo dan jerawat. Ukurannya kecil dan memanjang dan harganya agak mahal Rp. 60.000 namun di marketplace officialnya sedang ada promo menjadi Rp.53.000

Ada dua macam varian:

  1. Nivea Sun Face Serum Instan Aura: Sebagai glowing booster, membuat cerah dan prokteksi ganda dari sinar UV, dan cocok untuk kulit normal.
  2. Nivea Sun Face Serum Oil Control: bisa mengontrol minyak yang berlebih di kulit, dobel proteksi dari sinar UV dan bebas dari jerawat bruntusan maupun komedo.

7. Cetaphil UVA/UVB Defence

Cetaphil UVA/UVB Defence 

Cetaphil UVA/UVB Defence  | credit: instagram @cetaphil_id

Bagi kulit remaja yang sensitif dan mudah perih ketika menggunakan produk kecantikan, tidak perlu khawatir karena ada sunscreen yang rekomended yaitu Cetaphil UVA/UVB Defence. Suncreen ini sangat cocok untuk treatment kulit yang bermasalah, terlebih kalau sudah iritasi. Solusi perlindugan dari sinar UVA maupun UVB. Sunscreen ini cocok untuk kulit badan maupun kulit muka.

Kelebihan sunscreen ini ada waterproof sehingga bila digunakan ketika berenang ia tidak mudah luntur. Kelebihan lainnya bagi yang kulitnya brutusan parah, sunscreen ini ampuh untuk menguranginya. Mencerahkan karena kandungannya SPF 50+ namun bikin noda putih. Harganya cukup mahal Rp. 330.00 namun kemasannya cukup besar 700 gr bisa awet penggunaannya.

SoHip itulah beberapa rekomendasi sunscreen yang cocok untuk kulit remaja dari yang kulitnya normal, berminyak sampai kulit sensitif. Sesuaikan jenis sunscreen dengan kulit wajahnya agar penggunaannya makin maksimal. Oh, iya penggunaan suncreen tidak hanya di luar rumah, di dalam rumah juga butuh. Terlebih kalau bekerja di depan laptop atau gadget yang ada paparan radiasi.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis dan fotografi

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE