10 Cara Jitu Untuk Menemukan Bakatmu

Apakah kamu sering bingung dengan bakat alamiah apa yang sebenarnya kamu miliki? Kamu merasa tertarik di suatu bidang, tapi bagus di bidang yang lain? Ata kamu yakin bahwa sebenarnya kamu tak punya bakat menonjol apa-apa? “Duh, aku biasa-biasa aja kok, nggak punya bakat istimewa.”

Jangan minder! Setiap orang lahir di dunia dengan bakat mereka sendiri-sendiri. Jika kamu belum tahu apa bakatmu, bukan berarti kamu tak punya talenta sama sekali. Talenta itu hanya masih tersembunyi.

Advertisement

Nah, jika sampai sekarang kamu masih bingung apa bakat yang kamu punya, kenapa tidak ikuti cara-cara ini saja?

1. Meskipun Tidak Semuanya Ilmiah, Tes Kepribadian Mungkin Bisa Menggambarkan Karaktermu Secara Garis Besar

Udah tau karaktermu sendiri?

Udah tau karaktermu sendiri? via 3.bp.blogspot.com

Sebelumnya: apakah kamu sudah mengerti karakter diri kamu sendiri?

Tidak jarang, orang-orang bingung dengan bakat apa yang dimilikinya gara-gara belum kenal sama diri mereka. Kamu bisa menggunakan indikator kepribadian dari Myers-Briggs untuk membantu mengenali tipe kepribadianmu. Cek indikator-indikatornya ini di sini.

Advertisement

Setelah kamu mengerti kamu itu seperti apa, kamu bakal lebih mudah untuk mengetahui plus minus yang ada di dalam dirimu, kan?!

2. Jika Belum Puas, Tanyakan Kelebihan dan Kekuranganmu Pada Temanmu

tanya teman dekatmu tentang kelebihanmu

tanya teman dekatmu tentang kelebihanmu via farm5.staticflickr.com

Jika kamu masih belum yakin tentang penilaian kepribadianmu dengan indikator-indikator di atas, kamu bisa tanyakan kelebihan dan kekuranganmu pada teman- teman dekatmu. Seorang teman sejati pasti akan langsung menjabarkan panjang lebar kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

Selain menyenangkan, mendengar kelebihan dan kekurangan dari orang lain pasti akan dapat meningkatkan percaya dirimu, kan?

3. Kalau Kamu Masih Bingung Juga, Berkonsultasilah Pada Kedua Orang Tuamu

tanya pada orang tua

tanya pada orang tua via i.huffpost.com

Tidak ada salahnya kamu bertanya pada orang tuamu tentang kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Kamu bisa bertanya tentang seperti apa kamu waktu kecil, atau tentang apa hobi yang sering kamu lakukan saat kamu masih kecil. Dengarkan cerita mereka tentang seberapa pintarnya dirimu bermain air hingga betapa kreatifnya dirimu dengan pulpen dan cat air.

Tidak ada orang yang mengerti kita sebaik orang tua kita bukan?

4. Orang Lain Selalu Ada Untuk Menginspirasimu

Cari inspirasi dari orang lain

Cari inspirasi dari orang lain via farm3.staticflickr.com

Jika kau masih bingung dengan talent atau bakat yang kamu miliki, kamu bisa berusaha untuk mencari inspirasi dari orang lain. Misalnya saja kamu membaca buku lalu kamu terinspirasi untuk jadi penulis, saat kamu menonton konser tiba-tiba kamu kepikiran untuk jadi musisi seperti band dan penyanyi favoritmu hingga kamu ingin menjadi seperti B.J. Habibie yang bisa membuat pesawat terbang.

5.  Bakat Bukan Hanya Tentang yang Kamu Ahli, Namun Juga Hal yang Kamu Sukai. Nah, Coba Perhatikanlah Hal-Hal Yang Kamu Sukai.

Mulai lakukan apa yang kamu sukai

Mulai lakukan apa yang kamu sukai via www.gentblogt.be

Mulai tulis hal-hal yang menyenangkan untuk kamu lakukan. Apapun, entah itu memasak, main gitar, renang, main biola, beternak, berkebun atau kegiatan-kegiatan lain yang akan dengan senang hati kamu lakukan. Setelah itu tanyakan pada dirimu dari kegiatan tersebut kegiatan apa yang dengan senang hati berkecimpung dan menghabiskan sebagian besar waktumu untuk melakukannya.

6. Jangan Kamu Tunda! Mulailah Pencarianmu Itu Sekarang Juga

lakukan sekarang juga

lakukan sekarang juga via farm4.staticflickr.com

Semua yang ada di poin 1 – 5 di atas akan percuma jika kamu enggak punya nyali untuk mencobanya sekarang juga! Jangan biarkan mimpimu untuk menjadi jago panah, penulis handal, gitaris ternama, penyanyi terkenal atau menjadi pengusaha sukses tetap menjadi bunga tidur yang menghiasi mimpi indahmu.

7. Jika Sudah Menemukan Bakatmu, Kuncimu Adalah Terus Mengasah Bakat Itu

terus berlatih

terus berlatih via farm7.staticflickr.com

Teruslah latihan setiap hari untuk mengasah bakat yang kamu miliki.

Bakat yang kamu miliki itu tak ubahnya seperti pisau tumpul yang harus kamu asah setiap harinya agar dia dapat digunakan dengan baik, jika tidak dia akan tetap menjadi pisau tumpul yang kurang berguna. Sisakan waktumu barang 30 menit hingga 1 jam untuk mengasah bakat – bakat istimewamu itu.

8. Seorang Mentor yang Bisa Menempa Bakatmu Juga Perlu Kamu Cari

Temukan mentor untuk bakatmu

Temukan mentor untuk bakatmu via farm4.staticflickr.com

Mentor memang tidak mutlak ada dalam setiap sesi latihanmu, namun memiliki mentor yang dapat menilai perkembangan bakatmu tentu saja lebih baik daripada tidak ada sama sekali.

Kamu tidak harus ikut les-les yang cukup menguras kocek, namun kamu bisa meminta teman-temanmu yang lebih jago main gitar untuk menilai performamu. Tantang temanmu yang lebih jago renang untuk adu cepat denganmu hingga baca artikel atau buku kisah sukses untuk memberimu ide dan motivasi saat membangun usahamu.

9. Bakat Itu Sudah Pasti Ada. Jangan Mudah Berputus Asa.

jangan gampang putus asa

jangan gampang putus asa via farm9.staticflickr.com

Permainan gitarmu bisa saja tidak sebaik yang kamu bayangkan, lukisanmu mungkin tidak jauh beda dengan lukisan anak SD, dan mungkin kamu sering dengar komen “Bagus sih, tapi lebih bagus kalau diem” saat kamu menunjukkan suara emasmu.

Komentar – komentar seperti itu jangan terlalu dipikirin yang ujuung – ujungnya bikin depresi cuy! Justru komentar – komentar seperti itu jadikan lecutan untuk berlatih lebih keras dan buktiin bakatmu!

10. Perubahan? Siapa Takut?

Jangan takut akan perubahan

Jangan takut akan perubahan via www.wallpaperkeren.info

Seiring berjalannya waktu kamu akan mulai mengerti dan semakin serius untuk mengikuti passionmu. Entah jadi entertainer, seniman, atlet, atau jadi pengusaha. Kamu harus siap menghadapi perubahan yang terjadi dalam hidupmu, tapi yang penting untuk kamu perhatikan adalah perubahanmu HARUS selalu menuju ke arah yang lebih baik. Hari ini, jadilah kamu yang lebih baik daripada kamu yang kemarin!

Nah itu dia 10 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengenali dan menggali apa yang menjadi bakatmu. Temukan bakatmu, asah, percayai dan wujudkan mimpi-mimpimu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta kopi dan pengagum bintang. Traveling, fotografi, design dan musik adalah hal - hal yang sering menyita perhatiannya.

94 Comments

  1. Jajak Pendapat berkata:

    Eh kita lagi bagi-bagi tiket konser ONE DIRECTION GRATIS nih. Mau? Caranya jadi responden dari survey2 JAKPAT yuk. klik http://bit.ly/1xmJMDH ato download langsung ke playstore/appstore cari “Jajak Pendapat”. ada gajinya lho 😀

  2. Evita Rahmawati berkata:

    Waktu kecil gue suka banget min, pura-pura jadi nenek sihir terus nyampurin semua make-up yang ada di meja emak gue buat dijadiin ramuan. Semakin ke sini, gue kuliah, semakin suka dengan namanya make up sampe kursus di sekolah khususnya. Selain itu gue suka ngelakuin DIY-an gitu, bikin masker buah, masker gula, bikin kalung, gelang, wadah kacamata, dompet apalah segala macem. Ternyata kesukaan masa kecil bener2 memperlihatkan apa kita jadinya walaupun dulu kecil gatau buat apa :3

  3. Sun Flowers berkata:

    Mmbaca. Masak , me foto benda”/ obyek” .. saya paling suka

CLOSE