Saat hujan, udara yang dingin dan lembap bisa membuat tubuh lesu dan mata mengantuk. Akibatnya kita jadi malas untuk beraktivitas. Apalagi kalau hujan turun di pagi hari. Inilah yang seringkali menjadi keresahan siapa saja yang diharuskan memulai aktivitas di pagi hari, utamannya para pekerja kantoran.

Hal-hal seperti; malas gerak untuk bangun tidur, malas mandi karena dingin, sampai malas berkendara karena jalanan basah dan sebagainnya selalu menjadi penghambat kita untuk pergi ke kantor. Ini menjadi dilema, karena pekerjaan menuntut profesionalitas. Mau nggak mau kita perlu menyiasatinya agar nggak telat datang ke kantor dan tetap produktif seharian.

1. Menambah jadwal alarm dua kali lipat biasanya, supaya kita tetap bisa ‘dipaksa’ bangun pagi meskipun mager

Pasang alarm via trivia.id

Advertisement

Seperti yang kita tahu, turunnya hujan kerap sepaket dengan hawa dingin yang menyelimuti kulit. Hawa dingin seringkali yang menyebabkan tidur kamu lebih pulas dari biasanya. Untuk itu kamu perlu menyiasatinya dengan menjadwal ulang alarm kamu dua kali lipat dari biasanya. Misal jika kamu niat bangun pukul 05.00, maka kamu memasang alarm pukul 04.15.

2. Siapkan makanan dan minuman hangat di pagi hari biar kamu bisa melek dan produktif seharian

Segelas kopi hangat via www.pexels.com

Salah satu yang sering dilupakan oleh para pekerja kantoran adalah sarapan terlebih dahulu sebelum melenggang ke kantor. Meskipun terkesan sepele namun hal ini sangat penting untuk menunjang produktivitas di kantor. Sekarang begini, lebih mudah mana berpikir dengan perut kosong dengan perut yang terisi? Tentu yang kedua, bukan?

Belum lagi di musim hujan seperti ini kondisi tubuh nggak sebugar seperti biasanya, maka perutmu nggak boleh kosong. Selain makanan untuk sarapan, siapkan juga minuman hangat di pagi yang berhawa dingin dengan meneguk minuman yang bisa membuat temperatur tubuhmu hangat dan juga membuat matamu melek seharian.

3. Siapkan alat pelindung seperti payung atau mantel agar tidak kehujanan saat di jalan

Sedia payung sebelum hujan via unsplash.com

Advertisement

Hujan di pagi hari tentu sedikit banyak akan menghambat kamu berangkat kerja. Penyebabnya nggak lain adalah ‘takut basah’. Maka, dari itu sebelum kamu berangkat kamu perlu menyiapkan alat pelindung basah seperti: jas hujan atau payung.

Bagi kamu yang menggunakan mobil, bukan berarti kamu nggak perlu bersiap-siap. Kendati mobil terlindungi dari air dan kamu merasa nggak perlu bawa jas hujan atau payung, namun kamu perlu membawa sandal. Perlengkapan yang ideal bukan?

4. Siapkan baju cadangan supaya kalau ada hal yang nggak terduga yang menyebabkan kamu basah, kamu bisa mengganti bajumu

Baju ganti via www.pexels.com

Nggak ada yang tahu apa yang akan terjadi di waktu mendatang. Mungkin kamu sudah menyiapkan segalanya. Namun, terkadang ada saja hal yang nggak terduga yang bisa menyebabkan pakaianmu basah. Semisal, ketika ada mobil yang melesat kencang di dekatmu membuat genangan air menyiprati hampir seluruh tubuhmu dan menembus jas hujan. Alhasil pakaianmu basah.

Ya, daripada kamu pulang mengganti pakaian atau sepanjang hari mengenakan pakaian basah yang sanggup membuatmu masuk angin, mending kamu siasati dengan membawa pakaian cadangan sebelumnya. Ditambah lagi pakaian ini juga bisa digunakan untuk aktivitas sepulang dari kantor. Jadi kamu nggak perlu repot-repot pulang dahulu untuk mengganti pakaianmu yang telah bercampur keringat ketika seharian bekerja.

5. Pakailah setelan hangat antisipasi kalau kamu kedinginan dan bawa obat-obatan pribadi antisipasi kalau kamu masuk angin atau penyakitmu kumat

Tetap modis saat hujan via unsplash.com

Setelan hangat penting sekali untuk menjaga kondisi tubuh ditengah cuaca hujan. Setelan kemeja dan baju dalam terkadang belum cukup untuk mengatasi hawa dingin yang menyelimuti tubuhmu. Maka dari itu kamu perlu mengenakan setelan hangat agar temperatur tubuhmu bisa dikonsisikan. Sweater, jaket atau syal mungkin bisa kamu siapkan. Di samping melindungi tubuhmu, fungsi mereka juga bisa membuatmu bergaya.

Dan, yang jangan sampai terlupa adalah menyiapkan obat-obatan pribadi. Siapa tahu di tengah jalan kamu masuk angin, alergi kumat, flu dan sebagainya. Hal-hal yang nggak terduga itu bisa kamu siasati dengan membawa obat-obatan pribadi, ya, minimal minyak kayu putih saja cukup.

Biar bagaimana pun kondisi cuacanya pekerjaan tetaplah kewajiban yang harus dilakukan dengan asas profesionalitas. Jangan jadikan hujan sebagai alasan untuk bermalas-malasan, ya. Itulah tadi sedikit tips anti malas menyiasati hujan di pagi hari. Semoga bermanfat dan dapat membuat tetap produktif dalam beraktivitas maupun bekerja.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya