Banyak hal yang bisa kita pelajari dari cerita kesuksesan orang-orang besar seperti Bill Gates dan Sheryl Sandberg. Misalnya, cara mereka mendapatkan ide, membangun usahanya, sampai kebiasaan-kebiasaan unik yang dipercayai jadi kunci kesuksesan mereka.

Penasarankah kamu dengan hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang super sukses ini di penghujung hari? Kalau iya, simak yuk bahasan Hipwee kali ini!

1. Pengambilan Keputusan Penting Sudah Dilewati di Awal Hari, Sehingga Mereka Bisa Menghabiskan Malam Hari dengan Tenang

sleeping-beauty3-PANf

Advertisement

Pada hakikatnya, mengambil keputusan yang tepat itu sangat penting dalam meningkatkan tingkat produktivitasmu. Semakin banyak kamu mampu membuat keputusan yang tepat pada setiap belokan kehidupanmu, maka kamu akan semakin cepat dan efektif mencapai tujuan akhirmu. Padahal, kita semua tahu kalau membuat keputusan yang tepat itu bukanlah hal yang mudah.

Orang-orang yang sudah berhasil mencapai berbagai tujuan dalam kehidupannya sangat memahami dilema ini. Mereka yang sudah terlatih membuat berbagai keputusan penting dalam hidup juga tahu bahwa waktu terbaik untuk membuat keputusan adalah pada permulaan hari — yaitu ketika pemikiranmu masih segar dan optimal.

Maka dari itu mereka adalah tipe orang yang tidak akan menunda-nunda sampai penghujung hari untuk membuat keputusan penting. Jika kamu mau mengikuti jejak orang-orang ini berusahalah untuk memprioritaskan keputusan besarmu untuk hari ini pada awal hari. Karena jika terus menundanya, kamu hanya akan menambahkan kemungkinan mengambil keputusan yang salah.

2. Mereka Memastikan Bahwa Tiap Item di To-Do List Hari Itu Telah Tercoret

Advertisement

Disamping tahu cara menciptakan produktivitas, kamu juga harus tahu bagaimana mempertahankan produktivitas tersebut. Salah satu cara paling efektif untuk menjaga konsistensi tersebut adalah dengan tiap harinya memiliki agenda khusus terkait hal-hal apa saja yang harus kamu selesaikan hari ini. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi modern seperti Wunderlist, untuk mengawasi progres pribadimu dalam memenuhi agenda hari ini. Tapi jika secarik kertas yang kamu tempelkan di layar laptop sudah memenuhi fungsi yang sama, tidak apa-apa.

Orang-orang yang super sukses adalah orang yang mampu menyelesaikan semua daftar dalam agenda yang ia harus lakukan hari itu. Tapi bukan hanya perkara menyelesaikannya, mereka juga tahu cara menyesuaikan kemampuan dengan beban pekerjaan yang diambil supaya dapat menyelesaikannya secara efisien.

Percuma saja jika kamu menjadwalkan banyak hal untuk terselesaikan pada hari ini, kalau ternyata kamu tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk menyelesaikan daftar yang panjang tersebut. Bisa jadi, kamu justru akan mengalami tekanan di penghujung hari karena kegagalanmu merampungkan target harianmu.

3. Mereka Tidak Hanya Sekadar Mencapai Target, Tapi Juga Merampungkan Segala Hal Dengan Rapi Sehingga Dapat Beristirahat Tanpa Beban

sunset-successconcept

kepuasan setelah melalui hari yang produktif itu obat tidur terbaik via www.lawpracticetoday.org

Bagi mereka ukuran kesuksesan suatu hari tidak hanya bergantung pada daftar agenda sederhana, tapi lebih ke perasaan puas bahwa mereka telah melakukan apa yang harus mereka lakukan sebaik mungkin. Karena puas, mereka pun lega untuk bercengkerama dengan teman dan orang tua, atau sekadar ingin makan sesuatu yang enak.

Dengan memenuhi segala kewajiban dan keinginan yang dimiliki hari ini, kamu akan dapat beristirahat dengan pikiran yang enteng. Pikiran yang tenang dapat adalah kondisi terbaik untuk menyambut datangnya hari dan agenda baru.

4. Mereka Mengakhiri Hari Dengan Bersiap-Siap Untuk Esok

things-arranged

tidak akan ada barang yang tertinggal jika dipersiapkan dengan rapi pada malam sebelumnya via themewich.com

Mereka yang mencapai posisi puncak dan menjadi terbaik dalam bidangnya adalah orang yang penuh dengan persiapan. Mereka memahami arti penting persiapan karena dengan begitu mereka memiliki ruang untuk antisipasi dan kontrol yang lebih dari situasi yang mereka hadapi.

Maka dari itu kegiatan terakhir yang dilakukan oleh kelompok orang sukses ini adalah memastikan bahwa mereka tahu apa saja yang akan mereka lakukan besok dan strategi yang akan mereka gunakan untuk menghadapinya. Dengan begitu, mereka akan dapat beristirahat dengan pikiran yang tenang dan bangun dengan percaya diri di pagi hari.

5. Mereka Tidak Hanya Mengatur Apa Yang Mereka Pikirkan, Tapi Juga Apa Yang Mereka Makan

foods-you-should-never-eat-before-bedtime

usahakan makan sayuran atau buah organik dan yang jelas hindari kafein via www.naturalhealthcareforyou.com

Mereka yang mampu memimpin perusahaan atau institusi terbesar di dunia ini pasti adalah orang yang mengerti pentingnya menjaga keseimbangan pikiran dan fisik untuk menyokong rutinitas padat mereka. Mereka mengerti bahwa tidak cukup memiliki ide yang brilian atau kemampuan managerial perusahaan yang cakap, jika secara fisik kamu tidak mampu menyelesaikan ide atau mempraktikkan kemampuanmu itu.

Maka dari itu disamping olah raga rutin, mereka juga mengatur makanan terakhir di penghujung hari yang selain akan menentukan kualitas istirahat juga akan mempengaruhi kondisimu di pagi hari. Mereka akan menghindari makanan-makanan yang mengandung kafein dan lemak yang membuat mereka terjaga lebih lama dari sebelumnya dan memotong waktu istirahat mereka.

6. Mereka Memperlakukan Malam Sebagai Waktu Yang Tepat Untuk Bersantai

9-things-successful-people-do-right-before-bed

bersantai sebelum tidur dengan buku favorit via static1.businessinsider.com

Banyak orang-orang yang berhasil meraih kesuksesan mereka dengan ketekunan mengerjakan tugas sampai larut di malam hari atau bahkan sampai tertidur ketika mengerjakannya. Tapi apakah kamu tahu, bahwa orang yang super sukses justru melakukan hal yang sedikit berkebalikan dengan itu? Bill Gates harus membaca untuk mengistirahatkan pikirannya sebelum tidur. Ariana Huffington sengaja mematikan semua peralatan elektronik dan media sosial. Sedangkan CEO Buffer terbiasa jalan-jalan malam sebelum tidur.

Orang-orang yang super sukses ini tahu manfaat dari mengalokasikan sedikit waktu untuk bersantai dan menurunkan ritme tubuh sebelum akhirnya tidur di malam hari. Cara ini ternyata juga terbukti akan membuat badanmu jauh lebih segar di pagi hari. Jadi tidak selamanya bekerja tanpa kenal lelah itu cara terbaik mencapai kesuksesan, untuk menjaga dan meningkatkan kesuksesanmu ke level berikutnya kamu justru harus tahu kapan dan bagaimana cara yang tepat untuk bersantai.

7. Mereka Memiliki Jadwal Tidur Yang Konsisten

SmashAlarmClock

jangan singkirkan alat yang akan mambantumu tidur dan bangun tepat waktu via www.dormeo.co.uk

Tahukah pola khusus yang ditemukan dalam kebiasaan-kebiasaan orang paling berpengaruh di dunia ini? Mereka memiliki jadwal harian yang konsisten, termasuk masalah tidur. Dengan memiliki jadwal yang tepat, kamu akan lebih mudah memetakan alokasi penggunaan waktumu tiap harinya.

Kamu akan mengetahui kapan waktu paling produktif buatmu dan kapan waktu yang tepat untuk kamu mengambil istirahat sejenak untuk meremajakan energimu. Jika jadwalmu tidak terduga, kamu akan mengalami kesulitan untuk mengontrol semua hal yang menentukan produktivitasmu tersebut. Ini adalah cara konkrit yang telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Semua kebiasaan orang-orang yang super sukses ini ternyata sangat mudah untuk diikuti kan? Kamu hanya perlu mengumpulkan niat dan kegigihan untuk bisa konsisten menjalankan rutinitas ini. Semua orang ternyata punya harapan untuk bisa sesukses Bill Gates. Lagipula tidak ada salahnya kan mencoba rutinitas-rutinitas baik ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya