Status sebagai karyawan baru tentu membuatmu lega dan ingin segera memulai hari-hari di dunia kerja. Apapun jenis pekerjaannya, kamu pastinya sudah mulai membayangkan, bagaimana mengawali karir menjadi seorang karyawan. Tentu rasanya campur aduk, antara senang, bingung, deg-degan, dan canggung. Apalagi bagi kamu yang baru pertama kali menjajaki dunia kerja selepas lulus sekolah atau lulus kuliah.

Selain rasa senang, pastinya rasa cemas muncul juga dalam pikiranmu.

Advertisement

Bagaimana jika nggak betah, nggak ngerti harus melakukan apa, atau nggak cocok dengan rekan kerja?

Tidak perlu panik, setiap orang punya cara masing-masing untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Sebenarnya, kepribadian profesional itu bisa dilatih. Kalau kamu memiliki kepribadian-kepribadian berikut ini, kamu pasti dengan mudah diterima di lingkungan kerja baru.

1. Penampilan adalah awal penentu kesan. Nggak perlu lebay kok, yang penting sopan dan tidak mencolok

Pilihan penampilanmu

Pilihan penampilan menentukan kesan via www.hercampus.com

Jadikan diri kamu berbeda, bukan menonjol dari cara berpenampilan, melainkan dari prestasi kerja.

Advertisement

Sebagian besar orang memiliki anggapan bahwa berpenampilan merupakan langkah awal penentu kesan. Memang benar, karena kita bisa merepresentasikan kepribadian lewat penampilan. Semasa sekolah atau kuliah, mungkin prinsip berbusanamu adalah asal nyaman atau yang pertama kali dilihat di lemari, tentu hal ini tidak bisa diterapkan dalam dunia kerja. Mungkin kamu pernah mendengar istilah “dress to impress”,  menjaga penampilan sangatlah penting dalam dunia profesional.

2. Nggak ada yang mau dekat denganmu kalau kamu muram dan ketus. Berusahalah ramah dan murah senyum

pribadi yang ramah lebih disukai

Pribadi yang ramah lebih disukai via www.gettyimages.com

Sebagai orang baru, memperlihatkan sikap ramah dan murah senyum adalah hal yang penting untuk dilakukan. Tersenyum merupakan sinyal bahwa kita siap untuk berinteraksi dengan orang lain. Dengan tersenyum, maka rekan kerja kita akan merasa nyaman dan tidak canggung untuk mengobrol.

Jika kamu merasa canggung dan tidak nyaman untuk selalu berinteraksi terlalu banyak dengan orang lain yang belum dekat, sebuah senyum akan menyelamatkan suasana. Kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak usaha bukan untuk tersenyum? 🙂

3. Orang akan senang kalau kamu menyapa dengan akrab. Asal jangan keterlaluan, tiap orang punya batasan

jangan ragu untuk menyapa lebih dulu

Jangan ragu untuk menyapa lebih dulu via www.google.co.id

Setiap orang senang diperhatikan dalam hal yang wajar. Tidak ada salahnya jika kita menyapa rekan kerja terlebih dahulu. Sampaikan dari sisi yang positif dan tulus, jangan berlebihan atau dibuat-buat agar terkesan ramah. Mungkin untuk teman-teman lama, kamu terbiasa menyapa dengan sapaan yang santai dan agak “keterlaluan”, tetapi di lingkungan kerja baru, kamu perlu mengerti batasan-batasannya.

4. Semangat itu menular. Jika kamu selalu optimis dan antusias, pekerjaan seberat apapun akan terasa nikmat

Lakukan dengan penuh semangat!

Lakukan dengan penuh semangat! via www.becomeenglishteachers.com

Mempunyai tujuan jelas atau passion dalam bekerja dapat membuat kita lebih menikmati pekerjaan. Terkadang kita menjadi canggung karena belum tahu betul apa yang harus kita kerjakan di hari pertama kerja. Namun dengan menunjukan sikap antusias dan semangat kerja, orang lain akan lebih senang dan menganggap kita serius. Tunjukkan bahwa kamu adalah pilihan yang tepat tidak mengecewakan.

5. Kamu diterima kerja di situ karena mampu. Percayalah pada dirimu dan buktikan dengan performamu yang menanjak

Prestasi kerjamu harus bagus

Prestasi kerjamu harus bagus via www.toponlinecolleges.com

Ketika kamu diterima menjadi salah satu bagian dari dunia pekerjaan, itu artinya kepercayaan diri kamu telah teruji. Percayalah pada kemampuanmu dan tunjukkan bahwa kamu bisa diandalkan. Dunia kerja merupakan tempat yang cocok untuk mengembangkan kreativitas dan segala ide brilian yang kamu miliki. Performa kerja yang bagus dapat menjadikan karyawan baru lebih disenangi dan mendapat tugas yang lebih beragam. Jadi, jangan ragu untuk berinovasi ya!

6. Sebagai karyawan baru, sudah jadi tugasmu menyerap bermacam informasi baru. Keingintahuanmu itu akan membantumu belajar banyak

Selalu ingin tahu

Selalu ingin tahu via www.telegraph.co.uk

Dengan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, karyawan baru dapat belajar tentang banyak hal yang tidak diketahui di perguruan tinggi. Tanyakan mengenai segala hal yang perlu kamu ketahui. Jika kita memiliki curiosity yang tinggi, bukan berarti kita tidak tahu soal apapun dan tidak mau belajar, justru kita akan lebih dihargai sepanjang hal yang ditanyakan itu masih dalam tahap wajar. Malu bertanya akan mematikan ilmu dan pemahamanmu!

7. Punya rekan kerja favorit memang tidak ada salahnya. Tapi kamu harus mau dan mampu bekerja sama dengan semuanya

Pandai bergaul dan berbaur

Pandai bergaul dan berbaur via www.cnbc.com

Ketika kamu berada dalam dunia kerja, itu artinya kamu adalah bagian dari tim. Belajarlah untuk bekerja sama supaya rekan kerja kamu mendapat kesan bahwa kamu adalah orang yang mudah diajak untuk bekerja sama. Loyalitas dan kemampuan komunikasi yang baik adalah dua hal yang sama pentingnya lho!

Menjadi anggota baru dalam sebuah tim, bisa begitu menyenangkan sekaligus menjadi tantangan. Semakin kamu rajin untuk belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, semakin banyak kesempatan untuk kamu dapat diterima. Semakin banyak kamu menuai hal yang positif, semakin banyak pula penerimaan positif yang kamu dapatkan. Selamat menjadi orang baru yang menyenangkan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya