Sebagai anak muda, belajar hidup mandiri adalah keharusan. Namun, mendapatkan pundi-pundi uang tak melulu kudu mengandalkan jadi karyawan perusahaan atau PNS saja, kamu juga bisa jadi berwirausaha atau bikin bisnis sendiri. Kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu dalam kerajinan tangan sebagai ladang bisnis yang menggiurkan.

Tak hanya bisnis butik saja, kamu juga bisa mencari peluang barang kerajinan lain yang bisa bikin pundi-pundi uang bertambaha. Nah, kamu ingin buka usaha tapi bingung mau mengeluarkan produk apa? Berikut ini Hipwee berikan inspirasi barang kerajinan yang memungkinkan untuk jualan.

1. Pertumbuhan kaki bayi yang cepat bikin para ibu-ibu sering belanja sepatu. Hanya bermodal kain dan mesin jahit, kamu bisa ambil peran jualan sepatu lucu.

Bisnis kreatif sepatu bayi

Bisnis kreatif sepatu bayi via www.ehow.com

Advertisement

Para ibu muda seringkali keranjingan belanja sepatu bayi. Pasalnya pertumbuhan bayi yang cepat bikin sepatu yang baru dibeli sudah gak muat. Nah, kamu bisa menjadi fenomena ini jadi peluang bisnis. Buatlah sepatu bayi yang lucu-lucu sebagai produk dagangan. Hanya bermodal kain, mesin jahit dan kreativitas, sepatu bayi yang lucu-lucu bisa bikin tabunganmu bertambah.

Tapi perlu diingat, pastikan kamu pilih jenis kain atau bahan yang lembut ya agar kaki bayi tetap aman. Selain itu, buatlah sepatu dengan model yang unik. Cobalah cari referensinya di website atau situs pinterest. Disana kamu juga bisa belajar cara menjahit dan bentuk pola. Menarik ‘kan? Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar kok.

2. Dengan bumbu desain yang out of the box, tas canvas atau tote bag sederhana bisa jadi produk dagangan yang menjanjikan untung besar.

Bisnis tas canvas kreatif

Bisnis tas canvas kreatif via www.notcot.com

Tas canvas dan tote bag adalah tas yang banyak digandrungi pada kalangan, khususnya remaja. Tas jenis ini tergolong murah dan simple saat digunakan. Nah, gak ada salahnya kamu menjadikannya tas jenis ini sebagai produk dagangan.

Advertisement

Agar daganganmu bisa laris manis, pastikan kamu membuat tas unik dengan desain yang kreatif. Misalnya, jika biasanya tas canvas berwarna coklat atau krem, kamu bisa pilih warna hitam. Lalu buatlah desain yang “seolah-olah” seperti pada gambar diatas.  Dan pastikan bahan tas yang kamu gunakan juga berkualitas ya. Jika kamu menawarkan desain yang menarik, siapa sih yang gak tertarik?

3. Tanpa harus melarang anak – anak untuk berkreasi dengan crayonnya, kamu bisa tawarkan celemek khusus menggambar agar mereka tak belepotan dan bikin tenang para orangtua.

Bisnis kreatif

Bisnis kreatif via dollarstorecrafts.com

Gak sedikit para ibu yang tidak suka melihat anak-anaknya terlihat kotor, salah satunya saat bermain dengan crayon. Gak jarang batang crayon akan berantakan dan malah mengotori baju si anak. Nah, sebagai solusinya, kamu bisa dagangan celemek khusus untuk menggambar bagi anak-anak.

Modal yang dibutuhkan adalah kemampuan menjahit, mesin jahit, dan kain. Untuk pola jahitan, kamu juga bisa dapatkan di website kerajinan. Agar lebih menarik, pilihlah warna cerah yang disukai anak-anak. Produk seperti ini bisa kamu tawarkan pada ibu-ibu rumah tangga atau preschool. Nah, di Indonesia belum ada yang menjualnya ‘kan? Sekarang kamu bisa menjadi yang pertama.

4. Mulai berbisnis dengan barang yang paling dibutuhkan orang. Dengan begitu banyak orang yang akan menjadi pelanggan.

Bisnis kreatif dompet headset

Bisnis kreatif dompet headset via www.muyingenioso.com

Kamu ingin berbisnis tapi bingung bikin produk apa yang bisa laris? Buatlah produk yang banyak dibutuhkan orang tapi belum banyak dijual di pasaran, misalnya wadah earphone.

Kamu bisa membuatnya dari kain dalam berbagai bentuk lingkaran, segitiga, atau segiempat. Agar lebih menarik, tambahkan renda atau hiasan bunga. Nah, menarik ‘kan? Hanya bermodal kemampuan menjahit, mesin, dan kain-kain bermotif lucu. Kamu bisa memulai bisnis yang cukup menjanjikan laris manis. Tapi pastikan kamu bisa berstrategi dalam pemasarannya ya.

5. Perhiasan adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari wanita. Jadi, gak ada salahnya kamu buat bisnis gelang dari benang yang unik.

Bisnis kerajinan

Bisnis kerajinan via www.astucesdefilles.com

Aksesoris atau perhiasan adalah hal yang sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan wanita. Hal ini dikarenakan perhiasan seringkali bisa bikin penampilan makin cantik, salah satunya adalah gelang. Bahkan kamu juga bisa menjadikan perhiasan jadi produk bisnis.

Tak melulu membuat gelang dari emas atau perak, bisnis gelang unik seperti dari benang justru bisa menjadi daya tarik bagi para remaja. Kamu bisa bikin gelang dengan seni kepang benang. Atau kamu buat dari tembaga polos yang dililiti benang, lalu dihias dengan gantungan karakter seperti pada gambar. Dengan modal cekak, kamu bisa bikin sendiri gelang semacam ini. Menarik ‘kan?

6. Agar uang receh tak tercecer dimana-mana, buat saja dompet khusus receh yang unik dan mudah dibawa.

bisnis dompet

bisnis dompet via www.craftmehappy.com

Siapa sih yang gak suka uangnya berceceran dimana-mana? Meskipun nilai kecil, uang receh tetaplah penting. Nah, agar orang-orang lebih mudah menyimpan, kamu bisa bikin dompet khusus buat uang recehan.

Gunakan kain bergambar lucu-lucu sebagai bahan utamanya. Lalu gunakanlah rangka dompet khas Cina sebagai pengganti resleting. Nah, dengan mengandalkan kemampuan menjahit dan kemampuan berkreasi, dompet lucu nan unik bisa kamu jual dengan harga yang ekonomis.

7. Air liur bayi yang tak terkontrol seringkali bikin baju jadi kotor. Kamu bisa berikan solusi dengan produk syal khusus bayi.

Bisnis kerajinan kreatif

Bisnis kerajinan kreatif via www.howdoesshe.com

Barang unik nan tepat guna dan memang dibutuhkan sehari-hari menjadi salah satu faktor keberhasilan sebuah bisnis. Nah salah satunya adalah syal khusus bayi. Modalnya juga tak banyak dan mudah dibuat.

Gunakanlah kain katun atau bahan kaos yang halus. Pastikan pilih kain dengan corak cerah dan menarik bagi anak-anak ya. Lalu buat pola segitiga dan pasang peniti dibagian belakang. Dengan bermodal mesin jahit dan kain, bisnis syal khusus anak bisa kamu bikin.

8. Kemampuanmu bikin kerajinan dari kayu jangan dibiarkan mati, tunjukan saja dalam produk bisnis.

Bisnis properti unik

Bisnis properti unik via cargocollective.com

Agar bisnismu bisa sukses, kamu harus kreatif dan memanfaatkan celah yang ada di pasaran. Misalnya, saat banyak gantungan baju begitu-begitu saja, kamu bisa bikin inovasi berbeda dengan bikin gantungan baju sekaligus hiasan yang elegan.

Manfaatkan saja batang atau ranting pohon sebagai bahan utama. Lalu pasang berjajar di sebuah frame berbentuk persegi panjang. Jangan lupa gunakan plamir agar kayu telihat mengkilap ya. Nah, gantungan baju sekaligus hiasan ini bisa ditawarkan pada pecinta properti. Unik ‘kan?

Bisnis itu sukses bukan hanya karena semangat yang membara, tapi kamu juga kudu pandai memilih produk yang unik, dibutuhkan banyak orang, dan harga tak terlalu mahal. Nah, daripada kemampuanmu dalam crafting, menjahit, atau utak-utek barang tenggelam begitu saja, sekarang kamu bisa bikin bisnis dari 8 produk ini.

Semoga berhasil ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya