5 Trik Sukses Jadi Content Creator, Terutama Buat Kamu yang Masih Newbie

Trik sukses jadi content creator

Di era milenial, content creator adalah profesi yang menjanjikan dan sangat dibutuhkan, terutama di bidang pemasaran. Apalagi saat ini orang akan lebih klik dengan konten yang berbau visual seperti poster, video, ilustrasi, ataupun animasi. Mungkin karena ini juga,  meski sedikit-sedikit kita perlu juga belajar tentang skill desain grafis. Agar bila update sesuatu di media sosial bisa lebih estetis. Ya, ‘kan?

Namun, menjadi content creator juga nggak bisa santai, lho. Semakin luas definisi content creator, semakin ketat pula persaingan di dalamnya. Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk “bertahan” di dunia content creation, terutama bila kamu newbie.

1. Jangan malas mencari tahu apa yang orang-orang suka

Cari tahu apa yang orang suka | dok MSI via www.hipwee.com via www.hipwee.com

Seorang content creator akan selalu terhubung dengan orang banyak. Oleh karena itu, menjadi relevan dengan tren yang sedang berkembang merupakan keharusan. Misalnya kamu pengen bikin komik slice of life, tentu kamu perlu tahu apa yang sedang hits sekarang. Karyamu akan lebih mudah diterima dan dapat menarik banyak penikmat. Sebagai pemula, langkah ini juga sangat penting karena juga bisa mengukur “pasar” mana yang cocok untukmu.

2. Temukan passion-mu supaya audiens mudah mengenali identitasmu

Temukan bidang atau passion-mu | dok. MSI via www.hipwee.com via www.hipwee.com

Mengikuti tren yang sedang berkembang bukan berarti kamu harus membuat konten yang nggak kamu suka. Malahan, kamu perlu menemukan passion kamu. Misalnya kamu suka dunia olahraga, ya buatlah konten yang berbau olahraga. Lalu, jika kamu seorang desainer grafis, penting juga tuh untuk menemukan sebuah gaya yang membuatmu nyaman. Jangan berusaha keras untuk menjadi orang lain. Hal ini hanya akan menjauhkanmu dari ciri khas yang nantinya akan melekat di benak audiens.

3. Siapkan gadget yang mendukung supaya terhindar dari masalah teknis

Gunakan gawai yang mumpuni | dok. MSI via www.hipwee.com via www.hipwee.com

Memproduksi sebuah konten bukan hal mudah. Butuh waktu yang nggak sedikit sejak dari ide hingga konten bisa dinikmati khalayak. Oleh karena itu, pastikan gadget yang kamu pakai benar-benar mumpuni. Sayang ‘kan, udah susah payah mikirin ide konten, pas mau eksekusi laptop malah lemot atau bahkan nge-hang?

Jika format kontenmu adalah video, maka kamu perlu laptop yang mampu mengakomodasi sejumlah aplikasi yang mungkin akan berjalan dalam waktu bersamaan alias multitasking. Begitu juga bila kamu membuat konten dalam bentuk ilustrasi atau animasi di mana ide kadang muncul di waktu-waktu tak terduga. Untuk hal-hal semacam ini, laptop yang powerful seperti MSI Creator Z16 yang kamu butuhkan. Didedikasikan khusus bagi content creator, laptop ini menjanjikan performa terbaik berkat dukungan prosesor hingga Intel Core i9 generasi ke-11 terbaru, yang pastinya bisa diandalkan untuk berbagai keperluan content creation seperti animasi, editing video, ilustrasi, hingga desain grafis.

Dengan laptop MSI Creator Z16 kamu juga nggak akan terkendala pada saat merender dan mengedit video HDR RAW hingga 8K yang biasanya memakan waktu lama. Proses editing yang sering bikin content creator uring-uringan ini nggak akan terjadi, karena MSI Creator Z16 sudah ditenagai GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series yang menawarkan kecepatan lebih dari sebelumnya.

Selain itu, laptop MSI Creator Z16 yang bisa didapatkan dengan promo menarik Back To Office ini sudah dilengkapi resolusi QHD+ dan teknologi True Pixel, loh. Dengan kata lain, gambar yang nyaris nyata dan akurasi warna yang mengagumkan sudah pasti akan kamu dapatkan pada setiap konten. Dengan begitu, kamu sudah siap untuk menelurkan konten-konten yang berkualitas juara secara teknis. Tinggal ide-nya saja yang perlu digodok, nih.

Promo Back To Office berlangsung mulai tanggal 1 Oktober hingga 15 November 2021 dan berlaku untuk hampir seluruh laptop MSI seri Content Creation seperti MSI Creator Z16 dan MSI Creator  M16 serta laptop MSI seri Business & Productivity seperti laptop MSI Modern. Selain diskon hingga Rp3 juta, kamu juga bisa mendapatkan beragam bonus menarik hingga senilai Rp1,2 juta yang meliputi MSI Mouse, MSI Tumbler, hingga Microsoft Office 365. Selengkapnya tentang promo ini kamu bisa mengunjungi MSI Back To Office.

Jika sudah mantap untuk meminang MSI Creator Z16 sebagai partner content creator, atau laptop MSI seri Content Creation dan seri Business & Productivity lainnya untuk menunjang produktivitas dengan promo menarik Back To Office, kamu bisa langsung menyambangi dealer resmi MSI selama periode promosi, baik secara online maupun offline, atau klik saja di sini. Buruan, ya, karena promo ini hanya tersedia selama persediaan masih ada. Hadiah dalam promo menarik ini bisa kamu klaim hingga 30 November 2021 nanti.

4. Upgrade skill dan pengetahuan karena industri kreatif selalu bergerak dan dinamis

Upgrade skill kamu | dok. MSI via www.hipwee.com via www.hipwee.com

Sebagai seorang content creator kamu nggak boleh berpuas diri. Skill-mu harus meningkat setiap harinya karena perkembangan teknologi, tren, dan industri kreatif sangat dinamis alias senantiasa bergerak. Kalau kemampuanmu cuma gitu-gitu aja, bukan mustahil kamu akan ketinggalan zaman. Eits, bila perlu kamu juga harus belajar tentang SEO agar kontenmu lebih mudah ditemukan oleh audiens.

5. Practise make perfect, jadi jangan malas membuat karya baru

Konsisten buat konten baru | dok. MSI via www.hipwee.com via www.hipwee.com

Seperti kata orang bijak, practise make perfect. Kalimat tersebut harus kamu yakini jika benar-benar ingin berkecimpung di dunia content creator. Jangan bosan untuk melatih kemampuan dengan cara terus membuat konten baru. Jangan kalah sama mager dan alasan “nggak ada inspirasi”, ya. Ingat, konsistensi adalah kunci penting dalam keberhasilan

Dari kelima trik di atas, satu yang terpenting adalah keberanian untuk memulai. Semuanya bakal sia-sia kalau kamu nggak berani mulai. Nah, sudah sejauh mana, sih, senjatamu untuk menjadi content creator sukses?

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi