[Eksklusif] Contoh Hitungan Mulai Bisnis Tanaman Keladi, Plus Prediksi Jenisnya yang Bakal Laris Manis Dijual

bisnis tanaman keladi

Bisnis tanaman hias rasanya nggak akan pernah layu, bahkan ada masa-masa tertentu di mana beberapa jenis tanaman mendadak harganya melambung. Lantas orang-orang berbondong-bondong menginvestasikan uang mereka untuk memborong jenis tersebut. Saking ngetrennya, kamu mungkin belakangan ini sempat mendengar ada berita tentang seseorang yang rela menukar rumahnya dengan beberapa batang tanaman hias. Wah, kalau sudah senekat itu sih artinya dia sudah benar-benar harus memperhitungkan risiko dan prospeknya ya. Keuntungannya sih mungkin sebesar risikonya tapi tetap saja nggak boleh asal-asalan!

Ketika mendengar keuntungannya mungkin kamu juga akan tergiur, tapi perlu diketahui dulu bahwa setiap jenis tanaman bukan berarti akan selamanya menjadi tren. Pun, hitungan modalnya juga beda-beda. Nah, tanaman yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2021 ini adalah keladi. Kita kenalan yuk jenis yang paling laku hingga hitungan modalnya!

Tanaman keladi memiliki berbagai jenis yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Dari puluhan ribu sampai jutaan

Keladi/ Credit: mdsnmdsnmdsn on Freepik via www.freepik.com

Tanaman keladi berasal dari genus Caladium atau suku talas-talasan yang memiliki ciri-ciri umum daun lebar dan memanjang ke depan yang membentuk hati, permukaannya licin, dan biasanya memiliki corak yang unik dan mencolok. Tanaman keladi memiliki cukup banyak jenis, berikut ini daftar beberapa jenis yang diprediksi akan makin sering diincar beserta harganya di berbagai e-commerce:

  • Amazon merupakan jenis tanaman keladi yang mirip dengan Keladi Tengkorak Hitam, harganya Rp25 ribu sampai Rp100 ribu.
  • Gingerland didominasi warna hijau tua dengan warna putih bagian tengah dan bintik berwarna merah muda. Harganya Rp 15 ribu sampai Rp60 ribu.
  • Carolyn Whorton sesuai dengan namanya merupakan tanaman berdaun cantik yang didominasi warna merah muda dengan tepian hijau. Harganya dari Rp30 ribu sampai Rp80 ribu.
  • Freida Hemple memiliki warna bold yaitu bagian tengah berwarna merah dan tepian hijau tua, tak ada bercak di permukaan daun tersebut. Tanaman ini dibanderol mulai dari Rp25 ribu sampai Rp175 ribu.
  • Miss Muffet merupakan jenis keladi yang memiliki daun kecil dengan dominasi warna hijau, tulang daun putih, serta bintik-bintik warna merah. Harganya lumayan, berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp850 ribu.
  • Spring Fling merupakan jenis yang cukup mahal karena warnanya yang cantik yaitu dominasi merah muda dengan tulang daun warna hijau. Harga tanaman ini berkisar antara Rp350 ribu sampai Rp1,2 juta.
  • White Queen mirip dengan Spring Fling namun warnanya didominasi putih dan harganya lebih terjangkau yaitu mulai Rp50 ribu namun ada juga yang sampai Rp1 juta.

Jangan lupa kalau harga-harga tersebut baru tanamannya saja, untuk memulai bisnis ini kamu juga perlu menghitung modal yang lain

Caladium/ Credit: mdsnmdsnmdsn on Freepik via www.freepik.com

Misalnya kamu akan mengawali bisnis tanaman hias dengan membeli tanaman Rp2 juta, maka berikut hitungan modal lengkapnya:

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Not that millennial in digital era.