3 Penyebab Paling Sering Bisnis Gagal. Tenang, Ada Solusinya

Penyebab Bisnis Gagal

Dibandingkan dengan sepuluh tahun lalu, memulai sebuah usaha saat ini terbilang cukup mudah. Terbukti dari banyaknya startup yang berdiri, juga berbagai macam usaha di berbagai sektor yang bermunculan. Mulai dari bisnis di bidang kuliner, fashion, hingga jasa. Uniknya, banyak dari pelaku bisnis ini adalah anak muda, lo. Hal itu membuktikan kalau siapa saja bisa mewujudkan mimpinya untuk punya usaha

Meski memulainya mudah, mempertahankan usaha supaya tetap berjalan jelas nggak semudah itu. Buktinya banyak juga usaha yang akhirnya tumbang di tengah jalan dengan berbagai alasan. Nah, buat kamu yang sedang merintis atau merancang sebuah usaha, ini lo 3 hal umum yang paling sering bikin bisnis tumbang.

1. Tujuan bisnis nggak jelas, nggak punya proyeksi ke depan

rancangan bisnis kurang jelas (foto: fauxels) via www.pexels.com

Sebelum memulai sebuah usaha, pastinya kita harus punya visi dan misi yang jelas. Tujuannya apa, rancangan bisnisnya seperti apa. Nah, nggak jarang nih orang mulai usaha tanpa tujuan yang jelas. Misalnya sekadar ikut-ikutan teman, atau biar terlihat keren karena jadi pengusaha. Pada akhirnya, semua dimulai dengan terburu-buru, sementara rancangan bisnisnya saja belum jelas.

Padahal, setelah bisnis berdiri, kamu harus menghadapi saingan bisnis, perubahan selera pasar, dan hal-hal krusial lainnya. Kalau tujuan awalnya nggak jelas, pasti proyeksi ke depannya juga belum jelas. Jadinya, ketika pasar berubah dan saingan bisnis berbenah, kamu masih gitu-gitu saja karena belum mampu mengelola feedback yang masuk. Nggak heran, kan, kalau akhirnya kalah dalam persaingan?

2. Manajemen yang ala kadarnya, kalau nggak rugi ya untungnya biasa aja

Manajemen berantakan via www.hipwee.com

Hal kedua yang sering bikin bisnis tumbang adalah manajemen yang buruk. Contohnya, nggak bisa mengelola sumber daya manusia dengan baik sehingga muncul konflik internal. Atau bisa juga abai terhadap cashflow perusahaan, jor-joran promosi di awal tanpa memperhitungkan bujet. Atau bisa juga terburu-buru membuka cabang di sana-sini padahal brand sendiri belum cukup stabil. Pada akhirnya, hal-hal seperti ini akan mengguncang usaha di tengah perjalanan.

Nah, gimana kalau kamu mulai sedikit-sedikit dahulu? Setelah stabil, baru deh kamu rencanakan untuk membuka cabang, menambah produk yang ditawarkan, atau mengembangkan usaha dalam bentuk lainnya. Ingat kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.

3. Kekurangan modal, bikin usaha stuck di situ-situ saja

Kekurangan modal (foto: Emil Kalibradov) via unsplash.com

Perihal yang satu ini juga nggak kalah gawat. Sudah punya tujuan dan rancangan bisnis yang jelas, proyeksi ke depan sudah tersusun rapi, tetapi tanpa modal yang memadai tentu bisnismu akan stuck di situ-situ saja. Sulit untuk berkembang, karena harus diakui hal itu membutuhkan modal materi. Tapi kamu nggak perlu cemas, karena untuk mendapatkan modal, kamu bisa memanfaatkan digital lending tepercaya seperti CERIA dari BRI. Pengajuannya cukup mudah karena bisa dilakukan via online dan prosesnya pun cepat. Asyik, kan? Caranya gampang, kok. Kamu tinggal download aplikasi CERIA, lakukan pendaftaran, buat pengajuan pinjaman, lalu tunggu pengajuanmu diaktiviasi. Beres, deh

Nah, itu dia 3 hal yang paling sering bikin bisnis tumbang. Penyebab lainnya tentu masih banyak. Karena itu, berbisnis itu tentang kemauan untuk terus belajar dan mencoba. By the way, buat kamu yang sedang merintis bisnis dan ketar-ketir dengan perkembangannya, atau kamu yang baru mau memulai bisnis, CERIA bersama Hipwee dan Young on Top mengadakan webinar bertajuk  “Jumat Ceria – Memulai Usaha Tanpa Khawatir”. Pas banget nih dengan kebutuhanmu saat ini.

Di sini, kamu akan mendapatkan ilmu tentang bagaimana membangun bisnis agar bisa bertahan lama di tengah persaingan dari para narasumber berpengalaman. Ada Ashanty yang merupakan public figure dengan usaha yang beragam dan juga Handayani selaku Direktur Konsumer BRI. Dijamin, ilmu yang kamu dapatkan nggak kaleng-kaleng.

Catat tanggalnya, ya. Ikuti webinar Jumat Ceria – Memulai Usaha Tanpa Khawatir tanggal 25 Juni 2021 pukul 15.00-16.00 WIB melalui YouTube Bank BRI, YouTube Young on Top, YouTube Hipwee, Facebook Live Hipwee, atau Zoom webinar partisipan. Yuk, daftarkan dirimu melalui bit.ly/ceriawebinar. Acara ini gratis!

Nggak cuma dapat ilmu berharga, kamu yang beruntung bisa mendapatkan hadiah BRIZZI dan voucher belanja e-commerce senilai Rp1.500.000,-. Mantap, kan? See you there, Guys!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi