5 Langkah Mudah Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping. Cocok Buat Kamu yang Jualan Online

Cara buat Instagram shopping

Mencoba berbisnis online di era sekarang memang semakin dipermudah dengan kehadiran berbagai fitur pada sosial media. Salah satu sosial media yang paling memudahkan adalah Instagram. Di platform ini, Sobat Hipwee yang punya usaha bisa mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis agar terlihat lebih profesional. Instagram juga menyediakan banyak fitur baru yang ternyata bermanfaat banget untuk kamu yang punya bisnis online. Fitur yang akan memudahkankamu dalam jualan online di sini adalah Instagram shopping.

Advertisement

Instagram Shopping adalah fitur yang nantinya memudahkan kamu untuk melihat detail produk pada halaman bisnis. Buat pelaku bisnis online, Instagram Shopping akan sangat membantu dalam berjualan. Ketika ada yang tertarik dan meng-klik label pada produk yang kamu jual, maka mereka akan diarahkan menuju halaman deskripsi produk yang meliputi gambar, deskripsi lengkap, harga dan tautan yang akan mengarahkan calon pembeli untuk melakukan CTA (call to action).

Credit: Pxfuel

– Cara mengaktifkan Instagram Shopping –

Kehadiran Instagram Shopping nampaknya menjadi peluang yang bagus untuk mereka yang berjualan online. Di sini kamu bisa langsung melihat detail produk dan harga tanpa harus berkunjung ke websitenya. Fitur ini juga akan membantu mengoptimalkan penjualan produk.

Buat kamu yang ingin memanfaatkan Instagram Shopping untuk memaksimalkan penjualan, kamu busa langsung mengaktifkannya dengan cara seperti berikut;

Advertisement

1.Yang pertama, mengonfirmasi kelayakan bisnis. Ini akan memudahkan kamu untuk menemukan target yang tepat

Konfirmasi layanan bisnis di sini meliputi;

  • Menentukan lokasi bisnis.
  • Memastikan produk yang dijual memenuhi syarat.
  • Mematuhi perjanjian pelapak dan kebijakan perdagangan.
  • Memiliki domain website yang akan digunakan untuk berjualan.

2.Yang kedua, mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis. Memaksimalkan penjualan agar lebh terpercaya dengan beralih menjadi akun bisnis

Advertisement

Pada akun bisnis, kamu bisa menambahkan beberapa informasi bisnis yang relevan seperti, nomor yang nantinya akan digunakan, alamat, link website dan jam operasional. Cara mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis bisa langsung menuju ke pengaturan.

3.Yang ketiga, menghubungkan dengan halaman Facebook. Memaksimalkan Instagram dengan langsung menghubungkan melalui halaman Facebook

Untuk menghubungkan ke halaman Facebook, kamu bisa langsung membuka profil Instagram bisnis dan memilih bagian “edit profil”. Pada bagian “informasi bisnis publik”, kamu bisa memilih “halaman”. Di sini kamu bisa langsung memilih halaman Facebook dari halaman yang akan kamu hubungkan. Nah..kalau kamu belum memiliki halaman Facebook, kamu bisa langsung pilih opsi, “buat halaman Facebook baru”.


Credit: Flickr

4.Yang keempat, membuat toko. Toko yang udah jadi bisa langsung diisi dengan katalog produk

Pada Instagram Shopping juga tersedia katalog produk. Di sini kamu bisa meng-upload produk yang akan kamu jual.

Ada dua cara menghubungkan katalog produk yaitu dengan Pengelola Katalog dan Partner Platform E-Commerce. Kamu bisa memilih salah satu. Agar lebih mudah, sebaiknya kamu memilih pengelola katalog. Ini merupakan metode mandiri yang bisa kamu cari di Pengelola Facebook Business. Kamu bisa langsung memilih apa aja yang akan dimasukkan.

5.Yang terakhir adalah menggunakan fitur Instagram Shopping. Sebelum menggunakannya kamu harus menunggu persetujuan terlebuih dahulu

Biasanya akan ada pemberitahuan bahwa fitur Instagram Shopping udah bisa digunakan. Namun sebelumnya akan ada peninjauan dari tim Instagram terlebih dulu. Setelah berhasil, kamu bisa langsung menggunakannya dengan membuka profil Instagram bisnis, kemudian masuk ke pengaturan. Setelah itu baru klik “bisnis” dan klik lagi “belanja”. Selanjutnya kamu bisa pilih “katalog produk” yang akan dihubungkan ke akun. Kamu bisa mulai menambahkan foto dan label produk. Jangan lupa membuat deskripsi yang jelas agar konsumen bisa mengetahui lebih detail seputar produk kamu.

Memanfaatkan fitur pada Instagram akan sangat membantu para pelaku bisnis online. Instagram Shopping hadir dengan kemudahannya untuk kamu yang ingin berjualan produk. Kamu yang saat ini jualan online, udah coba fitur ini belum?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE