Sulit Fokus Karena Suasana Kantor yang Hectic? Coba deh Lakukan Hal-Hal Sederhana Ini!

Cara buat fokus di kantor

Fokus dan konsentrasi adalah hal yang penting banget dan sangat diperlukan saat bekeja. Tanpa konsentrasi dan fokus, bisa dipastikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kamu belum tentu bisa terselesaikan, apalagi jika kamu bekerja di sebuah kantor yang lumayan “terbuka” serta ramai. Diajak ngobrol, bunyi telepon, atau bahkan bunyi kendaraan yang lewat terkadang bisa bikin fokus dan konsentrasi kamu kacau lho.

Advertisement

Memang tidak ada tips untuk membuat otak berkonsentrasi secara instan, tetapi ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk bisa tetap berkonsentrasi di suasana yang “hectic” tersebut. Langkah-langkah ini bisa menjadi garis batas kamu untuk menentukan fokus dan konsentrasi dalam bekerja di sebuah lingkungan yang ramai.

Nggak ada salahnya punya “to-do-list”, kamu bisa tau hal-hal apa yang harus kamu prioritaskan dan mana yang bisa dikerjakan belakangan

Bikin to do list | Photo by Breakingpic from Pexels via www.pexels.com

Dengan membuat sebuah to-do-list atau daftar aktivitas, kamu secara sadar bisa memporsi diri kamu ketika jenuh mengerjakan target yang harus dipenuhi. Kamu jadi tahu bahwa ada deadline yang sedang mendekat dan secara sadar mengambil langkah untuk tidak berbicara atau ngobrol dengan rekan sekantor tentang masalah yang nggak penting, kamu juga bisa menjadikan deadline kamu sebagai alasan untuk kabur dari percakapan karena kamu ingat dan melihatnya di jadwal aktivitas buatanmu

Advertisement

Pasang headset atau menutup pintu ruangan bisa jadi kode bagi rekan kerjamu bahwa kamu sedang berkonsentrasi dan  nggak bisa diganggu

Pasang headphone | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via www.pexels.com

Menggunakan headset atau menutup pintu ruangan kamu adalah hal yang sah-sah aja kamu lakukan. Rekan kerja kamu akan maklum biasanya jika kamu melakukan kedua hal ini, mereka juga biasanya akan memerhatikan kamu dulu sebelum menegur jika melakukan kedua hal ini memastikan apakah kamu sedang dalam mode srius atau nggak. Lumayan buat motong waktu ngegossip biar nggak kepanjangan.

Makan dan minum cukup! Mudahnya gini, perut kenyang, hati senang, otak jadi terang!

Jangan lupa makan! | Photo by Marcus Aurelius via www.pexels.com

Melakukan aktivitas apapun dengan perut kosong pastinya akan membuat kamu dongkol, karena kamu akan memiliki pikiran “duh laper, keroncongan” yang mana bisa memecahkan konsentrasi kamu. Sarapan ketika berangkat ke kantor selain menyehatkan bisa menjauhkan kamu, dari peristiwa keroncongan yang menyita konsentrasi di pagi hari. Nah di saat makan siang, usahakan kamu makan cukup, jangan kekenyangan, nanti malah jadi ngantuk, dan pekerjaanmu terbengkalai karena kamu susah konsentrasi akibat mengantuk, apalagi ditambah dengan suasana kantor yang hectic dan ramai? Pasti sangat sulit!

Matikan semua notifikasi di smartphone kamu. Kalau bisa dikostumisasi, buat notifikasi untuk kontak-kontak yang penting dan krusial aja

Matiin smartphone | Photo by Negative Space from Pexels via www.pexels.com

Kalau diumpamakan, notifikasi di handphone itu ibaratnya seperti suara tetesan air yang konsisten. Nggak penting emang, tetapi menarik perhatian kamu buat ngeliat hal tersebut lama-kelamaan. Dengan mematikan notifikasi di handphone, kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan tuga-tugasmu tanpa harus terganggu dengan chat “makan apa nih siang ini?” padahal masih jam 11 siang. Cara paling gampang jika kamu nggak mau matiin handphone, bikin hp kamu dalam mode senyap dan letakkan dengan posisi layar menghadap ke bawah/dibalik.

Istirahat yang cukup, kelola strees, dan kalau bisa sih tidur berkualitas di malam hari.

Sebuah penelitian mengatakan kalau seseorang memiliki malam yang buruk, maka dia akan memiliki kecenderungan “bad mood” di keesokan paginya. Jadi kurang tidur bisa menjadi salah satu alasan kenapa kamu merasa nggak enak dan nggak bisa menunjukkan performa kamu secara maksimal di kantor. Oh iya, selaimn itu, jangan lupa untuk istirahat ya! Ambillah waktu istirahat setelah kamu bekerja selama 4 jam, hal ini bisa memengaruhi konsentrasi dan mood kamu dalam melakukan pekerjaan lho!

Fokus dalam menjalankan pekerjaan memang sebuah cobaan, tetapi semuanya akan kembali lagi ke diri kamu, apakah kamu bisa mengatasi tekanan dan stress, serta menciptakan lingkungan kerja yang nyaman serta ideal buat kamu. Mungkin kamu bisa mulai mencoba tips-tips di atas, biar kamu bisa konsentrasi dan fokus kepada pekerjaan kamu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE