4 Aplikasi Wajib Punya Bagi Calon Pengusaha Muda. Bisa Percepat Mimpi Jadi Nyata

Aplikasi untuk Pengusaha

Siapa sih yang nggak pengin punya usaha sendiri? Masalahnya, nggak semua orang bisa mewujudkan mimpinya untuk punya usaha sendiri.

Memang punya usaha sendiri itu nggak gampang. Ada banyak urusan yang harus diselesaikan, mulai dari pembukuan, laporan keuangan, sampai urusan nyari modal tambahan buat ngembangin usaha. Banyak banget! Tapi kamu nggak usah cemas, karena ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pake untuk memudahkan berbagai macam urusan. Ini dia aplikasi yang wajib dipunya bagi calon pengusaha.

1. Evernote – untuk mencatat hal-hal penting

Aplikasi Evernote via play.google.com

Untuk memulai atau menjalankan sebuah usaha kadang memberikan pe-er atau to-do list yang banyak. Karena itu, kamu butuh aplikasi pencatat untuk membantumu karena kapasitas otak manusia mustahil bisa mengingat semua hal. Salah satunya adalah Evernote. Fungsi utama aplikasi ini mirip dengan agenda atau notebook-mu. Di sini kamu bisa mencatat berbagai hal penting seperti ide mentah, membuat checklist untuk persiapan usaha, menyimpan file tertentu, dan bahkan membuat reminder untuk diri sendiri. Kalau kamu sudah punya tim untuk menjalankan usaha, lewat Evernote kalian bisa berbagi file dengan praktis.

2. Finansialku – untuk belajar membuat laporan keuangan

Aplikasi Finansialku via play.google.com

Namanya berbisnis, pasti harus berurusan dengan akuntansi dan keuangan. Ayo, jangan malas belajar tentang keuangan. Soalnya, cashflow itu ibarat nyawa usaha. Kalau nggak diperhatikan dengan baik-baik, bisa-bisa usahamu tumbang di tengah jalan. Ada banyak aplikasi keuangan yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah Finansialku. Aplikasi ini fungsinya lebih seperti asisten keuanganmu. Di sana kamu bisa mencatat pengeluaran, pemasukan, dan membuat perencanaan finansial. Dengan demikian, keluar masuknya uang di dompetmu akan lebih terkontrol lagi, kan?

3. CERIA – untuk mendapatkan pinjaman modal usaha

Aplikasi Ceria via play.google.com

Modal adalah permasalahan yang paling sering bikin anak muda mundur teratur buat mulai usaha sendiri. Alasannya sih, “Nanti dulu deh, ngumpulin modal dulu.”. Karena berbagai hal, akhirnya modal nggak cepat terkumpul, dan ide usaha pun menguap entah ke mana. Inilah kenapa kamu butuh aplikasi CERIA, digital lending pertama di Indonesia yang menawarkan pinjaman modal usaha yang supermudah dan prosesnya pun cepat. Jadi, nggak ada alasan untuk menunda-nunda usaha positif karena terhalang modal, bukan?

Ceria merupakan produk pinjaman digital dari BRI, sehingga Ceria aman, terpercaya, terdaftar dan diawasi oleh OJK. Di sini kamu bisa mengajukan kredit untuk aktivitas produktif maupun konsumtif dengan bunga rendah, yaitu 1,42% flat per bulannya. Kamu bisa mengambil pinjaman mulai dari Rp500.000,- hingga Rp20.000.000,- hanya dalam waktu 10 menit, lo. By the way, kamu juga nggak perlu menyiapkan apa pun sebagai jaminan karena CERIA merupakan pinjaman digital tanpa anggunan yang pembayarannya bisa dicicil sampai 12 bulan.

Caranya gimana? Gampang banget. Siapkan KTP, kartu debit BRI, dan juga ponsel. Setelah mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan melakukan pendaftaran, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman dengan memasukkan data dan limit pinjaman. Selanjutnya, pihak CERIA akan melakukan penilaian dan aktiviasi. Setelah limitmu aktif, kamu sudah bisa menggunakan dana dari CERIA untuk berbagai transaksi. Pinjamanmu bisa dicairkan dengan cara ditransfer langsung ke rekening BRI kamu. Selanjutnya, pembayaran dilakukan secara autodebet. Jadi, nggak perlu ribet ke bank, kan? Pokoknya, CERIA bakal bikin usahamu makin ceria karena bunganya juga ceria. Yuk, download dulu aplikasinya di sini.

4. Canva – untuk desain materi promosi dan merketing

Aplikasi Canva via play.google.com

Ide bisnis sudah ada, modal sudah dapat, sedikit-sedikit usaha sudah mulai jalan, tapi kok terasa stuck, ya? Hmm, mungkin promosimu kurang gencar. Namanya usaha baru, kamu harus rajin-rajin promosi. Nah, di era media sosial ini, kamu perlu membuat materi promosi yang menarik dengan desain visual. Nggak perlu khawatir, kalau kamu belum mampu menyewa jasa desainer grafis, kamu bisa memanfaatkan aplikasi desain seperti Canva. Di sana, kamu bisa membuat desain berbagai keperluan. Mulai dari Instagram feeds, kartu nama, pamflet, brosur, poster, hingga buku menu dengan supergampang.

 

Nah, itu dia beberapa aplikasi wajib-punya terutama buat kamu yang ingin atau sedang merintis usaha sendiri. Ingat, nggak ada yang nggak mungkin, kok, selama mau usaha. Intinya adalah kemauan untuk selalu belajar dan mencoba meskipun berisiko. Kalau soal modal usaha, serahkan saja ke CERIA

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi