Apa sih pekerjaan impianmu?

Bisa dikatakan setiap orang memiliki pekerjaan impiannya. Entah itu sebagai penulis, guru, seniman, pebisnis, hingga menjadi karyawan perusahaan tertentu. Perlu digarisbawahi bahwa pekerjaan impian tak berarti harus menghasilkan banyak uang. Namun, pekerjaan ini membuatmu merasa bisa berkontribusi dan kamu benar-benar bahagia ketika melakukannya.

Tentu saja pekerjaan impian harus diperjuangkan. Nah, supaya perjuanganmu meraih dream job tak sia-sia, wajib hukumnya untuk membekali diri dengan 7 hal di bawah ini!

Pahami benar kenapa kamu menginginkan pekerjaan ini. Dream job adalah pekerjaan yang membuatmu merasa bahagia, bukan hanya karena punya uang saja.

pekerjaan impian via www.thejakartapost.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami apa sebenarnya dream jobmu. Selain itu, tanyakan kepada dirimu sendiri.

Advertisement

Kenapa kamu menginginkan pekerjaan ini?

Jujurlah kepada diri sendiri ketika menjawab pertanyaan ini. Untuk mempermudahnya buat saja daftar hal-hal baik yang seharusnya kamu rasakan ketika mengemban pekerjaan ini. Apakah kamu menjadi makin berarti sebagai manusia karena sudah membawa perubahan. Apakah pekerjaanmu ini membuatmu jatuh hati dan seakan kamu tak menginginkan pekerjaan lainnya?

Jika setelah melakoninya dan kamu tak merasakan hal baik yang sudah kamu tuliskan tadi, maka mudah saja untuk menyimpulkan apakah pekerjaan yang sekarang sedang dilakoni adalah dream job atau bukan. Karena memang pekerjaan impian selalu berhasil membuatmu bahagia tak peduli seberapa besar uang yang kamu hasilkan.

Untuk menggapai pekerjaan impian, siap-siaplah berkorban. Tinggal jauh dari keluarga sampai LDR mungkin tak terelakkan.

pekerjaan impian via travel.detik.com

Pekerjaan impian ibarat cita-cita yang butuh pengorbanan sebelum benar-benar bisa tergenggam tangan. Ada sederet hal yang harus kamu korbankan untuk bisa meraihnya. Misalnya saja, kamu harus tinggal jauh dari keluarga dan pergi merantau. Tak dipungkiri kamu pun mau tak mau harus mencantumkan LDR sebagai salah satu hal yang dilakukan.

Selalu ingatkan diri sendiri bahwa memang harus ada harga yang dibayar untuk meraih hal yang diinginkan.

Meski ini adalah pekerjaan impian, bukan tak mungkin kamu juga akan merasa bosan. Sadari betul kemungkinan ini sedari hari pertama berjuang.

pekerjaan impian via www.bloomberg.com

Pekerjaan impian tak akan menghindarkanmu dari rasa bosan. Rutinitas yang itu-itu saja akan sangat berpeluang untuk menciptakan kejenuhan. Maka dari itu, ingatkan dirimu sendiri di awal berjuang meraih pekerjaan ini. Ingatkan diri bahwa kemungkinan untuk merasa bosan sangat mungkin sekali muncul.

Setiap pekerjaan pasti menghasilkan rasa bosan. Kamu tahu kamu mencintai pekerjaanmu ketika kamu tetap bekerja di balik rasa bosan itu.

Fokusmu memang meraih pekerjaan impian, namun jangan menutup tawaran lain yang datang. Bukan tak mungkin pekerjaan lain bisa dijadikan batu loncatan.

pekerjaan impian via women2.com

Yang menjadi fokus satu-satunya saat ini memang pekerjaan yang satu itu, namun jangan begitu saja menutup diri dari berbagai tawaran lain yang datang. Siapa tahu justru pekerjaan lain ini merupakan anak tangga yang akan mengantarkanmu hingga ke depan pintu gerbang pekerjaan impian.

Lagipula, mengerjakan pekerjaan lain sembari menunggu dream job akan banyak mendatangkan keuntungan bagimu. Tak bisa dipungkiri akan ada ilmu, skill, serta pengalaman lain yang akan dipelajari. Bahkan, kamu juga bisa menemukan banyak relasi yang justru bisa mendatangkan pekerjaan impianmu untukmu.

Ketika sudah mendapatkan pekerjaan impian, tujuanmu tak lekas usai begitu saja. Tetap tempa diri sendiri supaya jadi pioneer di bidangnya.

pekerjaan impian via www.huffingtonpost.co.uk

Tujuan yang kamu targetkan kepada diri sendiri adalah meraih pekerjaan impian. Namun, jangan sampai hal ini justru menjadi bumerang. Jangan sampai kamu jadi berhenti berusaha ketika impianmu sudah terwujud. Setelah pekerjaan impian tergenggam, target selanjutnya adalah bagaimana menjadi yang terbaik di bidangnya. Tetap tempa diri sendiri dan peras keringat hingga habis.

Rute jalan yang akan kamu lewati mungkin akan berkelok dan panjang, namun teruslah berjalan karena kamu sudah ada di jalur yang benar

pekerjaan impian via cowboyzoom.com

Tiap orang menempuh rute yang berbeda demi meraih pekerjaan impiannya. Mungkin ada yang akan menempuh rute pendek dan singkat, namun ada juga yang dihadapkan dengan rute berkelok dan panjang. Ketika kamu merupakan orang yang dihadapkan pada rute kedua, jangan cepat hilang asa apapun yang terjadi.

Jangan berhenti melangkahkan kaki. Boleh saja jika kamu ingin berhenti sejenak demi beristirahat supaya lebih kuat melanjutkan perjalanan. Namun, jangan sekali-kali berhenti melangkahkan kaki karena merasa bebanmu tak ringan. Percayalah, berbekal tekad baja dan kesungguhan, pekerjaan impian akan bisa segera kamu dapatkan.

Banyak orang menemukan pekerjaan impiannya secara tak sengaja. Daripada stuck menargetkan perusahaan tertentu, lebih baik menjaga pikiran tetap terbuka.

pekerjaan impian via www.google.com

Memang tak semua orang langsung mengetahui apa yang menjadi pekerjaan impiannya. Jika kamu termasuk ke dalam golongan ini, maka kamu tak perlu terburu-buru menargetkan diri di perusahaan tertentu kemana kamu akan berkarier. Jaga pikiranmu tetap terbuka karena pekerjaan impian bisa datang secara tak sengaja.

Sampai hari ini, sudahkah kamu memiliki tips sendiri sebelum meraih pekerjaan impian? Jika ada, bagikan di kolom komentar yuk!