Laptop sudah menjadi salah satu gadget yang digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Dari mulai mengerjakan tugas sekolah dan kuliah, bekerja secara mobile, hingga sekedar menonton film dan browsing demi hiburan. Namun, harga yang dipatok untuk satu buah laptop juga gak murah.

Dengan melakukan 8 cara sederhana ini dijamin kamu bisa membeli laptop sendiri tanpa perlu meminta orang tua. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak penjabarannya!

1. Buat list kebutuhan dalam sebulan. Dari sini kamu bisa tahu pengeluaran mana saja yang bisa ditekan.

buat list kebutuhanmu via skoolgirlonline.co.uk

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat list kebutuhanmu selama satu bulan ke depan. Dari sini kamu bisa tahu kebutuhan mana saja yang bisa dipangkas atau mungkin dieliminasi. Misalnya saja acara makan di tempat mahal bisa dihilangkan. Atau kebutuhan membeli sepatu dan baju yang kurang perlu bisa dipangkas. Dengan begini kamu jadi bisa tahu berapa uang yang bisa dialokasikan untuk ditabung demi meminang laptop idaman.

2. Hanya bawa cash 50-100 ribu di dompet dan harus cukup untuk 1-3 hari. Bila perlu tinggalkan kartu atm di kosan.

bawa cash 50 hingga 100 ribu via kulitkeren.com

Advertisement

Biasakan untuk membawa uang cash sedikit di dompet. Ini merupakan cara sederhana menghalangi niatmu yang ingin membelanjakan uang. Misalnya saja kamu hanya membawa 100 ribu di dompet. Selanjutnya buat target bahwa uang itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama 3 hari. Selain itu, tinggalkan juga kartu atm di rumah, hal ini bisa menekan keinginan untuk seenaknya menarik uang ketika uang yang kamu anggarkan di dompet sudah habis.

3. Jajan boleh saja, tapi pastikan jangan makanan ringan. Kamu bisa jajan makanan berat supaya kenyangnya lebih tahan lama.

jajan yang mengenyangkan via jogjarasa.com

Meski kamu harus hemat demi menabung untuk membeli laptop sendiri, tapi kamu tetap boleh jajan kok. Namun, tentunya kamu harus lebih selektif lagi dalam memilih jajanan. Daripada membeli makanan angin yang gak mengenyangkan, kamu bisa jajan makanan berat yang bisa membuat kenyang. Misalnya saja ganti kebiasaan jajan makanan kemasan di minimarket, kamu bisa membeli roti bakar yang gak hanya lezat tapi bisa juga bisa dijadikan sarapan untuk esok hari.

4. Bawa air putih kemana-mana, supaya kamu gak tergoda mampir mini market. Niatnya beli minum, kamu justru bakal jajan macem-macem.

bawa air putih kemana-mana via www.mtlblog.com

Minum merupakan kebutuhan manusia. Kamu mungkin bisa menahan lapar, namun menahan haus bisa membuat tubuhmu dehidrasi dan itu cukup berbahaya. Untuk mengatasinya, cukup bawa bekal air minum kemana-mana. Selain sehat karena bisa memenuhi anjuran minum 6-8 gelas per hari, kamu juga lebih hemat.

Membawa bekal air minum menghindarkanmu dari keinginan mampir ke minimarket demi membeli minum kemasan. Mungkin memang niatmu semula hanya membeli air minum, namun biasanya kamu pasti akan membeli jajanan macam-macam. Hasilnya, uang yang dianggarkan untuk membeli minum pun jadi membengkak.

5. Seminggu komitmen untuk menyisihkan 75 ribu. Dalam setahun kamu sudah dapat 3,6 juta.

seminggu 75 ribu via www.mydailylifetips.com

Selain membuat list pengeluaran yang bisa dipangkas, kamu juga bisa menetapkan nominal yang harus disisihkan tiap minggunya. Mulai sekarang komitmen pada diri sendiri untuk menabung sebesar 75.000 dalam 1 minggu. Jika kamu disiplin dan memegang teguh prinsip menabung, maka dalam sebulan kamu bisa mendapatkan 300.000. Dalam 12 bulan, tabunganmu pun sudah terkumpul 3.600.000.

6. Pastikan feature yang tersemat di laptop yang kamu inginkan bakal terpakai. Kalau laptopnya cuma digunakan untuk ngetik, browsing, dan nonton film gak perlulah beli yang mahal-mahal.

survey laptop via www.yummymummysworld.com

Jika kamu ingin membeli laptop, pastikan tidak karena ikut-ikutan teman atau hanya demi gaya saja. Alih-alih ikut membeli laptop yang sama seperti teman karena gak mau kalah gengsi, kamu bisa membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhanmu sendiri. Sesuaikan laptop yang kamu beli dengan kebutuhanmu. Misalnya saja jika kamu akan menggunakannya sekedar untuk mengetik, browsing, dan juga nonton film maka kamu gak perlu merogeh kocek dalam-dalam kan untuk membeli laptop dengan kapasitas yang cukupan?

7. Jangan malas survey toko elektronik. Karena bisa jadi kamu mendapat cashback tinggi hingga promo dan bonus lainnya.

jangan malas survey toko via blogs.blouinnews.com

Selain survey laptop, kamu juga perlu mengadakan survey kecil-kecilan toko elektronik. Jangan malas keluar masuk toko laptop demi mengumpulkan brosur dan mencari tahu penawaran terbaik dari mereka. Jika kamu jeli, kamu bisa menghemat pengeluaran. Bahkan ada beberapa toko yang memberikan bonus tertentu.

8. Beli laptop pas akhir tahun aja, biasanya banyak toko yang cuci gudang dan memberi hingga setengah harga.

beli pas akhir tahun aja via www.iguabaonline.com.br

Jika ingin membeli gadget tertentu, kamu disarankan untuk gak buru-buru. Sembari mengumpulkan uang, kamu juga bisa menunggu supaya harga laptop impianmu bisa makin turun. Tunggu saja hingga akhir tahun karena biasanya banyak toko elektronik yang cuci gudang. Lumayan kan potongan yang diberikan bahkan bisa sampai setengah harga.

Jadi, sudah siap menabung demi laptop impian?