Memilih celana panjang memang gampang-gampang susah. Selain digunakan untuk menyamarkan bentuk tubuh dan memberikan kesan lebih panjang pada bagian kaki, penggunaan celana panjang juga bisa membuat tubuh pemakainya menjadi terlihat lebih indah.

Saat ini banyak sekali model celana panjang yang tersedia di pasaran. Tapi ternyata nggak semua model celana panjang tampak cocok saat kamu gunakan. Nah, dalam memilih celana, tentunya kamu harus menyesuaikannya dengan bentuk tubuh kamu. Kira-kira model celana seperti apa ya yang cocok dengan bentuk tubuh kamu? Yuk, Hipwee Style bakal kasih gambaran buat kamu!

1. Punya pinggul besar bukan halangan buat tampil menawantipe celana straight leg ini bisa buat kamu berkesan stunning.

boot cut untuk pinggul besar

boot cut untuk pinggul besar via www.google.co.id

Advertisement

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan celana straight leg atau potongan lurus dan boot cut atau cutbray. Kedua jenis celana ini akan menyembunyikan bentuk pinggul kamu yang lebar dan membuat tubuh terlihat proporsional.

Sebaiknya hindari celana yang terlalu ketat seperti skinny jeans dan juga celana yang terlalu longgar seperti baggy. Jangan gunakan celana yang memiliki aksen kantong pada bagian pantat yang juga membuat pinggul besar semakin terfokus. Nggak mau kan pinggul besarmu makin terlihat gara-gara kamu salah pakai celana model ini?

2. Jangan kuatirkan soal pinggul kecil dan pantat datar, kamu bisa pakai celana berwarna terang biar penampilanmu makin cetar!

celana warna terang untuk pinggul kecil

celana warna terang untuk pinggul kecil via www.google.co.id

Pilihlah celana dengan warna terang dan potongan pinggang yang rendah untuk memberi kesan fokus pada pinggul dan pantat. Selain itu juga bisa menonjolkan bentuk pergelangan kaki, sehingga tubuh kamu akan terlihat berlekuk dan lebih feminim.

3. Celana lebar cocok buat kamu yang punya paha besar

celana lebar untuk si paha besar

celana lebar untuk si paha besar via www.google.co.id

Advertisement

Kamu bisa menutupi paha besar dengan celana straight leg yang jatuh lurus dari pinggang hingga mata kaki. Celana lebar juga mampu menyamarkan kelebihan di bagian paha.

Celana dengan jahitan yang terlihat di bagian samping juga bisa membuat paha terlihat lebih langsing. Hindari celana yang terlalu ketat dan semakin menyempit di bagian bawah.

4. Kamu si betis besar? Tetap seksi kok dengan pilihan celana berbahan loose dengan potongan lurus

boot cut berbahan loose untuk betis besar

boot cut berbahan loose untuk betis besar via www.google.co.id

Celana dengan bahan loose dengan potongan lurus dan tidak ketat di bagian betis akan membantu menyamarkan ukuran betis kamu yang besar. Kalau pinggul dan paha kamu cenderung langsing, celana boot cut atau cutbray akan membuat penampilan kamu terlihat menawan. Hindari skinny pants atau celana tiga perempat yang jatuh tepat di pertengahan betis.

5. Siapa bilang tubuh gemuk susah cari celana yang pas? Celana model slim fit dijamin nggak bikin kamu was-was

slim fit untuk tubuh gemuk

slim fit untuk tubuh gemuk via www.google.co.id

Punya tubuh yang gemuk jangan jadi halangan kamu buat nggak peduli sama penampilan. Justru kamu harus bersiasat biar kamu tetap kece dan oke. Jangan khawatir, kamu bisa mengakalinya dengan memilih celana yang tidak terlalu ketat dan juga tidak terlalu longgar.

Salah satu contohnya yaitu model celana slim fit yang memiliki potongan pas di pinggang pada bagian atasnya. Hindari penggunaan celana berbahan tebal, karena bahan kain yang tebal memiliki kecenderungan untuk membuat tubuh kamu menjadi semakin berisi.

6. Hey, kamu yang bertubuh mungil dengan kaki kecil, skinny jeans adalah jodohmu!

skinny jeans untuk tubuh mungil

skinny jeans untuk tubuh mungil via www.google.co.id

Skinny jeans adalah pilihan yang paling tepat untuk membuat tubuh kamu terlihat seakan-akan lebih jenjang. Celana model high waisted atau yang memiliki garis lipatan vertikal di bagian depan juga bisa membuat kaki terlihat lebih jenjang. Kamu juga bisa memadukan celana dengan high heels agar kakimu terlihat lebih jenjang. Jika memakai flat shoes, kenakan yang berujung runcing.

Sebaiknya hindari celana yang panjangnya mengatung atau digulung, baggy, cropped, dan celana kulot yang terlalu panjang karena akan membuat tubuh semakin terlihat pendek dan “tenggelam”. 

7. Buat kamu yang bertubuh langsing dan berkaki panjang, selamat! Semua jenis celana panjang bisa kamu gunakan

kaki panjang cocok kenakan celana apa saja

kaki panjang cocok kenakan celana apa saja via www.google.co.id

Khusus kamu yang punya kaki panjang dan jenjang patut berbangga hati karena hampir semua model celana cocok dikenakan, mulai dari fitted, baggy, sampai bell bottom. Namun, pastikan panjang celana maksimal sekitar 1 cm dari telapak kaki. Kalau kamu nggak pengen terlihat menonjol, pilih cropped pants, baggy, atau celana lurus yang dilipat agak lebar pada bagian bawah.

Untuk padu padan, terapkan prinsip keseimbangan agar penampilan terlihat sempurna. Cobalah menggunakan boxy shirt atau jaket saat mengenakan celana model fitted atau atasan pas badan saat mengenakan celana palazzo.

Nah, jangan sampai kamu salah pilih celana, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya