Bekerja memang sudah termasuk dari salah satu deretan tanggung jawab yang harus dipikul ketika kita memasuki usia dewasa. Rutinitas yang dilakoni tiap hari yang melibatkan pekerjaan memang terkadang sangat menjemukan. Namun, berbeda ceritanya jika pekerjaan yang sedang kamu geluti ini sesuai dengan passion atau renjanamu. Ya, tak hanya menyenangkan namun kamu sekaligus bisa menikmatinya.

Untuk bisa mengetahui apakah pekerjaanmu sekarang ini merupakan renjanamu, kamu bisa membandingkannya dengan tanda-tanda yang akan Hipwee jabarkan berikut ini.

1. Setiap pagi, selalu ada alasan untuk bangun dan memulai hari. Hatimu ringan untuk melakoni pekerjaan yang satu ini

bangun pagi dengan segar dan penuh semangat

bangun pagi dengan segar dan penuh semangat via www.venusbuzz.com

Advertisement

Perasaan yang ada di dalam diri bisa dijadikan penanda utama apakah kamu merasa nyaman dengan pekerjaan yang sedang kamu lakoni saat ini atau tidak. Selalu bangun pagi dengan semangat sempurna merupakan bukti nyata bahwa kamu menikmati benar profesi yang kamu geluti. Tak malas-malasan saat bangun pagi dan menyiapkan segalanya supaya harimu berjalan dengan lancar merupakan contohnya. Tanpa disadari kamu melakukan segalanya dengan hati riang dan ringan karena kamu memahami bahwa pekerjaanmu ini merupakan renjanamu.

2. Kamu yakin, apa yang dilakoni saat ini berguna dan bermanfaat bagi banyak orang. Karena itu tak ada alasan buatmu untuk berhenti berjuang

pekerjaanmu ini berguna untuk orang lain

pekerjaanmu ini berguna untuk orang lain via grundyapps.com

Kamu merasa bahwa pekerjaanmu ini bukan hanya sekedar tuntutan supaya kamu bisa tetap bertahan hidup. Namun, di balik semua apa yang kamu lakoni ini kamu percaya bahwa mata pencahariaanmu juga bermanfaat banyak bagi orang lain. Semisal saja profesimu adalah penulis. Tak hanya menyelesaikan tulisan secara serampangan hanya demi memenuhi target harian, namun kamu mengerjakannya dengan kesungguhan. Kamu percaya bahwa karya yang kamu buat melalui rangkaian kata ini juga akan dinikmati dan bermanfaat bagi banyak orang.

3. Mengeluh bukan jadi kebiasaan. Karena kamu tahu lebih banyak yang harus diperjuangkan

kamu tak mudah merapal keluhan

kamu tak mudah merapal keluhan via imgkid.com

Setiap pekerjaan pasti memiliki sisi enak dan tidak enaknya. Apabila profesi yang sedang kamu tekuni ini merupakan passionmu, secara otomatis pikiranmu akan melihat segala sesuatunya dari kacamata positif. Dengan begitu beban yang kamu rasakan di tiap pekerjaan pun bisa kamu gubah menjadi sebuah hal yang patut disyukuri. Jika sekarang ini kamu tak mudah mengeluh dan selalu mensyukuri apa yang kamu dapat, bisa jadi ini merupakan pertanda bahwa profesimu sekarang ini merupakan renjanamu yang sesungguhnya.

4. Semua yang dikerjakan membuatmu sepenuh hati mengeluarkan kemampuan. Mengembangkan diri di pekerjaan ini tidak terasa menjadi beban

berjuang untuk menjadi lebih baik lagi bukanlah suatu beban

berjuang untuk menjadi lebih baik lagi bukanlah suatu beban via cowboyzoom.com

Advertisement

Selain tak mudah untuk merapal keluhan, kamu juga tak segan untuk selalu berjuang demi bisa lebih baik lagi di bidangnya. Tekadmu kian bulat dan kamu bersedia melakoni apapun untuk meningkatkan kinerja. Ini artinya kamu betul-betul nyaman terhadap pekerjaan yang sedang kamu tekuni. Alih-alih menganggapnya sebagai beban, kamu meyakininya sebagai perjuangan yang memang harus dilakoni demi memperkaya diri sendiri.

5. “Kerjaanmu ngapain aja sih?” Setiap pertanyaan ini datang kamu selalu menjawab dengan antusias dan panjang lebar

kamu merasa bersemangat tiap kali membiacarakannya

kamu merasa bersemangat tiap kali membiacarakannya via thisisfusion.tumblr.com

Tak hanya bersemangat dan tak berbeban, biasanya jika kamu nyaman terhadap apa yang kamu kerjakan maka kamu akan merasa bersemangat pula untuk membicarakannya. Kamu ingin keluarga maupun kawan tahu bahwa mata pencaharianmu ini sungguh menyenangkan dan bermakna bagi hidupmu. Bahkan, kamu tak merasa berkecil hati walau pendapatan yang kamu terima tidak lebih besar dari mereka. Kamu tetap bangga dan dengan senang hati menceritakan kepada mereka mengenai profesi yang kamu geluti sekarang.

6. Bukan sekedar menjalankan kewajiban, namun kamu pun merasa bahwa pekerjaan ini merupakan bagian dari dirimu yang sesungguhnya

kamu merasa pekerjaan ini adalah bagian dari dirimu

kamu merasa pekerjaan ini adalah bagian dari dirimu via pixgood.com

Kamu tak sekedar merasa bahwa ini pekerjaan yang ditekuni sebagai tanggungjawab orang dewasa dan demi bisa menyambung hidup. Kamu menikmati setiap jengkal pekerjaan yang kamu lakoni, kamu juga merasa bahwa pekerjaan ini memang sesuai dengan karaktermu yang sebenarnya. Bahkan, kamu pun merasa bahwa mata pencaharian yang kamu geluti ini merupakan bagian dari dirimu sepenuhnya.

7. Bagimu, uang bukan jadi satu-satunya alat ukur keberhasilan. Ada kebahagiaan lain yang juga turut serta kamu rasakan.

bagimu uang bukan satu-satunya alat ukur keberhasilan

bagimu uang bukan satu-satunya alat ukur keberhasilan via imgkid.com

Uang bukan satu-satunya penentu kebahagiaanmu. Walaupun di bidang pekerjaanmu yang sekarang ini pundi rupiah yang dihasilkan tak begitu besar jumlahnya toh kamu masih tetap menikmatinya. Inilah bukti bahwa pekerjaanmu sekarang merupakan renjanamu. Ya, karena yang menjadi takaran utama kebahagiaanmu bukan semata uang yang dihasilkan tiap bulan melainkan juga kenyamanan serta kepuasan saat bekerja tiap harinya.

8. Kamu memang akan merasa lelah di penghujung hari, namun selalu ada rasa puas yang mengikuti.

tak sekedar namun kamu juga merasa puas

tak sekedar namun kamu juga merasa puas via yemek.com

Semua orang pasti akan merasa lelah setelah menyelesaikan pekerjaannya, begitu juga dengan dirimu. Namun, mereka yang tidak menikmati pekerjaannya hanya akan merasa lelah saja. Berbeda halnya dengan dirimu, tak sekedar rasa lelah yang didapat kamu juga merasakan kepuasan di baliknya. Kamu merasa senang dan bangga pada diri sendiri karena bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang diwajibkan.

Jadi, berdasarkan tanda-tanda di atas apakah pekerjaan yang sekarang sedang kamu geluti merupakan renjanamu yang sebenarnya?

Advertisement