Bagi si introvert, menemukan pekerjaan yang cocok merupakan hal yang tidak bisa dibilang mudah. Sifat menyendiri yang melekat menjadikan mereka menjadi pribadi yang tertutup dan tak terlalu suka berada di keramaian. Untukmu yang menyadari akan hal ini lebih dini, dari awal mengambil jurusan saat kuliah tentu sudah mempertimbangkan masak-masak mengenai prospek kerja yang bisa diambil jika masuk ke jurusan yang dipilih. Lain cerita jika sampai saat ini kamu masih bimbang mengenai pekerjaan apa yang sebaiknya dilakukan. Karena tak hanya sekedar gaji, tapi bekerja dengan nyaman tentu akan lebih menyenangkan, bukan?

Hipwee Sukses memberikan beberapa alternatif pekerjaan yang cocok untukmu yang punya kepribadian introvert. Simak baik-baik ya!

1. Jadi penulis. Tak perlu bertemu banyak orang, kerjamu hanya mengetik kata demi kata yang kemudian akan membuahkan uang

Jadi penulis via larrykunz.wordpress.com

Penulis merupakan pekerjaan yang penuh dengan imajinasi yang dibangun untuk diwujudkan lewat kata-kata. Penulis di sini bisa kemudian jadi penulis novel, content writer di sebuah start up, atau juga jadi blogger. Tentu akan menyenangkan jika kamu yang introvert bisa menuangkan ide lewat tulisan tanpa harus perlu bekerja dengan orang banyak atau berbicara di depan umum.

2. Programmer dikenal sebagai pekerjaan yang butuh konsentrasi tinggi. Tentu saja ini akan jadi hal yang tepat jika dikerjakan oleh mereka si introvert

Advertisement

Introvert adalah pemikir yang baik dan memiliki tingkat konstrasi yang tinggi. Hal ini tentu akan sangat cocok jika kamu bekerja menjadi programmer. Kemampuan memecahkan coding lewat logika serta tingkat kerumitan yang dimiliki dalam pekerjaan ini menjadi tantangan tersendiri. Untuk seorang introvert, akan menjadi hal yang menarik daripada harus bekerja dalam tim yang diwajibkan bertemu dengan banyak orang.

3. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang introvert punya jiwa seni yang tinggi. Tentu saja sebagai desainer grafis kamu membutuhkan kemampuan itu

Jadi desainer grafis via saveasbrand.com

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang introvert punya jiwa seni yang tinggi. Tentu saja, desainer grafis jadi salah satu pekerjaan yang cocok. Berkutat di balik layar dengan menuangkan ide ke dalam bentuk grafis jadi pekerjaan menarik yang banyak orang introvert suka. Kemampuan tak melulu harus diungkapkan lewat kata tapi juga bisa lewat hasil desain yang mengagumkan. Kamu bisa memilih jurusan Desain Komunikasi Visual saat kuliah agar bisa bekerja di bidang ini.

4. Translator / penerjemah jadi pekerjaan yang membosankan bagi mereka yang suka dengan hingar bingar. Tapi untukmu yang introvert, pekerjaan ini justru sangat menantang

Translator via www.betranslated.com

Pekerjaan ini akan dianggap membosankan bagi mereka yang suka hingar bingar. Tapi, tidak untukmu si introvert. Mempelajari sebuah bahasa tentu jadi tantangan tersendiri, apalagi jika bisa bekerja sebagai penerjemah. Berkutat dengan banyaknya lembar demi lembar yang dihargai tidak sedikit untuk diterjemahkan menjadi hal yang mengasyikan daripada harus bekerja di keramaian.

5. Akuntan merupakan pekerjaan yang butuh ketelitian tinggi. Kemampuan ini paling banyak ditemukan pada mereka yang introvert

Jadi akuntan via www.csr-impact.eu

Orang introvert justru unggul dalam hal ketelitian. Nggak heran kalau akuntan jadi salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk digeluti. Menekuninya meski harus bertemu angka tiap hari tak akan jadi masalah berarti bagi mereka si introvert.

Meski tak terlalu suka dengan keramaian dan hanya mampu terbuka pada orang dan situasi tertentu saja, introvert bukanlah sebuah kekurangan. Justru dengan kemampuan mereka dalam konsentrasi dan juga ketelitian ternyata mampu untuk lebih baik jika diaplikasikan pada pekerjaan yang tepat. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya