Masa-masa galau akan pekerjaan pasti pernah deh terjadi pada diri setiap orang. Menentukan pekerjaan apa yang kamu akan pilih itu nggak gampang. Ada aja kebentur masalah, misalnya nggak sesuai passion atau belum ada modal untuk mengasah skill-mu.

Begitu pula bagi yang udah pekerjaan tetap, bisa aja pengen dapet penghasilan tambahan tapi bingung mulainya dari mana. Kamu bisa mengasah skill terpendam dan menjadikan itu hal yang menguntungkan lho. Nggak perlu kursus mahal, ini skill yang bisa kamu asah:

1. Salurkan hobi dandan, bisa jadi makeup artist. Pekerjaan ini lagi hits!

Pekerjaan ini suka kebanjiran order – Photo by Kaboompics

Sekarang udah banyak banget tutorial make-up yang beredar di YouTube. Mau make-up natural sampai bold pun ada, kamu bisa tuh manfaatin tutorial buat belajar dandan. Gratis kan~ Asah skill-mu modal nonton video tutorial dan pilih produk yang kualitasnya bagus tapi harganya terjangkau. Pertama, kamu bisa mendandani keluarga atau teman secara gratis, foto hasilnya, dan sebarkan di media sosial. Kasih tahu juga kalau kamu menerima jasa MUA. Jangan lupa ikuti tren make-up dan hairdo terkini ya biar banyak yang tertarik. Perlahan pasti banyak yang minta ratecard deh…

2. Memasak, nggak usah muluk jadi chef. Kamu bisa bikin usaha kuliner yang menguntungkan

Bikin makanan kekinian deh, banyak yang mau! – Photo by Kristina Tripkovic

Dunia kuliner lagi melejit banget sampai-sampai banyak UKM kuliner yang jadi viral dan diikuti banyak orang. Kamu bisa manfaatkan peluang ini dengan melihat apa yang disukai pasar dan bikin hal yang berbeda. Coba-coba aja masaksendiri dan upgrade rasanya sampai benar-benar nikmat dan nagih. Misalnya nih lagi viral makanan mentai dengan topping salmon, kamu bisa bikin versi vegetaria dengan wakame atau sayur-sayuran yang dipanggang. Atau bikin es kopi yang berbeda, sekarang aja udah ada tuh es kopi susu rasa semangka.

3. Bikin video klip atau film pendek. Modalnya pun nggak mahal, pakai handphone juga bisa

Modal handphone bisa ambil gambar yang bagus – Photo by Avel Chuklanov

Kalau kamu punya impian ingin jadi sutradara tapi pengen sekolah film nggak diizinin orangtua (eh), kamu bisa asah skill-mu sendiri. Memang sih bikin film itu ada seninya, tapi bisa kok kamu asah skillmu secara mandiri. Bikin film pendek atau video klip nggak perlu kamera mahal, andalkan aja handphone. Tapi nggak semua handphone mendukung videografi. Kalau kamu mau coba-coba bikin video atau film, coba deh pakai OPPO Reno2.

OPPO Reno2 mendukung kebutuhan videografi karena mengusung  Quad Camera yang mengusung kamera utama 48MP + 8MP Ultra Wide Angle Lens 116° + 13MP Telephoto Lens + 2MP Mono Lens. Eits, mash ada banyak fitur canggih lainnya kayak fitur Ultra Steady Video. Hanya dengan menekan satu tombol, hasilnya stabil karena didukung didukung oleh gyroscope dan OIS + EIS.  Belum lagi ada fitur Deep Bokeh Video. Fitur ini bisa menghasilkan efek bokeh yang sangat rapi dan tingkat bokehnya bisa diatur sesuai keinginan.

Nggak cuma gambarnya yang bagus, suara yang direkam pun jernih berkat fitur Sound Focus. Fitur ini bisa memperbesar serta memfokuskan suara yang berasal dari subjek video saat kamera diperbesar (zoom-in) dan diperkecil (zoom-out). Bahkan ada juga fitur  Reduce Wind Noise yang bisa meredam kebisingan sekitar di dalam video dengan memfokuskan perekam pada suara yang datang dari depan kamera. Bisa dibilang OPPO Reno2 ini paket lengkap buat kamu yang mau jadi sutradara film~

4. Menulis, bisa jadi freelance writer atau bikin cerita di wattpad. Terus diterbitin jadi novel deh~

Jangan berhenti di tengah jalan ya! – Photo by Bench Accounting

Banyak lho orang yang dulunya mengaku nggak bisa menulis, eh tapi malah jadi terkenal dan karyanya ditunggu-tunggu. Memang niat yang sudah ada bisa diwujudkan kalau kita terus berusaha. Kayak jadi penulis, kamu bisa asah skill-mu dengan banyak baca jenis buku yang berbeda, mencoba mengulasnya sehingga tahu apa yang kurang, dan rutinlah merangkai kata setiap hari. Intinya jangan putus di tengah jalan, ujung-ujungnya bubar grak. Nah kalau sudah punya karya, kamu bisa mengunggah ceritamu ke Wattpad karena banyak penulis terkenal yang berawal dari sana, lho. Bahkan banyak yang diajak kerja sama dengan penerbit besar.

5. Fasih bahasa Inggris, coba-coba jadi tour guide. Untungnya cukup menggiurkan

Bisa jalan-jalan gratis juga! – Photo by Archie Binamira

Udah banyak yang membuktikan kalau fasih bahasa Inggris bisa dilakukan tanpa kursus. Selain dari situs online, kamu bisa menambah kosa kata dengan rajin menonton berita atau film versi bahasa Inggris untuk menambah skill listening. Terus asah juga skill berbicaramu dengan ngobrol pakai bahasa Inggris bareng teman, pacar, atau keluarga. Salah satu pekerjaan yang bisa kamu ciptakan dari skill ini adalah jadi tour guide. Kamu bisa deketin tour & travel yang sudah ada, terus tanya aja apakah ada lowongan tour guide. Siapa tahu beruntung/ Udah dapat duit, kenalan dengan orang baru, sampai jalan-jalan gratis!

Skill tersebut bisa jadi ladang uang yang menguntungkan asal niat kamu benar-benar bulat. Jadi jangan pantang menyerah untuk terus mencoba dan manfaatkan apa yang sudah ada, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya