“Kuliah di mana, Mbak?”

“Wah, ternyata udah punya anak… baby face ya, penampilannya juga kece.”

Perempuan mana yang nggak suka dipuji. Apalagi dipujinya persoalan wajah atau penampilan. Mempunyai wajah yang awet imutnya meski sudah berumur salah satu anugrah yang nggak dimiliki semua orang. Terlebih jika kamu rutin merawatnya, wah… udah pasti keremajaan wajahmu tetap terjaga dengan maksimal.

Namun, selain wajah, kamu juga bisa loh memiliki penampilan yang awet muda dari gaya berpakaian. Tampil menawan, elegan dan nampak lebih segar nggak hanya membuat percaya dirimu bertambah, tapi orang yang melihatmu pun pasti merasa senang dan nyaman.

1. Pakaian dengan warna-warna pastel nggak cuma memberi kesan lembut, tapi juga membuatmu terlihat lebih segar dan pastinya awet muda

Hijab pastel via www.clozette.co.id

Hal pertama yang harus kamu perhatikan itu, pemilihan warna pakaianmu. Perlu diketahui warna-warna gelap seperti coklat tua, hitam, merah marun yang sering kamu pilih memang paling jago membuat penampilan lebih seksi dan anggun. Tapi, warna-warna itu justru membuat kamu terlihat lebih berumur loh. Bertolak belang sekali dengan warna-warna pastel. Komposisi warna seperti hijau, biru atau pink yang muda nggak cuma memberi kesan lembut, tapi juga lebih segar. Belumlagi warna cerah pun dipercaya bisa memantulkan sinar ke kulit kamu, sehingga kulit kamu terutama bagian wajah terlihat lebih bersinar.

2. Pastikan ukuran bajumu slim fit, rokmu di bawah lutut dan ukuran celanamu jangan yang berpotongan longgar ya

Advertisement

atasan slim fit dan rok midi pastel via www.graceinstyle.com

Memakai pakaian yang ukurannya sesuai dengan bentuk tubuh pun mempengaruhi penampilanmu terlihat lebih muda. Untuk atasan atau baju, kamu harus memilih yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit, tapi pilih yang slim fit atau seimbang dengan bentuk tubuhmu. Sedangkan bawahan, untuk jenis rok kamu bisa memilih rok midi yang panjangannya dibawah lutut, agar penampilanmu tetap terkesan elegan. Lalu, untuk jenis celana kamu harus memilih yang ukurannya pas dengan kakimu, seperti

3. Motif hewan dan pop art bisa jadi pilihan, karena bisa membuat kamu terlihat lebih ceria

motif burung yang simpel

Bosan dengan penampilan polos, kamu juga masih bisa memakai pakaian bermotif. Hanya saja, kamu perlu memperhatikan motifnya. Motif seperti pop-art jadi pilihan pertama yang bisa membuat penampilamu lebih ceria. Lalu ada motif animal seperti leopard atau burung-burung, tapi pastikan motif dengan perpaduan warnanya seimbang agar penampilanmu tetap terlihat muda.

4. Sebisa mungkin mengikuti trend yang sedang ada, tapi pintar-pintar juga memadu padankannya

mengikuti trend dan padu padan via www.instagram.com

Mengikuti trend fashion yang sedang musim, juga salah satu cara untuk membuat penampilanmu terlihat lebih muda. Misal saat ini, sedang musim kembali celana-celana kulot 3/4, flare skirt, celana jogger dan lain sebagainya. Kamu nggak cuma harus mengikuti tren, tapi juga harus bisa mix and match pakaian-pakaian ini. Jangan sampai pakaian yang kamu pilih membuat penampilanmu justru terlihat lebih norak. Oh iya, ada juga baju-baju seperti denim atau dress yang akan terus menjadi tren sepanjang masa.

5. Tambahan aksesoris perlu, tapi jangan sampai berlebihan dan jangan pilih yang berukuran besar juga, kalau nggak mau terlihat lebih tua

Kalung via biutifa.com

Menambahkan aksesoris untuk menunjang penampilan memang perlu, namun jangan sampai berlebihan. Sesuaikan aksesoris dengan pakaian yang kamu gunakan. Pilih aksesoris yang nggak bling-bling, terlalu besar dan jangan juga terlalu banyak. Cukup lengkapi penampilan kamu dengan aksesoris berukuran kecil, seperti misalnya kalung tumpuk yang bermodel tipis, dengan sentuhan beberapa liontin. Atau kamu juga bisa mengganti kalung dengan gelang juga anting yang ukurannya tak terlalu besar.

6. Nggak cuma pakaian, kamu pun harus memilih tas atau sepatu yang punya desain dan warna yang simpel

tas dan sepatu simple ala Shiren Sungkar via anitascarf.com

Setelah pakaian dan aksesorismu pas, jangan lupa juga perhatikan tas juga sepatu yang akan kamu kenakan. Hindari memilih tas bermotif, pilih saja tas-tas berwarna polos dengan design yang simple. Untuk sepatu pun sama, warna boleh tua dan muda asalkan desainnya pun sederhana, nggak terlalu banyak pernak-pernik yang justru membuatnya terlihat norak. Nah, pastikan juga sepatu atau tasmu ini bisa masuk dengan pakaian-pakaian yang kamu pilih.

7. Pakain-pakain yang overall seperti jumpsuit atau dress pun pilihan yang everlasting untuk membuat umurmu terlihat lebih muda

Jumpsuit polos yang slim fit udah pasti juara buat penampilan awet muda via www.sweetmonday.co.uk

Mau yang lebih simpel lagi, kamu bisa memilih baju yang overall seperti jumpsuit, dress atau baby doll. Selain everlasting, pakaian overall juga bisa lebih fleksibel untuk kamu gunakan ke berbagai acara. Kamu juga nggak perlu ribet untuk memadu padakannya. untuk pemilihan warna, ukuran atau motif pun kamu tetap bisa menyesuaikan sama yang sudah Hipwee jelaskan poin sebelumnya.

Bagaimana mau mencoba? Harus loh ya, demi penampilan yang awet muda.