Bagi yang meyakini, rezeki memang sudah ada yang mengatur. Tapi yang namanya job atau karir tidak akan datang begitu saja jika kamu setiap hari berpangku tangan di rumah. Punya pekerjaan atau tidak, menganggur atau masih (mengaku) freelancer, kamu harus tetap produktif setiap harinya.

Ingat langkah-langkah ini berikut ini agar kamu tetap bisa berbuat dan menghasilkan sesuatu meskipun kamu masih menganggur dan belum dapat job:

1. Tidak memiliki pekerjaan 9 to 5 bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan. Paksa diri untuk bangun pagi dan lakukan olahraga sekitar 30 menit.

Morning workout via askmen.com

Advertisement

Melakukan aktivitas fisik sebelum melahap sarapan tidak hanya membuat tubuh kamu jadi bugar namun juga bisa menambah level kesegaran dan energi. Energi ekstra ini sudah pasti tidak akan kamu dapatkan jika kamu menekan tombol snooze dan molor 10 menit lebih lama.

2. Santap sarapan yang sehat dan mencukupi, sambil menyeruput kopi atau teh di bawah terpaan sinar matahari pagi.

Breakfast in the sun via www.pinterest.com

Jangka waktu sejam setelah terjaga adalah saat yang tepat untuk membangun mood dan daya berpikir yang tajam. Manfaatkan waktu krusial ini untuk menyantap sarapan sehat di bawah sinar matahari pagi; jika bisa di luar ruangan, maka lebih baik. Kenapa? Sebab cahaya hangat ini akan ‘memerintahkan’ tubuh untuk berhenti menghasilkan melatonin, hormon yang bikin ngantuk. Sinar matahari juga antidepresant alami yang baik bagi tubuh dan pikiran.

3. Masih dalam suasana pagi yang segar, manfaatkan semangat dan mood yang baik ini untuk mulai mencari dan melamar pekerjaan. Carilah pekerjaan yang memberi kesempatan berkarir jangka panjang.

Mencari karir jangka panjang via www.pinterest.com

Sebelum kamu melamar sana dan sini, pastikan bahwa CV/resume kamu sudah siap dan rapi. Jika perlu tulis cover letter yang berbeda untuk tiap posisi yang dilamar. Karena meskipun kamu adalah pemuda-pemudi yang punya banyak bakat dan skill, calon bos kamu hanya peduli pada kemampuan yang relevan dengan posisi yang dia tawarkan. Jangan lupa cantumkan pengalaman kamu yang ada kaitannya, lalu cantumkan pula nilai dan etos kerja yang bisa kamu terapkan pada kantor mereka.

4. Setelah pagi yang padat kamu berhak mendapat istirahat dan makan siang yang berkualitas.

Makan siang dulu sob via sprousefreaks.freeforums.net

Advertisement

Istirahat dulu sebentar, kamu pantas menghadiahi dirimu dengan makan siang yang enak. Tapi ingat, jangan kebanyakan makan kalau kamu ingin menjaga level energi tetap tinggi (baca: jangan sampai food coma).

5. Manfaatkan sehabis makan siang untuk mencari dan melamar job jangka pendek; yakni pekerjaan yang bisa kamu andalkan sambil menunggu tawaran lebih besar datang.

Job sementara via www.thecoffeecompass.com

Menjadi pengangguran bukanlah hal mudah. Meski tidak menghasilkan uang kamu tetap wajib mengeluarkan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Luangkan sejam perhari untuk melamar pekerjaan atau job sementara yang bisa menalangi pengeluaran kamu sebelum pekerjaan yang lebih besar diraih.

6. Jangan mudah berpuas diri dengan kemampuan kamu. Selalu pelajari skill baru setiap hari demi meningkatnya posisi tawar kamu di hadapan perusahan-perusahaan top.

Jangan cepat puas via www.thecoffeecompass.com

Untungnya bagi kamu pemuda yang belum punya pekerjaan, skill baru selalu bisa kamu pelajari setiap hari dengan cuma-cuma. Ada banyak sumber online gratis untuk mempelajari hal-hal baru. Mulai dari kemampuan berbahasa hingga skill menulis kode pemograman. Makin tinggi kemampuan kamu pada satu keahlian, maka makin tertarik perusahaan akan merekrut kamu.

7. Imbangi skill kamu dengan memperluas jaringan baik secara profesional maupun pribadi. Karena kesempatan kerja dan job bisa datang dari masa saja.

Memperluas jaringan via wlacademicyearprograms.tumblr.com

Kamu tentu tidak mau disebut sebagai pengangguran yang banyak skill tapi tidak punya jaringan yang luas untuk memamerkan kemampuannya. Pada poin inilah pertemanan, rekan dan sesama alumni bisa saling membantu. Gunakan waktu santai di sore hari untuk membuka email dan membalasnya. Bikin akun Linkedin jika kamu belum punya dan bangun jaringan kamu secara online.

Ketika di dalam masyarakat, jaringan kamu bisa terbangun secara oraganik dengan cara berbaur dengan warga sekitar maupun dengan komunitas. Jadi jangan ragu untuk bergabung dengan organisasi dan mendaftarkan diri pada kegiatan sosial. Menjadi relawan, selain menyenangkan hati, juga berpengaruh pada langkah pertama kamu di dunia kerja.

8. Akhiri hari produktif kamu dengan bersantai bersama teman-teman dan keluarga.

Jangan lupa bahagia via 1d-5sos-preference.tumblr.com

Setelah hari yang padat, menjaga hubungan yang sehat dengan keluarga, teman dan orang yang disayangi akan menjaga keharmonisan jiwa kamu. Dan tidak jarang pula kesempatan berkarir justru datang dari lingkaran terdekat kamu.

Meski kamu sudah mulai sibuk memulai karir, selalu katakan ini pada dirimu:

Jangan lupa bahagia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya