6 Tips Biar Pakai Sepatu Hak Tinggi Nggak Sakit

tips pakai heels agar nggak sakit

Meski sebenarnya nggak nyaman, banyak perempuan tetap memaksakan diri untuk memakai sepatu hak tinggi. Alasannya beragam, ada yang merasa baju yang dikenakan akan lebih cocok jika memakai sepatu hak tinggi dan ada juga yang memang suka memakainya.

Advertisement

Memang sih memakai sepatu hak tinggi bisa mengubah penampilan mendadak jadi anggun. Selain itu, postur tubuh pemakai pun akan berubah jadi lebih tegap.

Sayangnya, pakai sepatu hak tinggi punya risiko yang sama tingginya. Selain bisa menyebabkan struktur kaki berubah, sepatu hak tinggi jika digunakan dalam waktu yang lama bisa membuat kaki terasa sakit dan pegal.

Hal ini karena bentuknya yang tidak nyaman dan tidak sesuai dengan bentuk kaki manusia pada umumnya. Tapi, ternyata ada trik-trik khusus yang bisa membuat sepatu hak tinggi jadi nggak terlalu menyakitkan lagi lo. Simak yuk~

Advertisement

1. Beli sepatu di sore atau malam hari, ketika kaki sedang dalam kondisi paling besar

tips pakai heels agar nggak sakit

Coba sepatu saat sore atau malam hari via fashionistabudget.com

Kunci agar memakai sepatu hak tinggi tidak terlalu menyiksa adalah pada ukurannya. Ukurannya harus benar-benar pas. Sebaiknya membeli di sore atau malam hari saat kaki sedang melar. Coba kenakan keduanya dan gunakan untuk berjalan agar bisa menemukan yang paling nyaman.

2. Lenturkan hak tinggi sepatu dengan menggunakan hair dryer 

tips pakai heels agar nggak sakit

Udara hangat dari ‘hair dryer’ bisa membuat sepatu hak tinggi lebih lunak via fabwoman.ng

Sepatu hak tinggi yang masih baru biasanya teksturnya keras. Padahal, setelah lama digunakan, sepatu akan melar dan lebih mengikuti bentuk kaki. Maka dari itu, hangatkan sebentar sepatu dengan hair dryer sebelum digunakan. Setelah terasa lunak, langsung dipakai saja agar bisa mengikuti bentuk kaki.

3. Untuk menghindari kaki lecet, oleskan  deodoran ke bagian kaki yang rawan lecet

tips pakai heels agar nggak sakit

Deodoran membuat lapisan tipis yang licin pada kaki via allforfashiondesign.com

Yang cukup menyakitkan saat memakai sepatu hak tinggi adalah ketika kaki jadi lecet akibat gesekan kulit dengan sepatu. Salah satu solusinya adalah dengan mengoleskan deodoran pada bagian kaki yang rawan mengalami lecet. Tunggu sebentar sampai kering. Akan terbentuk lapisan tipis deodoran yang licin. Lapisan itu bisa melindungi kulit dari gesekan.

Advertisement

4. Alas sepatu yang licin bisa diatasi dengan amplas

Kalau permukaan bawah sepatu kasar, pemakaian sepatu hak tinggi akan lebih nyaman via allforfashiondesign.com

Bagian bawah sepatu hak tinggi yang licin membuat penggunanya harus ekstra hati-hati. Malah, hal itu bisa bikin penggunanya jadi pegal lo. Agar mengurangi alasnya yang licin, ada triknya lo. Tinggal gunakan amplas saja untuk membuatnya sedikit kasar.

5. Menggunakan sol tambahan

tips pakai heels agar nggak sakit

Tapi ada beberapa jenis ‘insole’ yang bisa digunakan untuk sepatu jenis terbuka kok via happyfeetreview.com

Karena memang sepatu hak tinggi tidak sesuai dengan bentuk kaki penggunanya, terkadang perlu tambahan sol dalam untuk membuatnya lebih nyaman. Banyak lo yang menjualnya. Ada yang sol depan kaki, sol bagian tumit, hingga khusus bantalan bagian kaki dalam. Pilih saja yang paling pas. Sayangnya hal ini cuma bisa diterapkan kalau sepatunya tertutup di bagian depan dan belakang.

6.  Gunakan kaus kaki dengan motif lucu

tips pakai heels agar nggak sakit

Kaos kakinya cantik bisa jadi pelengkap penampilan sekaligus pengurang rasa sakit via www.huffpost.com

Langkah lain yang sekaligus membuat pemakai sepatu hak tinggi lebih gaya adalah dengan menggunakan kaos kaki. Positifnya, kaos kaki ini mencegah gesekan kulit dengan sepatu sehingga nggak lagi ada drama lecet-lecet karena pakai sepatu hak tinggi. Pilih warna yang pas dan kenakan baju yang sesuai ya agar makin menarik hati.

Memang sih sebelum tahu mau menggunakan trik yang mana, sebaiknya paham juga asal muasal rasa sakit serta tidak nyaman saat menggunakan sepatu hak tinggi. Selain itu, menggunakan sepatu hak tinggi tidak dianjurkan untuk sering-sering. Istirahatkan kaki sesekali dengan membuatnya libur tanpa disiksa oleh sepatu hak tinggi.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE