Pengeluaran harian yang tak terkendali bisa membuat kita lebih besar pasak daripada tiang. Tanpa sadar, kita sering menghabiskan uang saku untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tak terlalu perlu. Bolak-balik jajan ke minimarket, penatu, hingga nongkrong di kafe mahal. Alhasil pengeluaran pun membengkak dan kita gagal menyisihkan uang untuk ditabung. Lebih parahnya lagi, pengeluaran kita bisa begitu besar sehingga tabungan kita pun ikut ludes.

Apakah skenario di atas terdengar familiar buatmu? Jika iya, kamu wajib mengaplikasikan tips hacks yang akan Hipwee jabarkan supaya bisa bertahan hidup dengan uang saku 20 ribu sehari. Dengan jumlah yang pasti ini, pengeluaran akan lebih terkendali.

1. Masih pagi, jangan boros dengan pengeluaran. Sarapan pun tak boleh mahal: Rp3.500 sudah cukup dianggarkan.

20 ribu sehari

20 ribu sehari via chlorophilia.wordpress.com

Advertisement

Sarapan memang penting, apalagi bagi kita yang dibiasakan untuk selalu menyantap sarapan tiap hari. Sarapan setiap pagi juga akan membantu tubuh mendapat tenaga yang cukup sebagai bekal untuk memulai aktivitas harian. Namun, sebenarnya kamu tak perlu menyantap nasi untuk sarapan. Karena jika perut terlalu kenyang pun justru akan membuatmu mengantuk dan mengganggu produktivitasmu.

Kamu bisa kok menganggarkan Rp3.500 saja untuk sarapan roti dan kopi (jika kamu bosan dengan sereal sachetan). Kamu bisa membeli roti tawar seharga Rp7.000 – Rp10.000 yang cukup untuk beberapa hari. Selain itu, kamu bisa membeli kopi sachet sebagai teman roti untuk mengawali pagi.

Uang yang dikeluarkan : Roti tawar Rp2.000 + kopi / sereal sachetan Rp1.500 = Rp3.500

2. Selain mengatur menu makan, kamu juga bisa mengakali jamnya agar kenyangmu bertahan lebih lama

20 ribu sehari

20 ribu sehari via livialivi.wordpress.com

Advertisement

Memang untuk menghemat pengeluaran, kamu wajib mengatur menu makan harian supaya dana yang dikeluarkan bisa seminim mungkin. Untuk menu makan harian kamu bisa membeli beras sendiri dan memasaknya di kos. Untuk lauknya pun kamu bisa memasak sendiri jika memang memiliki kompor. Jika tidak memiliki kompor, kamu bisa membeli lauk di warteg dan bisa untuk 2x makan.

Selain mengatur menu makan, kamu juga wajib mengakali jam makan. Coba saja untuk menjadwalkan makan malam pada pukul 1 satu atau 2 siang. Kemudian di sore hari saat mulai lapar kamu bisa membeli kudapan berupa gorengan atau jelly drink. Setelah perut sedikit terganjal kamu bisa makan malam pada pukul 8 atau 9 malam. Dengan begini rasa kenyangmu akan lebih lama bertahan.

Uang yang dikeluarkan : Sayur Rp5.000 + Lauk Rp5.000 = Rp10.000

3. Berjanjilah untuk bawa minum ke mana-mana. Membeli air putih adalah tindakan paling tak rasional jika kamu sedang ingin menabung uang

20 ribu sehari

20 ribu sehari via www.vemale.com

Untuk menekan pengeluaran kamu bisa menghindari jajan minuman ketika sedang pergi keluar. Cara menyiasatinya pun cukup mudah. Kamu tinggal bawa bekal air putih ke manapun kamu pergi. Dengan begini kamu tak perlu keluar uang untuk membeli minuman di minimarket atau di kafe.

Uang yang dikeluarkan : 0

4. Komitmen pada diri sendiri bahwa Rp3.000/hari harus disisihkan. Uang yang terkumpul cukup untuk membeli bensin selama satu pekan.

20 ribu sehari

20 ribu sehari via www.otosia.com

Jika kamu menggunakan kendaraan umum sebagai alat transportasi harian, maka dana yang dikeluarkan justru jauh lebih mahal. Oleh sebab itu, bensin pun termasuk dalam kebutuhan semi pokok yang wajib dipenuhi demi bisa berkendara kemana-mana sendiri. Kamu tinggal menyisihkan dana sekitar Rp3.000 tiap hari. Apabila diakumulasikan, kamu bisa membeli 3 liter bensin tiap pekan. Cukuplah untuk pergi kemana-mana selama 7 hari.

Uang yang dikeluarkan : Rp3.000

5. Sisihkan juga 600perak dari uang jajanmu setiap hari. Uang yang terkumpul selama 7 hari, cukup untuk membeli kebutuhan mandi.

20 ribu sehari

20 ribu sehari via www.travelsupermarket.com

Untuk kebutuhan mandi, kamu tak perlu membeli sampo, sabun, maupun pasta gigi merk ternama. Bahkan, menyisihkan 600 perak tiap hari sudah cukup untuk membeli 3 sampo sachet (keramas 2-3 hari sekali), sabun batangan (bisa tahan hingga 2 minggu), serta pasta gigi berukuran sedang.

Uang yang dikeluarkan : Rp600

6. Dana internet tak perlu dianggarkan. Kamu tetap bisa berselancar di dunia maya dengan menggunakan jaringan WiFi atau tether dari gadget teman.

Kamu tak perlu menyisihkan rupiah untuk membeli paket internet. Manfaatkan saja wifi di tempat umum seperti kampus, perpustakaan, dan minimarket. Bahkan, kalau kamu tahan malu kamu juga bisa minta tether dari gadget teman. Hehehe

Uang yang dikeluarkan : 0

7. Tak perlu lagi mengandalkan jasa penatu, kamu bisa menyisihkan 1000 perak untuk cuci baju selama seminggu.

20 ribu sehari

20 ribu sehari via www.jasacarikost.com

Menggunakan jasa penatu memang terasa menyenangkan. Kita tak perlu repot-repot mencuci baju tiap minggu. Tinggal antarkan ke laundry dan membayar sejumlah uang. Namun, tentu saja jika dihitung lagi pengeluaran untuk jasa penatu sangat menguras kantong. Untuk mencuci satu kg baju saja kamu sudah harus mengeluarkan Rp3.000 – Rp5.000.

Padahal jika mencuci sendiri kamu tinggal membeli sabun cuci yang sudah memiliki konsentrat pewangi dengan harga seribu perak. Bahkan, kamu bisa menggunakannya untuk mencuci baju kotor selama 7 hari. Tuh, lebih hemat ‘kan!

Uang yang dikeluarkan : Rp1.000

8. Walau pengeluaranmu pas-pasan, kamu tetap bisa jajan. Anggarkan saja dana 2.000 untuk beli gorengan maupun camilan.

20 ribu sehari

20 ribu sehari via www.sapujagat.com

Memang pengeluaranmu sangat terbatas karena kamu hanya boleh menghabiskan Rp20.000 untuk satu hari. Namun, sebenarnya kamu masih bisa menyisihkan rupiah untuk dianggarkan membeli kudapan. Kamu bisa menyisihkan Rp2.000 untuk membeli camilan seperti gorengan, roti gandum, hingga jajan pasar. Camilan ini pun bisa kamu manfaatkan di jam-jam rawan lapar yaitu pada sore hari sebelum jam makan malam tiba.

Uang yang dikeluarkan: Rp2.000

9. Selain jajan, kamu juga tetap bisa hangout di akhir pekan. Cukup sisihkan 3 lembar seribuan setiap harinya.

20 ribu sehari

20 ribu sehari via www.thebacklightphoto.com

Walau harus bergaya hidup hemat, namun kamu masih bisa senang-senang kok. Namun, tentu kamu harus memiliki strategi tersendiri. Alih-alih nongkrong tiap malam, kamu bisa menjadwalkannya satu kali tiap pekan. Kamu pun bisa mengumpulkan Rp 3.000 tiap harinya. Apabila diakumulasikan, di akhir minggu kamu mendapat jatah Rp21.000 untuk nongkrong bareng teman-teman. Namun, jangan lupa untuk makan dulu dan membawa bekal air putih ya, supaya acara nongkrongmu tetap irit. Hehe…

Uang yang dikeluarkan: Rp3.000

Total pengeluaran selama satu hari

Sarapan = Rp3.500

Makan 2x sehari = Rp10.000

Minum = 0

Bensin = Rp3.000

Kebutuhan mandi = Rp600

Internet = 0

Sabun cuci baju = Rp1.000

Jajan = Rp2.000

Hangout = Rp3.000

Total = Rp23.100

Kalo kamu punya tips hacks lainnya, kasih tau Hipwee dong!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya