Setiap orang tentu ingin terlihat menonjol dalam lingkungan pergaulannya. Namun, menjadi sosok yang ‘keren’ sekaligus disukai dalam pergaulan bukanlah perkara mudah. Nggak semua yang kita lakukan bisa diterima orang lain, apalagi membuat mereka nyaman. Bahkan banyak di antara kita yang rela menekan diri sendiri, termasuk berpura-pura menjadi orang lain agar dianggap keren dan diakui eksistensinya. Biasanya hal ini diwujudkan dalam setiap postingan di media sosial.

Padahal, terlalu mengandalkan media sosial agar terlihat keren bisa jadi bumerang bagi kita. Dikatain ‘pencitraan’ lah, sok lah, banyak gaya lah. Alih-alih terlihat keren, cap yang kita dapat justru “sok keren”. Nah biar usaha jadi kerenmu nggak gagal, kamu harus tahu seni dan etikanya. Berikut beberapa trik yang bisa kamu praktikkan dalam bergaul dengan lingkungan sekitar, agar label keren bisa dengan mudah kamu dapatkan.

1. Berpenampilan lah untuk mendukung identitas dan kepribadianmu, bukan semata-mata mencari perhatian

Penampilan adalah identitas via www.bloglovin.com

Advertisement

Penampilan fisik memang nggak selalu menjadi jaminan untuk mendapat predikat keren, tapi umumnya orang yang menjaga penampilannya banyak disukai. Bagaimanapun, ‘kemasan’ fisik merupakan nilai estetis yang bisa mendukung kesan pertama seseorang di mata orang lain. Namun, kamu nggak perlu berlebihan atau memaksakan diri untuk mendapat kesan yang baik. Cukup tampil dengan outfit yang kamu banget untuk menyajikan identitas dan kepribadianmu sendiri. Kesederhanaan, kerapian dan kenyamanan penampilan pasti akan disukai orang lain meskipun nggak sekeren selebriti.

Show your own style!

2. Gali kemampuan yang kamu miliki dan gunakan talenta tersebut sebagai nilai tambah yang memperkaya profilmu

kembangkan hobi via www.pexels.com

Setiap orang memiliki kemampuan dalam dirinya, termasuk juga kamu. Cobalah untuk menggali kemampuan yang ada dalam dirimu agar bisa kamu optimalkan. Jika kamu merasa belum punya kemampuan khusus, temukanlah dengan mencoba berbagai macam hal yang sekiranya menarik perhatianmu. Semua ini tergantung niat dan tekad kok.

Advertisement

Nah, kalau kamu merasa jago ngelawak di antara temanmu yang lain, gunakan kelebihanmu ini sebagai nilai plus yang ada dalam dirimu. Pun demikian bagi kamu yang tertarik di dunia seni rupa. Kembangkan minat dan hobimu itu agar jadi ciri khas yang kamu banget. Coba deh ikutan Pin Ur Way Project dari Go Ahead People. Di sini, KOL dan dewan juri akan memberimu tantangan untuk mendesain pin sekreatif mungkin mengikuti instruksi yang diberikan. Yang hobi menggambar atau sering kepikiran untuk membuat desain kaos, goodiebag, dan pin sendiri wajib ikutan. Submit karya terbaikmu di GoAheadPeople.id sebelum tanggal 28 Desember 2017, tiga karya terbaik pilihan dewan juri akan benar-benar diproduksi lho! Kesempatan emas untuk unjuk gigi nih. Sudah bukan saatnya bakatmu hanya dipendam dalam diri saja.

3. Rajin-rajinlah membaca untuk memperkaya pengetahuanmu, biar bisa nyambung saat diajak ngobrol tentang apapun

baca! via www.pexels.com

Orang yang gemar membaca bukan berarti cupu. Aktivitas membaca itu nggak melulu baca buku novel atau fiksi kok, membaca berita di media online juga termasuk di dalamnya. Luangkan waktumu setiap harinya untuk menyempatkan diri membaca berita dan juga informasi aktual yang terjadi di sekitarmu. Hal ini nggak cuma menambah khazanah pengetahuanmu, tapi juga supaya kamu nggak roaming-roaming amat saat diajak ngobrol soal hal-hal yang lagi trending. Nah, kalau kamu sudah bisa nyambung diajak ngobrol tentang apapun, nggak bakal aneh deh kalau istilah keren jadi nama tengahmu!

4. Berhenti membicarakan gosip-gosip yang tidak perlu. Apalagi yang benar tidaknya kamu juga tidak tahu

Bicara tentang karya via www.ft.com

Sebagai anak muda yang keren dan inspiratif, baiknya kamu hindari pembicaraan yang kurang bermanfaat seperti bergosip atau menyebarkan desas-desus yang nggak jelas faedahnya. Meskipun kelihatannya asyik, tapi sikap mengurangi kadar kekerenanmu lho. Iya kalau gosipnya benar, kalau salah? Bisa-bisa kamu dicap jadi tukang gosip yang kosong otaknya. Nggak mau ‘kan? Lebih baik diam saja dan memaksa diri sendiri untuk berbenah, daripada hanya ghibah yang tidak berfaedah.

5. Selalu ada momen menyebalkan yang nggak terhindarkan. Tapi belajar menahan emosi dan tetap tenang, akan membuatmu lebih keren di mata orang

Belajar kontrol emosi via www.123rf.com

Meski hari sial itu nggak ada, tapi kadang memang ada kejadian-kejadian menyebalkan. Entah itu kejadian tak terduga yang membikin panik luar biasa, atau bertemu orang menyebalkan yang membuat emosi tingkat dewa. Di sinilah kamu dituntut untuk pandai-pandai mengatur emosi. Amarah meluber tak terkendali akan membuat orang takut dan malas mendekat tak peduli kamu benar atau salah. Menjadi sosok yang tenang dalam situasi apapun, akan membuat orang nyaman berada di dekatmu. Dan saat kamu dikelilingi banyak orang, dengan sendirinya predikat keren kamu dapatkan.

6. Kamu akan lebih dihargai dalam pergaulan dengan menjadi diri sendiri tanpa berpura-pura menjadi orang lain

Jadi diri sendiri via www.123rf.com

Tampilkan dirimu yang apa adanya, jangan memaksakan diri untuk meniru gaya orang lain biar disegani orang. Pakai gayamu sendiri, kejar mimpi-mimpimu sendiri, dan jangan ragu meski kamu harus berdiri sendiri dengan prinsip yang kamu miliki. Dengan memiliki gaya sendiri, otomatis kamu akan mudah terlihat. Dan predikat keren pun bisa didapat. Asalkan kamu tetap ingat untuk memegang teguh etika ya. Bebas mengekspresikan diri, bukan berarti lupa menghargai orang lain

Berusaha menjadi pribadi yang baik dengan tidak mengingkari jati diri lebih keren ketimbang menuntut diri untuk mengikuti perkembangan zaman. Begitu juga dengan menjadi ahli atau terlihat passionate dengan hobi. Jangan ragu untuk mencoba dan mengembangkan diri. Sebab potensi sebesar apapun akan sia-sia kalau cuma kamu pendam sendiri. Semisal kamu senang desain, mulailah mengikuti berbagai kompetisi seperti Pin Ur Way Project dari Go Ahead People, supaya kemampuanmu kian terasah lagi dan lagi.

Pada akhirnya, tak perlu serupawan selebriti, kamu bisa menjadi sosok keren versimu sendiri. Dan bila keren di kehidupan sosial serta lingkungan sudah kamu genggam, otomatis keren di media sosial akan mengikuti.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya