Indonesia memiliki banyak sekali jenis pakaian & kerajinan kain tradisional yang hingga saat ini masih sering diberdayakan lho! Kita punya berbagai macam kebaya mulai dari kebaya encim, kebaya kutubaru, hingga kebaya bali. Kita juga punya banyak jenis kain tenun seperti songket, rangrang, dan tenun Timor.

Sebagai cewek Indonesia, tentunya kamu wajib bersyukur karena kamu jadi punya banyak pilihan pakaian untuk diapakai ketika kondangan, kan? Hari ini Hipwee Style khususnya ingin mengajakmu untuk melihat 10 Inspirasi padu padan kebaya dan kain tenun agar kamu terlihat cantik saat kondangan, baik sendiri maupun bersama pasangan. Cek yuk!

Gabungan antara kebaya Bali dan kain tenun rangrang memang tidak ada duanya. Kamu pun tampil penuh warna dan siap kondangan meskipun single.

tenun rangrang khas Bali via tenuna.blogspot.com

Tenun rangrang adalah salah satu kain tenun cantik nusantara yang berasal dari Bali. Digabungkan dengan kebaya Bali, kamu pun mendapat padu padan klasik khas Bali yang bisa kamu gunakan ke acara-acara spesial seperti kondangan. Warna yang terang dan saling tabrak seperti di atas terlihat cantik ya?

Advertisement

Untuk warna yang lebih kalem, padukan atasa kebaya bali brokat putih dengan kain rangrang merah muda. Kamu pun terlihat manis digandeng oleh Blimu…

brokat dan rangrang via www.inspirasikebaya.com

Tampilan yang satu ini cukup manis karena kebaya brokat putihnya terlihat lembut dipadukan dengan kain tenun rangrang pink. Tambahan ikat pinggang dan aksesoris zamrudnya pun menambahkan kecantikan yang lebih khas pulau dewata.

Nggak harus dengan kebaya Bali, ternyata kain tenun rangrang terlihat cantik dipadukan dengan kebaya kutubaru khas Jawa.

kutubaru rangrang via www.imgrum.net

Tanya deh teman-temanmu, pasangan orang Bali dan Jawa itu adalah pasangan yang selalu harmonis! Begitu juga dengan pasangan kebaya kutubaru khas Jawa dengan bawahan kain tenun rangrang Bali ini. Cantik kan?

Tampilan full kain tenun untuk kondangan? Kenapa nggak? Tunjukkan kecantikkan nusantaramu ketika kondangan!

Kebaya yang satu ini terbuat dari kain tenun, begitu juga dengan bawahannya. Sekilas mungkin tampilan di atas terlihat berlebih, mungkin karena pilihan warna hijabnya yang terlalu bertabrakan. Jika kamu ingin memakai padu padan serba tenun yang mirip seperti diatas, coba gunakan hijab hitam agar lebih masuk warnanya.

Atau biar tak terlalu ramai, padukan kebaya berbahan kain tenunmu dengan bawahan yang polos

kebaya tenun via wolipop.detik.com

Jika tampilan serba kain tenun terlihat terlalu ramai buatmu, padukan saja kebaya kain tenunmu dengan bawahan yang netral dan polos. Kamu pun terlihat cantik tanpa berlebihan, dan pastinya siap tengok sana tengok sini pas kondangan sendirian.

Tenun Maumere ikat asal Flores cocok banget deh dijadikan wrap skirt alias rok ikat. Kamu pun tampil mempesona bersama si Abang!

tenun maumere flores via femaledaily.com

Yang ini adalah tenun maumere asal Flores, cantik ya? Mereka cocok banget dijadikan rok ikat seperti gambar di atas. Karena mereka biasanya datang dengan warna yang gelap, padukan saja dengan warna-warna cerah yang senada dengan motif pada tenunnya. Kamu pun siap tampil menarik meskipun belum ada gandengannya!

Nggak ada yang bisa ngalahin kecantikan padu padan kebaya dan songket! Bagaikan kekasih asal Jawa dan Sumatra, padu padan ini terlihat serasi!

kebaya dan songket via instagram.com

Kebaya kutubaru dan bawahan songket memang terlihat sangat serasi, apalagi ketika kamu ingin tampil tradisional seperti di atas. Songketnya pun bisa dijadikan sebagai pengganti batik atau jarik. Padu padan antara warna putih dan coklat seperti di atas juga terlihat klasik namun tetap manis.

Untuk kamu yang berhijab, kebaya kutubaru dan songket pun bisa menjadi outfit yang sopan dan tertutup. Warna monokrom seperti di bawah ini juga cukup trendi untuk dipakai!

kebaya dan bawahan songket palembang via www.instagram.com

Jika kalian berhijab dan ingin tampil sopan dan tertutup saat kondangan, tentunya paduan antara kutubaru dan songket bisa menjadi pakaian yang pas buatmu. Agar lebih trendi dan chic, gunakan tren warna monokrom seperti di atas!

Atau kamu adalah cewek yang berani tampil seksi? Songketmu pun bisa dijadikan rok pensil mini yang imut dan menawan disandingkan dengan kebaya apapun!

bawahan songket pendek via wolipop.detik.com

Untuk kalian yang kekinian, mungkin kalian lebih suka kebaya yang bentuknya menyerupai cocktail dress atau gaun pesta. Jika begitu, kalian bisa merubah tenun songket kalian menjadi rok pensil mini seperti di atas. Padukan dengan kebaya apapun yang kalian suka, dan kalian pun siap menggandeng cowok baru seusai kondangan!

Ingin rok pendek tapi tak terlalu seksi? Rok model A-line selutut dari bahan songket ternyata cantik banget deh, apalagi dipadukan dengan kutubaru lengan pendek!

songket hijau via id.pinterest.com

Mungkin kalian tipe cewek yang nggak suka pakaian terlalu mini, tapi ngga pengan yang terlalu panjang juga. Kalau gitu, ubah saja songketmu menjadi rok model A-line yang selalu memberi tampilan memukau untuk cewek dengan bentuk badan apapun.

Masih bingung mau pakai apa ke kondangan teman? Nggak kan? Padukan saja kebaya jenis favoritmu dan juga kain tenun favoritmu. Kamu pun siap tampil memukau baik datang ke kondangan sebagai jomblowati ataupun takenwati.