Banyak anak muda yang ingin menunjukkan tajinya dengan terjun ke dunia usaha. Mereka berlomba-lomba ingin menjadi pengusaha sejati dan bisa sukses dengan jerih payah sendiri. Namun terkadang impian besar ini terbentur sedikitnya modal yang dipunyai. Jika sudah begini rasa-rasanya keinginan untuk menjadi pebisnis muda pun hanya sebatas mimpi.

Padahal sebenarnya ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan modal usaha. Penasaran apa saja? Yuk, simak penjabaran Hipwee berikut ini!

Berkomitmenlah pada diri sendiri untuk menyisihkan 20% dari gaji. Uang yang terkumpul bisa dijadikan modal untuk merintis bisnis sendiri.

modal usaha

modal usaha via smart-money.co

Advertisement

Tak perlu terburu-buru untuk mewujudkan mimpi menjadi seorang pebisnis sejati. Justru dengan memiliki waktu yang lumayan panjang kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya secara lebih matang. Mulai dari konsep yang sudah terpeta sempurna hingga modal awal yang harus tersedia.

Untuk bisa memiliki modal awal, kamu bisa kok mengumpulkannya dari uang gaji yang kamu terima tiap bulan. Buat komitmen pada diri sendiri untuk tak lagi menghamburkan uang demi hal yang tak perlu. Disiplinkan diri juga untuk menyisihkan 20% dari uang gaji yang kamu terima. Dijamin dalam jangka waktu beberapa tahun kamu sudah memiliki modal yang cukup untuk mendirikan bisnis rintisan sendiri.

Patungan dengan kawan yang memang bisa diajak bekerja sama. Beban modal jadi lebih ringan karena ditanggung bersama.

modal usaha

modal usaha via www.entrepreneur.com

Apabila modal awal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha sendiri lumayan besar, kamu bisa kok mengajak kawan untuk bermitra. Ajak saja kawan untuk patungan demi mengumpulkan modal awal bersama. Selain memiliki kawan sebagai mitra bisnis dan diajak patungan modal awal, bukan tak mungkin bebanmu ke depan jadi terasa lebih mudah karena segalanya akan ditanggung bersama.

Advertisement

Sebagai catatan, carilah kawan yang memang senang bekerja keras dan bertanggung jawab. Sehingga, nantinya dia benar-benar bisa diajak bekerja secara profesional dan bisnis kalian bukan hanya untuk ajang main-main saja.

Tak perlu malu untuk meminjam modal pada orangtua. Kamu bisa menggantinya dengan keuntungan yang bakal kamu dapat nantinya.

modal usaha

modal usaha via www.majalahberita.com

Selain mengumpulkan modal dari uang gaji dan mengajak kawan untuk bermitra, kamu juga bisa kok meminjam dana pada orangtua. Tak perlu malu, justru mereka adalah investor yang paling setia. Selain lebih aman karena tak memiliki bunga dan tak perlu menyerahkan jaminan. Meminjam uang pada orangtua juga akan meringankan bebanmu, kamu bisa menggantinya dengan keuntungan yang bakal kamu dapatkan nantinya dengan sistem cicilan.

Jual barang yang sudah tak terpakai lagi, hasilnya lumayan untuk tambahan dana usaha.

modal usaha

modal usaha via vk.com

Menyisihkan uang saja tak cukup supaya modalmu bisa makin banyak terkumpul. Kamu juga bisa mendapatkan tambahan modal dengan menjual barang-barang yang tak perlu. Menjual barang-barang lamamu tak hanya akan membantu membersihkan rumah namun kamu juga jadi mendapat tambahan uang.

Bila perlu buka juga deposito di bank, dengan begini uang yang memang diperuntukkan untuk modal usaha bisa disimpan di sini. Uang yang terkumpul pun tak akan bisa seenaknya diambil karena memiliki jangka waktu tertentu.

Cari tambahan modal dari crowdfunding. Bermodal internet saja kamu dengan mudah bisa menghasilkan dana usaha.

modal usaha

modal usaha via smartgirlsgroup.com

Sekarang ini kamu bisa mendapatkan suntikan modal dari mana saja. Bahkan berbekal internet dan laptop pun bisa kamu lakoni demi menggaet para calon sponsor. Lewat cara ini kamu bisa menghemat waktu dan tenaga karena kamu hanya perlu mempublikasikan link proyekmu. Di Indonesia sendiri ada beberapa website crowdfunding yang bisa kamu coba, seperti kitabisa, wujudkan, dan crowdtivate. Jangan lupa juga untuk membuatnya tampak menawan sehingga banyak para calon sponsor tertarik untuk menyuntikkan modal.

Putar otak dan cari usaha yang tak perlu modal awal. Berbisnis dengan sistem dropship pun layak dijadikan pilihan!

Tak semua bisnis membutuhkan modal besar. Apabila sekarang ini dana yang kamu punya pas-pasan, kamu bisa memutar otak untuk mencari bisnis dengan modal awal yang kecil. Bahkan, ada kok jenis usaha yang bisa kamu mulai dengan 0 rupiah. Berbisnis dengan sistem dropship layak dijadikan pilihan.

Kamu tak perlu menyediakan modal untuk menjalani bisnis ini. Kamu hanya bertugas menyalurkan barang dari tangan pertama kepada para reseller ataupun konsumen. Jangan memandang sebelah mata dulu pada jenis usaha satu ini, karena kamu bisa mengantongi untung hingga 50% per itemnya. Menggiurkan bukan?

Sering-sering saja datang ke acara seminar. Selain menambah wawasan dan relasi, siapa tahu ada yang mau menyuntikkan modal besar.

Rajin-rajin mengikuti banyak event serta seminar harus dilakukan sebagai seorang pebisnis pemula. Bertemu dengan banyak orang, kolega, serta senior dalam berbisnis tentu akan memberikan banyak manfaat bagimu. Tak hanya mampu memetik ilmu dari mereka, kamu juga bisa sharing demi mendapat masukan serta saran yang membangun.

Selain itu, datang ke banyak acara yang berhubungan dengan bisnismu tentu akan membuka kesempatan baik untuk penambahan modal usahamu, Bukan tak mungkin ada di antara mereka yang bersedia menyuntikkan modal besar di bisnis yang akan kamu geluti nanti.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk mengumpulkan modal usaha demi menggeluti bisnis sendiri?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya