Untukmu yang ingin berubah jadi lebih teratur, Samsung Galaxy Tab A mempersembahkan artikel ini.

Menunda pekerjaan dan bilang, “Nanti aja deh….” memang kegiatan yang paling menyenangkan. Ada rasa nyaman waktu tahu kita bisa memundurkan beberapa tenggat pekerjaan. Walaupun nantinya belingsatan karena harus beres dalam waktu singkat, kebiasaan ini terus terulang.

Hilangkan kebiasaan ini yuk, Hipwee dan Samsung GALAXY Tab A with S-Pen sudah mengumpulkan 6 cara yang bisa kamu lakukan. Ucapkan selamat tinggal pada kebiasaan menunda-nunda!

1. Hapuskan kebiasaan berencana lama-lama. Karena penunda itu biasanya suka berencana

Bedakan menunda dengan berencana via www.stocksy.com

Saat sedang merencanakan sesuatu, kamu yang penunda akan merasa senang ketika berhasil membuat perencanaan yang oke. Ada perasaan bahagia dan puas ketika melihat to do lists tertulis panjang. Nah, sebenarnya kalau mau menghilangkan kebiasaan menunda; berencana lama-lama tidak lagi boleh kamu lakukan.

Rencana yang terlalu apik dan panjang hanya akan membuatmu malas mengerjakannya. Jika ada sesuatu yang ingin kamu capai, langsung kerjakan saat itu juga.

2. Tuliskan secara rinci hal yang ingin kamu capai sebelum memulai hari. Letakkan catatan ini di samping sumber distraksi

Tuliskan secara rinci tujuanmu, letakkan di samping sumber distraksi via www.stocksy.com

Let’s say…kamu bekerja di depan laptop dan akan sering tergoda membuka Facebook, Twitter, Youtube dan berbagai macam web penuh godaan lainnya. Nah, sebelum memulai melakukan pekerjaanmu coba deh tuliskan secara rinci apa yang ingin kamu capai hari itu. Kalau perlu sampai ke jam dan waktu deadlinenya.

Sadar atau tidak, menggerakkan tangan dan menuliskan hal yang ingin kamu capai akan merangsang semangat dalam dirimu untuk fokus bekerja. Agar enak dibaca, kamu bisa menulis rincian tersebut dengan Samsung GALAXY Tab A with S Pen. Fitur kaligrafinya bikin kamu menulis di layar dengan mulus, terasa seperti menulis dengan pena sungguhan. Setelah selesai menulis, letakkan tablet ini dalam jarak yang terjangkau pandangan. Sesekali kamu bisa mengecek kerjaan apa saja yang berhasil selesaikan.

3. Lupakan kewajiban buat sempurna. Kalau nggak dimulai sekarang nggak akan ada progressnya

Mulai aja. Kalau nggak dimulai nggak akan ada progressnya via www.stocksy.com

Sering kali kita menunda pekerjaan dengan alasan takut akan hasil yang tidak sempurna. Kita lebih memilih memandangi layar kosong lama-lama, berharap dapat inspirasi yang bisa menghasilkan karya oke yang dikagumi banyak orang. Hasilnya? Pekerjaan yang selesai dalam waktu melewati deadline atau tidak terselesaikan sama sekali.

Cara paling gampang menyelesaikan suatu pekerjaan adalah dengan memulainya. Lupakan keharusan untuk membuatnya sempurna. Karena kalau nggak dimulai sekarang ya nggak akan ada progress-nya!

4. Gunakan sistem fokus 14 – 90, yaitu 14 menit fokus – 90 detik istirahat

14 menit fokus, 90 detik istirahat via www.stocksy.com

Procrastinator paling suka waktu-waktu ‘kosong’ yang bisa digunakan sebagai momen untuk memikirkan atau melakukan hal-hal yang kurang penting. Karena ini penting bagimu berusaha sefokus mungkin dalam melakukan sesuatu.

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah mengunakan sistem fokus 14-90. Biarkan dirimu benar-benar fokus pada pekerjaan selama 14 menit, lalu gunakan 90 detik waktu sisanya untuk bebas melakukan hal yang kamu suka.

5. Saat merasa ada tugas yang terlalu rumit, pecah dia ke bagian-bagian kecil

Kalau ada tugas, pecah ke bagian kecil via www.stocksy.com

Jika kamu merasa tugasmu terlalu sulit atau rumit, ada baiknya kamu memecah tugas tersebut ke dalam bagian-bagian kecil. Semisal nih, kamu harus membuat paper soal perkembangan agama di Inggris.

Kalau kamu merasa tugas itu sangat berat, coba pecah ke beberapa bagian seperti: cari data, membuat pendahuluan, menjelaskan perkembangan agama di Inggris, menulis analisis. Cara ini akan membuatmu punya pandangan yang lebih jelas soal hal apa saja yang harus dilakukan. Tugas yang harus kamu kerjakan jadi tidak terlalu menakutkan lagi, deh.

Untuk memudahkan menyelesaikannya, kamu bisa mengerjakannya dalam satu wadah khusus. Misalnya dengan tablet Samsung GALAXY Tab A with S-Pen yang memungkinkan kamu multi-tasking karena bisa membuka banyak aplikasi sekaligus alias multi-window. Nah biar paper-mu lebih kreatif, kamu bisa tambahkan foto atau file lainnya dengan menggunakan stylus pen dari tablet ini. Fitur drag and crop bikin kamu bisa menyelesaikan paper dengan cepat.

6. Jangan pernah mulai bekerja tanpa prioritas. Karena prioritas membuatmu mau bekerja lebih keras

Prioritas membuatmu mau bekerja lebih keras via www.stocksy.com

Menurut Jim Stone,seorang penulis buku mengenai produktivitas, penyebab paling umum dari kebiasaan menunda pekerjaan adalah absennya tujuan yang jelas dari aktivitas seseorang. Dia tidak tahu apa yang akan dan mampu dihasilkan dari pekerjaan yang sedang dilakukannya, serta apa dampak dari pekerjaan tersebut untuk orang lain.

Kebingungan macam ini akan membuat orang malas untuk memulai sebuah tugas. Untuk menanggulanginya, biasakan untuk membuat prioritas dari pekerjaan yang harus kamu selesaikan pada hari itu. Urutkan dari yang paling sulit atau paling penting. Kemudian, mulailah dari tugas yang berada di urutan prioritas teratas. Dengan cara ini, kamu akan lebih punya motivasi untuk menyelesaikan tugas.

Saran lain datang dari Tim Ferris. Dalam laman pribadinya dia menyarankan agar setiap orang membuat daftar pekerjaan yang mencantumkan 1 tugas yang HARUS diselesaikan dalam hari tersebut. Kepuasan saat berhasil menyelesaikan sebuah tugas akan membuatmu punya semangat untuk melanjutkan ke tugas lainnya.

So, sudah siap menuliskan prioritas dan seluruh tugasmu di Samsung GALAXY Tab A with S-Pen andalan? Sudah saatnya kebiasaan menunda ini dihentikan, dan mulailah produktivitasmu.