Mengenal Tren Baju Turun Naik yang Viral di TikTok. Seheboh itu, Kenapa ya?

Bagi para pengguna media sosial TikTok, pasti sudah nggak asing lagi dengan baju turun naik viral atau dress yang bisa bergerak turun naik. Model baju yang satu ini memang tengah digandrungi masyarakat bahkan para artis untuk dijadikan bahan konten video TikTok.

Advertisement

Video joget mengenakan baju turun naik seperti per ini biasanya diiringi lagu hip-hop atau reggae berjudul Turun Naik Oles Terus karya rap Papua Fresh Boy featuring Blasta Rap Family versi remix. Namun, tahukah kamu detail baju turun naik yang mungkin sering masuk ke fyp (for your page) kamu? Cek yuk!

Asal mula tren baju turun naik yang lagi viral. Kenapa ya bisa seramai itu?

Tren baju turun naik

Tren baju turun naik di TikTok | Credit: TikTok @duniamanji

Awal mula baju naik turun viral di TikTok bermula sejak pemilik akun @kareenboutique mengunggah sebuah video mengenakan baju tersebut yang mana baju tersebut merupakan produk jualannya. Keunikan baju yang bisa bergerak turun naik bagai per itu rupanya mencuri perhatian warganet.

Adapun bahan yang digunakan hingga dapat membuat baju tersebut bisa bergerak turun naik adalah kain poliester yang berbentuk lipatan plisket.

Advertisement

“Bahannya dari dress plisket ini dikatakan dia dress plisket dia bukan bahan plisket tapi bahannya dari poliester. Plisket itu karena lipatannya, obatnya. Jadi dikatakan plisket karena dia lipatannya sangat kecil-kecil dan rapih. Ditambah lagi obat plisketnya, dia membuat jadi ngeper, bisa turun naik,” kata pemilik butik Kareen, Kareen Simbolon, dilansir dari Wolipop.

Untuk memproduksi baju turun naik tersebut, Karen mengaku bahan-bahannya didapatkan secara impor dari Bangkok.

“Kita ambilnya dari luar, dari Bangkok, China. Ambil dari Bangkok tapi dia diproduksinya di China,” kata Kareen.

Advertisement

Harga baju turun naik hingga viral dikenakan para artis

Tren baju turun naik di TikTok | Credit: TikTok @dennycagur

Baju turun naik ini dijual dalam dua macam di Kareen Boutique, ada yang berupa atasan ataupun dress. Proses impor yang cukup memakan waktu serta modal yang besar, tentu saja memengaruhi harga dari baju itu sendiri.

Kareen menyebutkan bahwa baju turun naik tersebut dijual pada kisaran harga Rp450 ribu – Rp600 ribu. Lebih lanjut, Kareen menyebutkan bahwa perawatan baju naik turun terbilang cukup mudah karena untuk proses mencucinya pun baju ini hanya perlu dicelup ke dalam air yang sudah diberi deterjen, setelah itu hanya perlu dijemur sebentar tanpa harus menggunakan pengering.

Kareen juga mengatakan bahwa baju turun naik tersebut tak perlu disetrika karena bisa merusak lipatan plisket dan membuatnya tak bisa bergerak naik turun lagi.

Ciri khas unik dari baju turun naik ini bahkan sempat disangka settingan, tak sedikit warganet yang mempertanyakan keaslian dari baju yang bisa bergerak turun naik bak mengikuti musik latar videonya. Tanpa disangka, ternyata baju unik ini sudah ada sejak lama.

Keunikan baju turun naik ini juga mendapatkan atensi dari para publik figur, seperti Anji, Ruben Onsu, Ayu Ting-Ting, hingga Denny Cagur dan istrinya pun turut meramaikan konten TikTok dengan menggunakan baju turun naik tersebut.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An avid reader and bookshop lover.

CLOSE