Jika kamu mungkin sudah familiar dengan istilah sulam alis atau sulam bibir, beberapa bulan lalu muncul tren kecantikan bertajuk sulam bedak. Teknik sulam bedak atau yang bisa disebut sulam wajah ini disebut-sebut mampu membuat wajah tampak mulus dan licin layaknya pesohor Korea. Nggak hanya itu, berkat perawatan ini kamu nggak perlu repot-repot lagi harus pakai bedak lantaran wajah sudah otomatis ter-cover oleh serum yang diaplikasikan dalam proses perawatan nantinya.

Seperti apa ya teknik sulam bedak ini? Dan seberapa amankah untuk bisa diterapkan di wajah? Yuk, simak ulasan Hipwee Style berikut.

Berbeda dengan sulam alis dan sulam bibir, sulam bedak merupakan perawatan non bedah atau yang dikenal dengan sebutan Face BB Glow

Menggunakan teknik non bedah via www.avoskinbeauty.com

Advertisement

Beberapa orang mungkin mengira bahwa teknik sulam bedak ini mengadopsi teknik pengerjaan yang sama dengan sulam alis dan bibir. Di mana menggunakan jarum untuk menyuntikkan warna, membuatnya tampak seolah lebih tebal dengan hasil semi permanen. Namun sebenarnya, begini lho tahapannya…

  • Awalnya, wajah akan dibersihkan dengan cairan pembersih hingga 2 kali atau double cleansing untuk menghilangkan kotoran serta membuat kulit dan pori-pori wajah bersih sempurna. Hal ini dilakukan agar produk meresap dengan maksimal.
  • Setelah itu wajah diberi masker yang berfungsi untuk merelaksasi kulit. Biasanya menggunakan sheet mask.
  • Selanjutnya, akan ada proses anestesi lewat olesan untuk mengurangi sensasi nyeri saat jarum-jarum halus yang terpasang pada ujung Micro Needle Therapy System (MTS). Alat inilah yang akan membantu penyerapan serum ke pori-pori kulit.

MTS berupa rol jarum derma mikro dengan 100% skin colour ampoules berbahan alami, yang memberikan tampilan kulit cerah secara instan.

  • Lama kelamaan setruman tersebut berubah menjadi getaran kecil yang berasal dari ujung pena. Gerakan pena terasa membentuk lingkaran-lingkaran kecil di seluruh permukaan wajah. Sengaja dibuat begitu untuk memasukkan serum yang berwarna mirip alas bedak ke dalam kulit.

Proses perawatan sulam bedak hanya memakan waktu 1-2 jam saja. Sedang hasilnya bisa bertahan hingga 6 bulan bahkan lebih. Gileee~

Hasilnya akan terlihat dalam hitungan jam via www.soyouregettingmarried.com

Salah satu kelebihan sulam bedak ini adalah proses yang dibutuhkan cukup singkat, kamu cukup menunggu hingga 1-2 jam saja. Setelahnya, perawatan dilanjutkan dengan pembersihan dan masker wajah. Biasanya, hasil dari sulam bedak akan langsung terlihat setelah prosedur. Noda bekas jerawat dan noda hitam akan tersamar serta warna kulit lebih merata dan berkilau. Jika dilihat sekilas mirip kulit yang berminyak, namun ketika disentuh ternyata kilau wajah berasal dari efek kilau yang dihasilkan oleh serum yang diaplikasikan. Luar biasa lho!

Nggak hanya bikin wajah halus dan cerah, sulam bedak juga punya beberapa manfaat lainnya!

Punya manfaat menarik lainnya via shesintheglow.com

Advertisement

Selain bisa bikin wajah licin dan glowy, sulam bedak juga digadang-gadang memiliki beberapa manfaat lain yang menguntungkan kulit. Antara lain menyamarkan flek wajah, noda hitam, bekas jerawat, dan mencerahkan warna kulit. Selain itu, sulam bedak ini juga mampu mengatasi kerutan dan mengencangkan kulit wajah. Kandungan melanin dalam kulit sebelum dan sesudah paparan sinar ultraviolet juga akan dikurangi sehingga menghambat perubahan warna kulit. Dan yang paling menguntungkan, perawatan wajah ini nggak menyumbat pori-pori layaknya menggunakan foundation atau BB cream.

Pertanyaannya, aman nggak sih sulam bedak sebenarnya?

Masih jadi perdebatan via beritagar.id

Sulam bedak atau bahasa medisnya dikenal dengan sebutan BB Glow merupakan kecantikan non bedah yang bersifat permanen. Tujuan utama perawatan ini adalah untuk mencerahkan wajah secara merata seperti memakai bedak. Mengenai aman atau nggaknya teknik sulam bedak, sejauh ini masih menjadi perdebatan. Beberapa ahli kecantikan nggak menyarankan perawatan ini jika pasien nggak berani mengambil risiko, meski sebenarnya perawatan wajah asal Korea ini terbilang minim risiko. Baiknya, sebelum melakukan perawatan ini, lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli. Jika kamu sudah yakin, kamu bisa mendatangi klinik kecantikan untuk mendapat pengarahan lebih lanjut.

Meski menjanjikan hasil yang memuaskan, sayangnya perawatan ini belum banyak tersedia di Indonesia. Alasannya, karena belum banyak pula tenaga ahli yang bisa mengerjakan perawatan ini. Maka sebelum melakukan sulam bedak, pastikan bahwa tenaga ahli memiliki sertifikat khusus BB Glow Treatment, serta izin resmi dari pemerintah untuk alat dan bahan yang digunakan. Dengan begitu keamanan dan kesehatan kulit terjamin dengan maksimal.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya