Jika telah menikah dan memiliki buah hati nanti, kamu mungkin akan memilih untuk fokus pada urusan rumah tangga dan melakukan berbagai aktivitasmu dari rumah saja. Dengan cara ini, tumbuh-kembang anakmu bisa lebih mudah dipantau dan diawasi. Kamu pun juga bisa lebih leluasa membuat rumahmu senantiasa bersih dan nyaman bagi semua orang yang tinggal di dalamnya.

Namun di antara kesibukanmu mengurus bayi yang lucu, tak ada salahnya mencoba berbagai kegiatan yang bisa menghasilkan uang di sini. Selain membuat tabunganmu bertambah, kegiatan-kegiatan ini tak akan mengharuskanmu menomorduakan urusan rumah tangga.

Advertisement

Pekerjaan apa sajakah yang boleh kamu coba?

1. Kelihaianmu dalam memasak tak hanya membuat anggota keluarga senang. Bisnis kateringpun bisa kamu dirikan untuk menambah uang bulanan.

Bisnis katering buat ibu rumah tangga

Bisnis katering buat ibu rumah tangga via penulispro.com

Pandai memasak adalah bakat yang dimiliki banyak wanita.  Tak melulu hanya memasang untuk anak dan suamimu saja, sekarang kamu bisa memanfaatkan itu untuk mendirikan bisnis baru, yaitu katering rumahan.

Sebagai awalan, tawarkan jasa kateringmu pada tetangga kompleks rumah, misalnya teman arisan atau kelompok pengajian. Kamu bisa mengambil kesempatan sebagai “pemenang tender” untuk makanan-makanan yang disajikan. Nah, kamu bisa mengerjakannya di dapur rumah sembari minta bantuan beberapa tenaga tambahan. Jika masakanmu disukai banyak orang, bukan hal yang mustahil bisnismu bisa semakin besar. Tabungan keluarga semakin banyak, anak-anak pun masih tak lepas dari perhatian. Dua-duanya masih tetap seimbang.

2. Waktu luang di rumah jangan hanya digunakan untuk Facebook-an, saatnya kamu manfaatkan dengan cara yang lebih cerdas yaitu jual beli saham.

Ibu rumah tangga bekerja jual beli saham

Ibu rumah tangga bekerja jual beli saham via www.learnvest.com

Advertisement

Menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya akan membuatmu punya banyak waktu luang. Setelah mengurus rumah, mengantar anak sekolah, kadang kamu bingung mau ngapain lagi. Gak jarang kamu mengisinya dengan facebook-an, twitter-an, atau bergulat dengan media sosial yang bikin kamu tak produktif lagi.

Waktu luangmu ini sebenarnya bisa digunakan untuk menciptakan uang lho, caranya dengan jual beli saham. Kamu tentu punya waktu yang lebih banyak untuk menganalisis pasar saham, menimbang-nimbang untuk dan rugi. Gak harus pasang nominal yang besar dengan menjadi investor kok, kamu bisa terjun dalam jual beli saham jangka pendek atau trading. Nah, jika kamu paham dan mau belajar tentang hal ini, gak jarang kamu bisa membantu keuangan keluarga. Sembari mengurus anak dan melayani keluarga, kamu bisa menghasilkan uang dengan main saham.

3. Kamu punya kemampuan berwirausaha? Saatnya menjadi CEO toko sembako di depan rumah!

Buka warung kelontong buat ibu rumah tangga

Buka warung kelontong buat ibu rumah tangga via www.teropongbisnis.com

Membantu keuangan keluarga bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mendirikan toko sembako di depan rumah. Kamu bisa manfaatkan bangunan dekat rumah sebagai toko yang menjual aneka kebutuhan dasar, seperti beras, gula, dan lain sebagainya. Lengkapi barang daganganmu dan tawarkan harga yang cukup bersaing dengan swalayan.

Dengan cara ini, bukan mustahil toko sembakomu bisa tumbuh lebih cepat. Selain itu, waktumu pun tak terkuras habis untuk pekerjaan ini. Karena kamu masih bisa leluasa mengurusi rumah tangga. Keuangan keluarga bisa menjadi meningkat, keluargapun tak luput dari perhatian.

4. Menyebarkan ilmu tak melulu harus jadi guru di sekolah, kamu juga bisa mendirikan les privat di rumah.

Ibu rumah tangga mengajar les privat

Ibu rumah tangga mengajar les privat via www.roland.com

Sebaik-baiknya orang adalah kamu yang mau membagi ilmu pada orang lain. Namun, tak melulu kudu menjadi guru di sekolah formal, kamu juga bisa menyebarkan ilmu dengan jadi guru privat di rumah.

Mungkin kamu punya skill  main piano, main gitar, melukis, bahasa asing, dan lain sebagainya. Nah, salurkan ilmumu ini pada orang lain melalui les privat. Tawarkan bimbingan belajar yang hanya dilakukan beberap kali dalam seminggu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan uang belanja, tanpa harus terpaku pada jadwal mengajar yang ketat.

5. Kemampuan menjahit yang kamu punya jangan dipendam begitu saja, saatnya buka jasa desain pakaian untuk mendapatkan uang tambahan.

Ibu rumah tangga menjadi penjahit

Ibu rumah tangga menjadi penjahit via www.thegloss.com

Kamu punya skill menjahit dan mendesain baju yang baik? Tak harus dipendam saja, sekarang kamu bisa mengaktualisasikan dengan membuka usaha designer pakaian. Kamu bisa memulainya dengan cara yang sederhana, misalnya tawarkan jasa membuat pakaian bagi teman-teman di sekelilingmu. Tak hanya menjahit,  kamu juga bisa belajar jadi konsultan fashion style agar usaha jahitanmu terlihat semakin menarik.

Tanpa perlu pegi ke kantor dan melupakan tugasmu menjadi ibu, pekerjaan ini bisa kamu jalani di rumah. Kalau kamu sudah mulai kerepotan karena kebanyakan omzet, kamu bisa buka lowongan untuk tenaga bantuan. Dengan begitu, tabungan bisa bertambah, urusan keluarga pun tetap dalam pantauan.

6. Berprofesi sebagai penulis akan membuatmu bebas menentukan jam kerja, gak heran kamu juga masih bisa mengerjakannya sembari mengurusi rumah tangga.

Ibu rumah tangga jadi penulis

Ibu rumah tangga jadi penulis via wecai.org

Salah satu pekerjaan yang bisa dijalani tanpa harus meninggalkan anak dan suami adalah penulis. Kamu bisa menjadi penulis novel, koran, majalah, atau website seperti Hipwee. Biasanya kamu akan diberi target jumlah artikel yang harus kamu kirimkan. Ada juga perusahaan yang akan memberikan target performa untuk karyawannya. Tapi tentang jam kantor atau waktu pengerjaannya, itu kamu sendiri yang membuat.

Dengan aturan kerja seperti ini, tentu kamu tak perlu lagi berangkat kerja pagi, pulang malam. Jadi, kamu bisa lebih leluasa mengurusi rumah tangga. Tapi yang terpenting, kamu pandai mengatur waktunya ya.

7. Mengurus rumah dan menjaga anak sembari mencari uang bukan lagi mimpi, karena kamu bisa mewujudkannya saat buka usaha laundry.

Ibu rumah tangga bisnis laundry

Ibu rumah tangga bisnis laundry via hayyusaputri.blogspot.com

Kesibukan padat seringkali bikini kamu orang jadi malas mencuci. Hal ini bisa menjadi alasan untuk membuka jasa pencucian baju alias laundry. Gak jarang jasa laundry ini akan laku keras di daerah kampus atau padat kos-kosan. Jika kamu tinggal di daerah padat penduduk seperti ini, kamu bisa coba dirikan usaha laundry.

Kamu bisa manfaatkan sepetak ruang di depan rumah sebagai rumah pencucian. Siapkan beberapa mesin cuci dan pasang plang nama usaha. Lalu berikan tawaran yang menarik, seperti diskon gratis cuci 1 kg saat mencuci >10 kg.  Bisnis ini tak bikin kamu pusing karena di kejar deadline atau aturan ketat mengenai jam masuk kerja. Karena kamu sendirilah CEOnya. Kamu juga menjadi lebih ibu rumah tangga yang lebih produktif.

8. Bisnis salon dan spa bisa kamu dirikan dengan sedikit bantuan tenaga karyawan. Tanpa menomorduakan tugasmu sebagai manager rumah tangga, uang belanja bisa menjadi lebih banyak.

Buka bisnis salon buat ibu rumah tangga

Buka bisnis salon buat ibu rumah tangga via tips-cara.info

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik dan menawan, gak jarang meraka akan pergi ke salon untuk mewujudkannya. Dengan memanfaatkan keahlianmu dalam berdandan, kamu bisa memanfaatkan salon dan spa sebagai pekerjaan. Manfaatkanlah bagian rumah yang tak digunakan atau menyewa ruko yang tak jauh dari tempat tinggalmu.

Lalu berikanlah tawaran yang menarik dan paket khusus. Berikanlah jasa lengkap perawatan wanita, misalnya potong rambut, creambath,  hingga body spa. Jika kamu sudah kewalahan, gak ada salahnya rekrut beberapa karyawan. Nah, dengan bisnis ini, kegemaranmu dalam berdandan tak pernah hilang, keuangan keluarga bisa lebih meningkat, urusan rumah tangga pun tak pernah terlupakan. Kamu tertarik mencobanya?

9. Daripada media sosialmu hanya digunakan untuk kepoin orang, gak ada salahnya kamu manfaatkan sebagai tempat jualan.

Ibu rumah tangga bisnis online

Ibu rumah tangga bisnis online via www.begawei.com

Tugas menjadi ibu rumah tangga memang tidak sedikit. Tapi sebagai wanita yang juara soal multitasking, kadang kamu malah jadi punya banyak waktu luang. Seringkali kamu berselancar di media sosial atau kepoin orang di . Nah, agar lebih positif dan memberikan profit, gak ada salahnya kamu manfaatkan media sosial untuk berdagang.

Kamu bisa menjadi reseller suatu produk atau mungkin kamu membuka toko sendiri di media maya. Tanpa harus jauh dari anak-anak dan menjaga toko seharian, dengan gawai di genggaman, kamu sudah bisa menawarkan barang. Profit bisa kamu dapat, keluarga pun tak luput dari perhatian. Nah, menguntungkan ‘kan?

10. Kamu tak harus tiap hari ngantor saat menjadi editor. Jadi urusan keluarga juga masih bisa terkontrol.

Ibu rumah tangga menjadi editor

Ibu rumah tangga menjadi editor via www.huffingtonpost.com

Pekerjaan yang tetap bisa membuatmu mengurus keluarga itu gak sedikit kok. Selain menjadi penulis, kamu bisa mencoba bekerja menjadi editor. Mungkin kamu daftar jadi editor koran, majalah, atau buletin. Terkadang kamu tak akan dikenankan beban untuk ngantor tiap hari kok. Biasanya kamu hanya perlu datang saat akhir pekan atau rapat-rapat saja.

Bahkan kadang kamu juga bisa mengerjakannya di rumah. Jadi kamu tak perlu lagi mengorbankan kebersamaan bersama keluarga untuk hanya untuk mendapatkan uang.

11. Tanpa melupakan tanggung jawab di rumah, kamu juga bisa tetap menolong orang dengan menjadi psikolog profesional.

Menjadi psikolog

Menjadi psikolog via indohub.com

Apakah kamu seorang lulusan psikologi? Kamu bisa manfaat ijasahmu ini untuk membukan klinik psikologi di rumah. Menjadi psikolog tak akan menyita banyak waktu kok, kamu bisa mengundang pasien dan melakukan konseling di rumah saja. Kamu tak perlu tempat khusus, karena kadang pengobatan psikologis juga kadang tak butuh ruang khusus.

Saat usahamu ini sudah meningkat dan mulai bekerja dengan perusahaan, kamu pun masih bisa fokus dengan keluarga. Kamu bisa kirim orang untuk ke lapangan. Lalu kamu mengolah dan menganalisis data dari rumah saja. Menyenangkan ‘kan?

12.  Statusmu sebagai ibu rumah tangga akan lebih menyenangkan saat kamu punya gawean. Tak kudu langsung beromset milyaran, bisnis kerajinan tangan jauh lebih mengasyikan.

Bisnis ibu rumah tangga dengan jualan aksesoris

Bisnis ibu rumah tangga dengan jualan aksesoris via www.indiegogo.com

Salah satu pekerjaan yang bisa kamu garap tanpa harus menomor duaan urusan keluarga adalah bisnis kerajinan tangan. Mungkin kamu pandai merajut, kamu bisa jualan hasil karyamu sendiri. Atau mungkin kamu lihai dalam membuat gelang dari manik-manik yang indah, perdagangkanlah sekarang juga. Kamu bisa memproduksinya sendiri di rumah dengan jam kerja yang terikat.

Nah, manfaatkanlah media sosial untuk mejajakan karyamu. Tanpa melepas tanggung jawabmu untuk mengurus rumah tangga, kamu bisa merasa lebih bahagia jika ada kesibukan yang kamu suka, yaitu menyalurkan bakat dan hobimu dalam membuat karya.

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kamu tak bisa berkarya. Tanpa harus menghabiskan waktumu untuk bekerja dan melupakan peranmu sebagai istri dan ibu, 12 pekerjaan bisa kamu geluti untuk menambah pundi-pundi tabungan. Nah, kamu mau mencobanya?

Semoga berhasil ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya