Apakah yang menentukan kesuksesan hidup seseorang? Banyak hal tentunya. Tapi jika dikaitkan dengan kecerdasan seseorang, ternyata 80% kesuksesan kita ditentukan oleh kecerdasan emosional. Segala keputusan dan pengendalian diri dikelola dalam kecerdasan emosional atau emotional intelligence manusia.

Tidak hanya itu, emotional intelligence ini juga begitu berpengaruh untuk menjaga tingkat pengelolaan stres yang kita alami. Orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi biasanya cenderung memilki kemampuan kerja yang memuaskan, kesehatan fisik dan mental yang stabil, serta kemampuan komunikasi yang efektif.

Advertisement

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi? Coba simak tanda-tanda berikut ini, jika kamu memilikinya, bisa jadi kamu termasuk orang yang berpeluang lebih besar untuk meraih kesuksesan.

1. Kecerdasan emosional membuatmu tahu bagaimana cara membuat hidupmu dan orang di sekitar lebih bahagia dan bermakna

bahagia dan bermakna.

Hidup terasa bahagia dan bermakna. via www.hdwallpapers.org

Di manapun berada, kamu yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan selalu membawa kebahagiaan bagi sesamanya. Dalam hal ini, kebahagiaan yang dimaksud tidaklah sebatas pada kekayaan saja, tapi bagaimana kamu mensyukuri nikmat yang didapat. Kamu juga selalu berusaha membantu orang lain yang membutuhkan pertolonganmu. Secara tak langsung keberadaanmu saja akan membuat mereka yang ada di sekitarmu merasa bahagia. Tentunya kamu pun akan punya makna lebih bagi mereka.

2. Kamu adalah seseorang yang selalu siap untuk melupakan kegagalan di masa lalu, demi masa depanmu yang berharga

hai, masa depan!

Hai, masa depan! via www.shandongshenfeng.com

Kamu yang memiliki kecerdasan emosional di tingkat yang tinggi akan selalu berusaha untuk memikirkan segala sesuatu yang perlu dilakukan di masa depan. Dengan kata lain, kamu adalah seseorang yang selalu siap untuk melupakan masa lalu dan memaafkannya. Meski bukan perkara yang mudah untuk dilakukan, tapi kamu selalu berusaha. Ya, bagimu kegagalan di masa lalu hanya perlu diambil baiknya dan dijadikan pelajaran untuk membuka mata.

3. Sebagai seorang manusia, kamu dengan mudah mengenali kekuatan dan kelemahan yang ada di dalam diri sendiri

tahu siapa diri sendiri.

Mengenal dirimu sendiri. via myfaithlift.com

Advertisement

Rasanya tidak semua orang memiliki kesadaran diri yang jujur tentang dirinya sendiri. Namun, kamu yang memiliki kecerdasan emosional akan tahu betul bagaimana cara untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dirimu sendiri. Tak hanya itu, kamu pun mampu menganalisis bagaimana cara terbaik untuk memaksimalkan kekuatan dan mengatasi kekuranganmu. Kesadaran itulah yang kemudian melahirkan kepercayaan diri yang kuat, sehingga membuatmu mampu dengan cerdas mengendalikan karaktermu.

4. Kamu tidak mengalami kesulitan untuk fokus dalam melakukan dan memperhatikan sesuatu

Tetap fokus ke jalanmu saat ini

Tetap fokus ke jalanmu saat ini via rebloggy.com

Kalau kamu termasuk dalam orang yang selalu fokus terhadap apa yang kamu lakukan dan kamu perhatikan, maka kecerdasan emosionalmu tak lagi perlu dipertanyakan. Hal itu yang membentukmu untuk mampu menahan gangguan dari apa yang ada di sekitar. Jika itu sudah kamu dapatkan, maka teruslah berusaha untuk menjaganya, karena fokus dengan apa yang kamu kerjakan adalah kemampuan yang dapat membantu hidupmu jadi lebih teratur dan pastinya berdampak baik.

5. Saat menginginkan sesuatu, kamu pun mampu mendorong dirimu untuk meraihnya dengan segera

i can!

I can do this! via tinyatlasquarterly.com

Berbeda dengan sifat ambisius, kamu yang cerdas secara emosional akan berusaha memotivasi dirimu sendiri unruk mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan. Ketika kamu sudah mengetahui dengan pasti apa yang ingin kamu dapatkan, kamu akan memastikan bahwa kamu pasti bisa meraihnya. Pikiran seperti ini membuatmu terus gigih berjuang dan tidak sering mengeluh dalam perjalanannya. Ini menjadikan dirimu sebagai pribadi yang positif dan pantang menyerah demi apa yang telah kamu cita-citakan.

6. Pribadimu utuh karena aspek jasmani, rohani, emosional, dan sosialmu sudah saling melengkapi

pribadi yang utuh.

Sudah jadi pribadi yang utuh via jennymaass.com

Berbahagialah kamu karena dirimu merupakan seseorang dengan kepribadian yang utuh. Hal tersebut dikarenakan kamu sudah memiliki empat aspek utama di dalam hidupmu yang telah saling melengkapi. Ya, aspek emosional, sosial, jasmani, dan rohanimu telah saling mengisi satu sama lain dan semua berfungsi dengan selaras tanpa menjadi beban berat di dalam hidupmu. Kamu pun mampu menjaga keseimbangan semua aspek ini agar tetap berjalan sesuai porsinya.

7. Soal cinta, bagimu tak sebatas tentang menjalani hidup bersama, tapi juga tentang menciptakan pribadi yang lebih baik dari sebelumnya

:)

Lebih baik dari hari kemarin. via www.taringa.net

Dalam jalinan hubunganmu dengan keluarga, sahabat, ataupun pasangan, kamu selalu bisa untuk menempatkan diri dan menciptakan ikatan yang kuat berdasarkan dari rasa saling menghargai dan rasa saling percaya. Hal itu menjadikan kamu sebagai seseorang yang tak pernah lelah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bagimu, menjalani cinta dengan mereka tak hanya sebatas pada menjalaninya sama-sama, tapi juga saling belajar menerima sesama.

Itulah beberapa hal yang menjadi tanda kecerdasan emosional yang ada di dalam dirimu sendiri. Yuk, coba introspeksi hal apa saja yang sudah kamu miliki. Tak pernah ada kata terlambat untuk menjadi pribadi yang cerdas dalam mengelola emosi. Percayalah, kamu bisa berproses lebih baik lagi dari hari ke hari. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya